umum

10 Jenis Kopi Rasa Nagih Yang Wajib Diketahui

Novriadi.com – Ada banyak jenis kopi rasa nagih yang saat ini muncul dengan bergaya cafe, resto dan sebagainya. Maraknya kedai kopi diimbangi dengan banyaknya pula penikmat kopi yang sengaja mencari suasana nongkrong sambil menikmati secangkir kopi di kala waktu senggang.

Menikmati kopi memang paling asyik jika tempat nongkrongnya memiliki banyak keistimewaan, tidak hanya cita rasa kopinya yang nikmati. Namun suasana kedai kopi yang didesain senyaman mungkin bagi pecinta kopi akan membuat pelanggan merasa betah berlama – lama.

Jika membahas mengenai kopi tentu saja zaman now ada beragam rasa juga jenis kopi yang bisa dinikmati. Tidak melulu hanya kopi kental hitam yang menjadi pilihan. Tentu saja bagi penikmat kopi ingin mencicipi banyak rasa. Berikut ini akan dibahas mengenai jenis kopi rasa nagih yang wajib diketahui:

Mengenal Jenis Kopi Rasa Nagih

Kopi tidak hanya bisa dinikmati disaat panas, namun juga dengan ditambah es batu kopi akan terasa lebih segar untuk diseruput. Demikian dengan beberapa jenis rasa kopi berikut ini, patut untuk dicoba dan ketahui:

1. Kopi Espresso

Pertama jenis minuman kopi yang umum dipesan di kedai kopi adalah kopi espresso. Kopi Espresso yang tekstur pekat dan pahit, dengan buih putih alias crema di atasnya yang terbentuk dari tekanan minyak dalam bijih kopi pilihan. Membuat penikmati kopi espresso dapat menikmatinya dalam suasana santai dan sibuk sekalipun.

Baca juga: 5 ide bisnis minuman selain kopi bisa dicoba

Bagi penikmat kopi jenis yang tidak sempat mampir ke kedai, saat ini sudah banyak di pasaran yang menjualnya dalam bentuk kemasan instan. Kapan dan dimana saja bisa langsung disajikan praktis.

2. Kopi Latte

Selanjutnya jenis kopi rasa nagih lannya ada kopi latte yaitu kopi espresso yang dicampur dengan olahan susu. Banyak penikmati kopi yang mengira jika kopi espresso dan latte sama namun ternyata berbeda.

Untuk kopi latte umumnya akan diberi foam dari susu yang sudah di-steam. Dimana kadar susunya paling banyak, barista menyebut komposisi ini dengan very milky coffee. Namun semua tergantung permintaan dari penikmati kopi. Untuk kadar lemak di kopi latte paling banyak jika dibandingkan kopi macchiato, piccolo, espresso dan cappucino.

3. Kopi Ristretto

Jenis kopi ini memang kurang familiar jika dibanding kopi latte dan espresso. Dalam bahasa Italia sendiri ristretto artinya “terbatas” atau “terlarang”. Serupa dengan kopi espresso, hanya saja takaran air dalam minuman kopi ini lebih sedikit. Namun, pada saat waktu press dalam pembuatan ristretto sama dengan pembuatan kopi rasa espresso.

Baca juga: mesin kopi espresso

Proses kopi ini dilakukan dengan cara diekstraksi dalam waktu yang sebentaralias terbatas, ristretto dianggap memiliki rasa yang lebih kaya jika dibanding dengan kopi lainnya. Karena jauh lebih smoothdan lebih manis. inilah yang menyebabkan kopi ristretto terasa jauh lebih nikmat dan manis jika dibandingkan espresso jika diracik dengan benar.

4. Kopi Americano

Lalu ada rasa kopi americano yang terdiri dari satu shot espresso yang dituangkan dalam cangkir berukuran 178 mililiter dan dicampur dengan air panas sampai kopi memenuhi gelas. Ada jenis lainnya yang serupa yaitu doppio, segelas Americano dengan dua shot espresso. Minuman ini paling sering disajikan dalam panas dan juga dingin yang disebut dengan iced Americano.

Cara menyajikan kopi ini yaitu dimana espresso disiapkan terlebih dahulu dan menambahkan air panas setelahnya. Hasil kopi Americano biasanya nyaris tidak meninggalkan krema pada permukaan cangkirnya. Hal ini dikarenakan espresso yang diguyur air panas sampai memecah krema yang ada pada espresso tersebut. Cukup unik dan menarik bukan?.

5. Kopi Macchiato

Kopi macchiato adalah jenis kopi minuman campuran kopi espresso dan susu. Ada 2 jenis kopi macchiato, yaitu latte macchiato dan caffe macchiato. Dimana Komposisi dari latte macchiato adalah susu yang di-steam, espresso, dan foam. Dimana kopi macchiato disajikan dengan ukuran kecil campuran espresso dan foam susu pada permukaannya.

Baca juga: mesin roasting kopi

Macchiato dalam bahasa Italia artinya “tanda,” artinya sebuah minuman yang sudah diberi tanda atau terdapat bercak. Pada kopi versi latte, bercak yang dimaksud yaitu espresso, sementara pada versi caffe, berarti “kopi,” bercak tersebut yaitu foam susu. Sehingga ada perbedaan bagi penikmati kopi yang ingin memilih.

6. Kopi Capucino

Berbeda dengan kopi capucino, kopi jenis ini yaitu minuman khas dari Italia yang terdiri dari 1/3 espresso, 1/3 susu steamed, dan 1/3 buih susu. Umumnya minuman ini merupakan campuran dari espresso dan susu seperti minuman berdasar espresso lainnya. Sepintas, sajian cappuccino hampir tampak serupa dengan minuman latte. , namun tetap berberda ya.

Susu yang digunakan untuk membuat secangkir kopi cappuccino yaitu susu dengan foam yang lebih tebal dari kopi latte. Takaran susunya juga lebih sedikit karena sepertiga bagian dari kopi cappuccino yaitu foam yang tebal. Pada secangkir kopi cappuccino, buih susu akan terlihat lebih kasar karena proses steaming yang lebih lama. Dimana proses steaming, foamingatau frothing biasanya menggunakan alat uap yang ada pada mesin espresso.

7. Kopi Cortado

Kopi ini dalam bahasa Spanyol, cotardo artinya “memotong”. Banyak penikmati kopi yang menyamakan kopi cortado dengan kopi macchiato karena komposisinya yang cukup mirip. Namun perlu diketahui jika perbandingan espresso dan steamed milk cortado berbeda.

Baca juga: mesin grinder kopi

Sajian kopi asal Spanyol ini sangat akrab disajikan dengan cangkir yang terbuat dari gelas atau metal, dan sangat jarang sajian kopi cortado disajikan dengan cangkir yang terbuat dari keramik atau sejenisnya. Susu yang digunakan juga tidak memerlukan buih yang terlalu banyak dan berbeda dengan kopi lainnya.

8. Kopi Flat White

Sajian kopi Flat White, memang hampir sama dengan kopi Cortado, belum lagi sajian kopi sangat sering disajikan dengan secangkir gelas serupa dengan sajian kopi Cortado. Jika dilihat sepintas memang tidak akan terlihat jelas perbedaan antara kopi Cortado dengan kopi Flat White, namun sebenarnya kedua sajian sangat berbeda. Kopi Cortado sendiri berasal dari Spanyol, sedangkan kopi Flat White berasal dari Australia.

Sedangkan sajian kopi Flat White, menggunakan foam milk yang menghasilkan tekstur buih lembut untuk ditambahkan ke espresso. Kopi flat white biasa terdiri dari 60 mililiter susu alias microfoam atau gelembung yang terbentuk saat susu dipanaskan sebelumnya.

9. Kopi Hitam

Bagi penikmat kopi sudah tentu tidak asing dengan rasa kopi satu ini yaitu kopi hitam. Banyak penikmat kopi yang menyukai rasa kopi hitam, dan awal dari terciptanya kopi, pertama kali adalah jenis kopi ini. Kopi hitam sendiri sudah memasuki era modern, semakin canggih teknologi ada jenis kopi hitam yang disajikan.

Kopi dengan ampas dan ada pula kopi hitam tanpa ampas. Ada pula penikmat kopi yang meminta penyajian kopi hitam dengan gula dan banyak juga yang menyukainya dengan dan tanpa gula.

10. Kopi Affogato

Jenis kopi rasa nagih lainnya yaitu kopi Affogato sebuah kopi dengan sajian es krim dalam cangkir atau mangkuk kecil yang disiram dengan espresso. Sajian kopi unik ini berasal dari Italia dan dalam bahasa Italia affogato artinya tenggelam. Maksud dari penamaan ini yaitu untuk menjelaskan tenggelamnya satu scoop es krim di dalam segelas kopi espresso.

Umumnya, es krim yang digunakan untuk sajian affogato yaitu es krim vanila. Takarannya juga hanya satu scoop saja atau secukupnya. Ada juga yang menambahkan topping di atas es krim seperti tambahan cokopi kelat, kacang, atau permen dan ada yang memberi isian di dalam es krim dengan puding atau roti.

Untuk jenis rasa kopi memang variatif dan menarik untuk dicoba, kamu bisa menentukan jenis mana yang paling disukai. Semoga artikel mengenai 10 jenis kopi rasa nagih yang wajib diketahui menjadi pengetahuan baru untuk pembaca.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close