Tren Bisnis

3 Tips Memulai Bisnis Online untuk Pemula

Novriadi.com – Di era digital ini, apalagi sejak merebaknya pandemi COVID-19, semakin banyak orang yang ingin beralih pekerjaan dan mencari  tips memulai bisnis online. Tentu menjalankan bisnis online akan sangat menjanjikan saat ini karena selain untuk mengikuti anjuran PSBB untuk bekerja di rumah, pemasukan yang didapat bisa sangat pesat mengingat banyak orang yang perlu menghindari bertransaksi secara langsung atau offline.

Baca Juga : Peluang dan Ide Bisnis Minuman Unik Kekinian

Namun meskipun terdengar mudah dan fleksibel, membuka bisnis online juga memiliki rintangannya tersendiri dibandingkan bisnis offline. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin berhasil menjalankan bisnis online. Di bawah ini adalah tips memulai bisnis online yang bisa Anda terapkan:

1. Tentukan Produk yang sedang Tren atau Dibutuhkan Banyak Orang

Tips pertama untuk memulai bisnis online adalah menentukan sejelas-jelasnya produk apa yang ingin Anda jual. Lakukan brainstorming ide-ide produk yang saat ini sedang tren atau memang sedang dibutuhkan banyak orang. Inspirasi bisa Anda temukan dari googling atau mengamati langsung di sekitar Anda.

Tips Memulai Bisnis Online

Setelah itu, baru Anda memikirkan tentang target konsumen yang ingin Anda bidik. Namun jika produk Anda sudah termasuk barang yang memang sedang dibutuhkan banyak orang, langkah ini akan jadi lebih mudah dan Anda bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.

Hal yang tak kalah penting sebagai pengusaha, adalah dengan melakukan analisis SWOT dan mengidentifikasi pesaing yang memiliki produk yang mirip dengan Anda. Dari sini, Anda bisa mengetahui kelebihan, kekurangan, kesempatan, dan ancaman terhadap produk Anda.

2. Tips Memulai Bisnis Online Buat Toko Online yang Profesional

Tips memulai bisnis online berikutnya adalah membuat toko online. Sama halnya dengan bisnis offline yang memiliki toko atau kantor, bisnis online juga demikian. Bedanya, toko atau kantor ini “maya” di dunia digital. Namun Anda tidak boleh meremehkan kekuatan toko digital ini, karena akan sangat menentukan bagaimana produk Anda bisa ditemukan oleh calon konsumen.

Jika Anda baru memulai bisnis online ini dari nol, memanfaatkan aplikasi marketplace seperti Shopee, Bukalapak, OLX, atau yang lainnya, akan sangat efektif untuk dilakukan. Anda juga bisa memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, atau Twitter. Untuk komunikasi dan prospek lebih personal, bisa juga menggunakan aplikasi chatting seperti Whatsapp, Messenger, atau yang lain.

Baca Juga : 6 Strategi Iklan di WA Tingkatkan Penjualan

Namun agar lebih profesional, Anda tetap disarankan untuk membuat website di mana Anda bisa meletakkan semua informasi tentang produk. Sebagai awalan, Anda bisa membuat website gratis yang populer dan lebih mudah dikenali mesin pencarian Google, seperti Blogspot atau WordPress. Anda bisa meningkatkan level lagi dengan berinvestasi membuat website dengan domain berbayar.

Anda kemudian harus memasang link pada semua media sosial agar lebih banyak orang yang terarah pada website Anda dan melihat produk.

3. Miliki Mindset Pengusaha

Tips memulai bisnis online yang tak kalah penting adalah dengan memiliki semua kualitas seorang pengusaha. Niat Anda harus mantap, action-oriented, berani mengambil risiko, ulet dalam menghadapi batu-batu sandungan, dan berkumpul dengan rekan-rekan lain yang memiliki mindset serupa.

Tips Memulai Bisnis Online

Anda kemudian bisa bergabung ke dalam grup pebisnis agar bisa saling berdiskusi, saling membantu bila ada kesulitan, berbagi inspirasi, dan mengembangkan diri serta bisnis untuk menjadi lebih baik lagi. Lingkungan yang sehat seperti ini sangat penting karena Anda tidak akan berkembang jika berada di sekitar orang yang terus meragukan atau meremehkan usaha Anda, bahkan sebelum dimulai.

Semoga artikel tips memulai bisnis online di atas bisa membantu dan menjadi referensi Anda. Pantau terus novriadi.com untuk inspirasi lainnya, ya. Selamat mencoba!

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close