Uncategorized

4 Mainan Anak 2 Tahun Edukatif Apa Sajakah Itu?

Mainan anak 2 tahun banyak dicari oleh para ibu – ibu muda terebih lagi yang baru memiliki anak. Mainan kini fungsinya tidak hanya sebagai alat untuk bermain anak, namun juga untuk sarana edukasi bagi anak. Usia  anak – anak yang sudah mencapai 2 tahun merupakan masa-masa golden age sehingga para orangtua harus bisa memilih mainan edukasi yang tepat

Baca Juga : 4 Tanaman untuk pemula yang Mudah di Tanam

Pada usia ini para orangtua harus lebih jeli dan juga lebih perhatian terhadap anak, karena di masa ini anak – anak sedang dalam masa aktif – aktifnya bergerak bergerak ke sana kemari serta menyentuh berbagai benda yang ada di sekitarnya. Hal ini menjadi pertimbangan orang tua untuk memilih mainan yang juga mengedukasi tepat bagi anak untuk membantu tumbuh kembangnya.

Baca Juga : 5 Aplikasi Mencari Teman Baru, Bisa Mengasah Bahasa Asing!

Banyak sekali jenis mainan anak 2 tahun yang dijual dipasaran baik secara offline maupun online, beberapa mainan ternyata memiliki pengaruh pada cara berpikir anak, interaksi dengan teman sebayanya, dan juga dalam meningkatkan daya kreativitasnya.

Berikut ini jenis – jenis mainan anak 2 tahun yang menjadi rekomendasi pilihan mainan edukasi untuk anak usia 2 tahun yang bisa dijadikan referensi untuk para orang tua dalam memilih mainan yang tepat serta tips dalam memilih mainan tersebut.

Puzzle bertingkat

Kemampuan kognitif anak usia 2 tahun perlu dioptimalkan dengan menyusun puzzle, banyak sekali bentuk puzzle salah satunya adalah puzzle bertingkat. Bagi anak usia 2 tahun belajar menyusun adalah salah satu tahap perkembangan yang penting untuk orang tua perhatikan.

Pilihan mainan anak 2 tahun yang pertama ini akan membantu anak – anak mengasah daya pikir dan pemecahan masalah. Melalui kegiatan mengurutkan bentuk puzzle bertingkat ini akan terstimulus kognitifnya untuk mengurutkan bentuk puzzle tersebut.

Tips dalam memilih mainan puzzle bertingkat adalah pilihlah puzzle yang memiliki bentuk dan warna yang menarik, berdasarkan bentuk dan warna seperti ini juga penting guna membantu motorik halus juga bagi anak- anak.

Mainan Masak – masakan

Mainan anak 2 tahun

Pilihan mainan sangat cocok untuk anak usia 2 tahun dalam melatih motorik halusnya. Dengan memberikan mainan ini, orang tua akan melatih gerak koordinasi dan imajinasi anak – anak menjadi lebih berkembang.

Cara bermainnya juga sangat menyenangkan, anak – anak akan berlatih untuk bermain peran dengan menjadi koki dan pembeli. Selain itu kemampuan kognitif anak juga terstimulus dengan mainan ini karena anak – anak dikenalkan dengan berbagai jenis benda untuk memasak.

Teach Word Book

Salah satu permainan edukasi adalah permainan dalam bentuk buku edukasi yang diperuntukan bagi anak-anak di rentang usia 20 bulan hingga usia 3 tahun. Buku yang dilengkapi dengan suara dan gambar – gambar visual yang menarik ini akan melatih eksplorasi Si Kecil melalui pembelajaran huruf dan kata-kata.

Mainan ini juga cukup efektif dan menyenangkan untuk membantu perkembangan anak- anak  dalam perkembangannya membaca. Tips dalam penggunaannya adalah orang tua perlu mendampingi anak – anak ketika memainkan permainan edukatif satu ini.

Alat – Alat Musik Dari Plastik

Bagi sebagian orang meyakini bahwa salah satu cara mengajarkan sesuatu dengan mudah adalah dengan musik. Musik juga merupakan cara paling efektif untuk mengembangkan koordinasi dan juga motorik anak. Terdapat beberapa alat musik berbahan dasar plastik yang aman dan harganya terjangkau seperti piano, peluit, suling, gitar, dan rebana.

Baca Juga : 5 Game Matematika Terbaik Bikin Seru Dan Menarik!

Cara memainkan salah satu jenis mainan anak 2 tahun ini juga cukup juga mudah, anak – anak diminta  untuk memainkan alat-alat tersebut sembari bernyanyi. Tanpa disadari, anak – anak ini pun bisa bermain sambil melatih gerak motoriknya secara natural dan menyenangkan. Cara ini selain membuat anak betah dan nyaman, juga akan meningkatkan kemampuan kognitif serta motoriknya.

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close