umum

4 Tanaman Hias Herbal yang Cocok Ditanam Di Indonesia

Tanaman hias herbal pada masa pandemi covid – 19 saat ini cukup menjadi primadona dan dijadikan pilihan untuk mengisi waktu saat sedang berada di rumah saja. Dalam memilih tanaman tersebut juga tidaklah sulit karena banyak sekali jenis tanaman herbal yang mudah ditemukan.

Tips dalam merawat tanaman hias herbal jug terbilang cukup mudah, biasanya tanaman ini memulai dengan menanam herbal dari bijinya atau dengan cara stek. Jika ingin menanam dengan cara stek maka harus dipersiapkan tanaman yang sudah besarnya dulu atau tanaman induknya.

Baca Juga :  5 Pemain Sepak Bola Terkaya Ini Mengejutkan Anda

Beberapa tips dalam menanam tanaman hias herbal diantaranya adalah menggunakkan pot atau polybag yang memiliki drainase yang baik. Menanam tanaman hias yang herbal sebaiknya dalam 1 pot atau polybag dengan satu jenis tanaman saja. Karena kebanyakan tanaman hias yang herbal hanya ditumbuhi daun agar tidak sulit dalam menemukan jenis mana yang dibutuhkan.

Tips lainnya adalah dalam media tanam berupa tanah, kompos, dan sekam bakar dengan perbandingannya yaitu 2:1:1. Tanamlah benih tersebut pada media tanam yang telah disiapkan. Dalam hal perawatan tempatkan pot ataupun polybag di wilayah yang cukup disinari matahari pagi

Baca Juga : Tips Membakar Kalori dengan Tidur Dapat Kecilkan Lingkar Pinggang

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam merawat tanaman hias herbal adalah dengan menyiram secukupnya tidak berlebihan. Karena kebanyakan tananam herbal hanya membutuhkan sedikit air, siramlah pada saat tanaman terlhat sangat kering.

Berikut ini jenis – jenis tanaman herbal yang bisa kamu tanam dirumah, diantaranya adalah sebagai berikut :

Tanaman Seledri

tanaman hias herbal

Siapa yang tidak tahu tanaman yang satu ini ? Tanaman hias herbal ini memiliki banyak fungsi yaitu dari bagian daun seledri yang selalu digunakan sebagai lalap atau ditaburi di atas makanan – makanan yang berkuah seperti  bakso, bubur ayam, soto dan berbagai hidangan sup lainnya. Tanaman ini digunakan sebagai pelengkap makanan dan juga memilki manfaat yang baik untuk tubuh.

Dalam hal perawatan tanaman ini juga cukup mudah dalam merawatnya, karena dari biji tanaman ini dengan mudah tumbuh dengan tanaman – tanaman kecil atau anaknya. Tanaman ini bisa kamu tanam di pot ataupun polybag

Tanaman Ketumbar

Salah satu jenis tanaman yang satu ini menjadi favorit bagi ibu rumah tangga khususnya karena tanaman ini memiliki fungsi tidak hanya bagian daunnnya saja, namun dari bagian daun, biji hingga buahnya dapat dimanfaatkan sebagai bumbu untuk menambah kesedapan dalam masakan.

Hampir beberapa jenis masakan nusantara di Indonesia menambahkan buah ketumbar yang dihaluskan untuk campuran bumbu masakannya. Dalam perawatannya juga hampir sama sangat mudah dan juga tidak membutuhkan banyak air, kamu hanya perlu menyiram secukupnya.

Tanaman Mint

Tanaman hias herbal

Tanaman herbal mint banyak dijumpai sebagai bahan dalam pembuatan pasta gigi, obat batuk, dan juga permen. Tanaman ini berasal dari luar negeri namun masyarakat Indonesia juga tidak asing dengan tanaman herbal satu ini. Nmun tanaman mint juga bisa tumbuh dengan baik di iklim Indonesia jika dilakukan dengan perawatan yang benar.

Tips dalam perawatan tanaman mint ini juga cukup mudah bisa melalui cara dengan biji ataupun melalui system stek. Kini sudah banyak toko bunga atau toko tanaman yang menjual bibit tanaman mint ataupun tanaman min yang sudah tumbuh cukup banyak. Tanaman mint memiliki aroma dan juga rasa yang khas, biasanya sebagai pelengkap dalam minuman karena rasanya menyegarkan ketika dikonsumsi.

Tanaman Kemangi

Tanaman yang satu ini juga tidak asing di wilayah Indonesia, banyak masyarakat yang menanami tanaman ini di pekarangan rumah. Di Indonesia sendiri tanaman yang satu ini bisa dijadikan sebagai pelengkap makanan seperti dalam membuat pepes ikan ataupun pepes ayam dengan menggunakan daun kemangi.

Bahkan tanaman hias herbal satu ini juga dijadikan sebagai lalapan yang dipadukan dengan sambal, sungguh nikmat dan menjadi salah satu makanan favorit di wilayah dataran sunda.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close