aplikasi

3 Aplikasi untuk Belajar paling Bermanfaat

Sejak pemberlakuan sistem belajar di rumah, banyak bermunculan aplikasi untuk belajar yang bertujuan untuk membantu proses pembelajaran, baik untuk siswa maupun pengajar. Akibat pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini, tentunya pembelajaran tatap muka secara langsung belum dapat dilakukan. Hal tersebut mengurangi secara drastis keleluasaan berkomunikasi antara guru dan murid.

Baca Juga : Plus dan Minus Sistem Pendidikan Online

Berikut ini akan kami rekomendasikan beberapa aplikasi untuk belajar agar kegiatan tersebut tetap berjalan secara maksimal.

Rumah Belajar

aplikasi untuk belajar

Aplikasi ini merupakan portal belajar online yang dikembangkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia atau Kemdikbud. Aplikasi ini menyediakan konten berbasis audio visual, lengkap dengan elemen interaktif di dalamnya. Selain itu juga ada fitur-fitur unggulan sebagai penunjang, seperti “Sumber Belajar”, “Laboratorium Maya”, “Kelas Maya”, “Peta Budaya”, dan lain-lain.

Tentu saja, aplikasi belajar ini bisa didapatkan beserta fitur-fitur lengkap di dalamnya secara gratis, hanya dengan mengunduh di Play Store untuk Android.

Google Classroom

Berbeda dengan Rumah Belajar tadi, aplikasi Google Classroom lebih berfokus pada pengelolaan atau manajemen pembelajaran. Dengan aplikasi ini, para pengajar bisa membuat forum atau kelas dan membagikan file-file materi, baik berupa dokumen Word, PDF, video, dan lain-lainnya. Selain itu, pengajar dan para siswanya bisa berinteraksi, berdiskusi, dan saling memberikan komentar terkait materi.

Aplikasi ini juga bertujuan untuk meringankan pekerjaan pengajar dalam pendataan nilai, pembuatan jadwal, hingga konsultasi. Fitur-fitur yang terhubung dan bisa digunakan dalam aplikasi Google Classrom contohnya seperti Google Drive, Gmail, Google Meet, Google Calendar, Google Form, dan lain sebagainya. Aplikasi untuk belajar ini membuat data-data selama pembelajaran online lebih terorganisasi dengan baik.

Quipper

aplikasi untuk belajar

Aplikasi yang kami rekomendasikan selanjutnya adalah Quipper.  Aplikasi ini tak hanya menyediakan opsi pembelajaran online, namun juga tetap bisa digunakan ketika offline. Materi-materi yang disediakan di dalam aplikasi untuk belajar sangat lengkap dan sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah. Anda juga bisa membuat jadwal mingguan yang membantu agar proses belajar lebih teratur.

Di dalam aplikasi ini, terdapat ribuan latihan soal beserta pembahasannya secara lengkap. Pembahasan soal ini sangatlah penting, sebab siswa tak hanya mencocokkan jawabannya dengan kunci soal, namun juga memahami lewat pembahasan bagaimana jawaban itu bisa didapat. Tampilan dari aplikasi ini juga cukup mengasyikkan, di mana beberapa konten disajikan seperti berupa game.

Baca Juga : 5 Nama dan Jasa Pahlawan Pendidikan Indonesia

Untuk para siswa yang hendak melaksanakan ujian, ada juga soal-soal try out yang bisa dikerjakan untuk menguji kemampuan. Soal-soal try out tersebut diperuntukkan mulai dari UN SMP, UN SMA, hingga SBMPTN atau ujian masuk perguruan tinggi. Dengan demikian, para siswa bisa memaksimalkan persiapan ujiannya dengan baik, dengan harapan hasil yang diperoleh juga memuaskan.

Aplikasi Quipper ini juga menyediakan konten-konten eksklusif hanya dengan membayar Rp90.000 per bulan. Biaya ini tentunya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan biaya les offline. Kualitas dari konten video yang diberikan pun sangat bagus, serta disampaikan oleh para tutor terbaik dan berpengalaman di masing-masing materi.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close