4 Kreasi Botol Bekas Manfaatkan Jadi Ide Bisnis

Dewasa ini banyak sekali kita jumpai jenis minuman yang menggunakan botol kemudian berubah menjadi botol bekas ketika sudah tidak digunakan. Maka dari itu, ada beberapa kreasi botol bekas sebenarnya yang dapat meminimalisir penumpukan sampah, terlebih jika botolnya terbuat dari plastik.

Terkadang, botol setelah digunakan tidak hanya tergeletak saja di sudut ruangan. Melainkan juga dapat dimanfaatkan sebagai kreasi yang bernilai jual tinggi. Jika karya anda berjual nilai tinggi, tentu saja anda mendapatkan harga dari karya. Setelah itu, anda pun akan menghasilkan uang dari barang bekas.

Ragam Kreasi Barang Bekas

Mobil-Mobilan

Kreasi Botol Bekas

Anda dapat membuat kreasi barang bekas dari botol yang sudah tidak terpakai dengan merubahnya menjadi bentik mobil. Meski sudah kita bayangkan seperti apa bentuk kendaraan mobil itu, namun tidak ada salahnya jika anda memanfaatkan barang bekas olastik ini menjadi mainan kendaraan beroda empat.

Jika anda bertanya seperti apa cara pembuatannya, sebenarnya mudah saja. Tinggal anda siapkan alat-alatnya seperti, botol plastik bekas, sendal jepit bekas, lem, lidi tebal, pisau atau cutter, kemudian lem. Bagaimana cara membuatnya? Untuk membuat mobil-mobilan, mudah saja.

Baca Juga : Manfaat Daun Kelapa Sebagai Multifungsi Bisa Jadi Ladang Bisnis

Pertama, silakan anda lubangi bagian samping yang digunakan untuk wadah lidi sebagai penyambung roda. Setelah itu, buatlah roda dengan sendal jepit, setelah itu tempelkan lingkaran roda dari sendal jepit ke penyangga roda yang sudah dimasukan ke botol. Setelah itu, jadi deh mobil-mobilan dari botol plastik bekasnya!

Tempat Vas Bunga

Apakah anda memiliki sejumlah botol beling yang sudah tidak terpakai? Biasanya botol ini bekas wadah syrup atau lainnya. Dari pada tergeletak di pojok ruangan dan kalau termasukan oleh air jadi sarang nyamuk, lebih baik anda sulap menjadi vas bunga saja!

Caranya cukup sederhana, yakni tinggal anda cuci bersih botol bekas tersebut, pastikan terbebas dari manisnya syrup yang tersisa agar tidak dikerubungi oleh semut, kemudian anda dapat mengisikannya dengan air, sampai setengah botol lebih.

Setelah itu, anda dapat memasukannya bunga tangkai. Baik bunga mawar maupun bunga yang lainnya. Namun, anda harus pastikan juga bahwa bunga yang ditempatkan pada botol air tidaklah bertahan lama. Karena bunga hanya minum air saja, tidak makan zat hara dari akar tanaman. Jadi cenderung layu beberapa hari.

Tempat Pensil

buku mimpi

Selain dibuat menjadi mobil-mobilan dan vas bunga, kreasi botol bekas yang lainnya adalah bisa anda buat menjadi tempat pensil. Anda bisa mengubahnya sendiri sesuai keinginan, dengan memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitar anda, seperti halnya kain perca, kain flanel atau kertas kado.

Kain perca, kain flanel, dan kertas kado ini dapat digunakan untuk menutupi botol bekas anda di bagian luarnya agar tidak terlihat begitu kosong karena adanya warna. Selain itu, anda dapat memberikan aksesories seperti icon bunga, tulisan, dan lain sebagainya.

Membuat Wadah Lepet

Selain daftar di atas, anda pun mampu mengubah botol bekas plastik anda menjadi bentuk celengan. Mungkin, kreasi botol bekas yang satu ini tidaklah aman jika dibandingkan dengan bank sebagai tempat penyimpanan uang. Namun, anda tidak perlu risau untuk melatih si kecil berhemat.

Baca Juga : 5 Jenis Cedera Ketika Bersepeda Yang Patut Diwaspadai!

Dengan membuatkannya celengan dari botol bekas dengan model hiasan berkarakter, si kecil pasti akan menjadi rajin menyisihkan uangnya ke dalam celengan yang anda buat. Kreasi jenis ini tergolong mudah dibuat. Seperti mengubahnya menjadi tempat pensil, anda dapat mengubahnya menjadi cantik.

Itulah beberapa kreasi botol bekas yang bisa dijadikan rekomendasi anda.