wisata

4 Tips Keuangan untuk Liburan Pasca Pandemi

Adanya pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, membuat banyak orang kesulitan secara ekonomi, dan mengesampingkan rencana berlibur maupun mengatur tips keuangan untuk liburan. Tentu saja, karena ada lebih banyak kebutuhan yang mau tak mau harus lebih diprioritaskan dahulu. Namun, bukan berarti hal tersebut menghalangi Anda untuk tetap optimis dan merencanakan liburan setelah pandemi berlalu.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Buku untuk Anak 2 Tahun

Apalagi, saat ini para peneliti di seluruh dunia tengah bekerja keras untuk memproduksi vaksin yang mampu mengobati dan mencegah virus COVID-19, termasuk Indonesia. Hal tersebut menjadi harapan yang nyata bahwa pandemi ini bisa segera diakhiri dan kita bisa beraktivitas dengan lebih leluasa bersama orang lain, termasuk liburan.

Di samping harapan dan doa yang mengalir terus-menerus, berikut ini adalah beberapa tips keuangan untuk liburan yang bisa Anda terapkan sebagai persiapan untuk kembali berlibur nantinya:

1. Alihkan Anggaran yang Tersisa selama WFH

Selama kita dibatasi untuk keluar rumah, banyak tempat hiburan yang ditutup, dan harus bekerja dari rumah atau Work from Home, pasti kita memiliki anggaran yang tersisa. Kita bisa menyisihkan uang yang biasanya kita gunakan untuk transportasi, makan di luar, menonton bioskop, atau sekadar kumpul-kumpul di kafe, untuk ditabung dan dialihkan ke anggaran khusus liburan.

Tentu itu adalah jumlah yang cukup lumayan, apalagi jika kita sudah WFH selama kurang lebih lima bulan terakhir.

2. Batasi Online Shopping

Nah, meskipun kita menyisakan banyak anggaran untuk tidak menonton bioskop, jalan-jalan menggunakan transportasi, dan lain-lain, kita tetap akan boros jika terjebak dengan online shopping selama berada di rumah. Ya, memang, terkadang menghabiskan waktu sendiri di rumah terasa membosankan dan mendorong kita untuk scroll media sosial, lalu tertarik untuk membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan.

Tips keuangan untuk liburan ini akan sangat ampuh untuk tetap memanajemen keuangan Anda dengan baik dan bisa menganggarkan budget yang cukup besar demi liburan nanti.

3. Cek Promo-Promo Liburan

Tips Keuangan untuk Liburan

Ini adalah tips keuangan untuk liburan yang tak boleh dilupakan, ya. Sebelum Anda berlibur, carilah semua keperluan liburan yang menyediakan diskon dan promo-promo besar. Mulai dari hotel, transportasi, hingga tiket masuk menuju destinasi wisata. Pasca pandemi nanti, bisa dipastikan banyak sekali bidang usaha yang ingin mendongkrak kembali pemasukan mereka dengan memberikan promo-promo ini.

Dengan memanfaatkan promo dan diskon tersebut, Anda bisa menghemat budget dan dapat menikmati pengalaman berlibur dengan maksimal. Selain itu, ada beberapa perusahaan di bidang travelling yang menyediakan layanan pembatalan atau perubahan waktu booking apabila terdapat peraturan yang tiba-tiba melarang masuknya turis. Sebab pandemi ini memang sulit diprediksi dan bisa terjadi perubahan sewaktu-waktu.

4. Mulailah dari yang Dekat

Pasca pandemi nanti, Anda bisa memulai liburan di tempat-tempat wisata yang dekat dengan rumah. Anda bisa memilih untuk piknik bersama di pantai, gunung, atau yang lainnya. Karena selain relatif aman, berlibur di tempat terdekat juga murah meriah dan bisa mengobati kerinduan Anda terhadap liburan.

Baca Juga : 4 Berita tentang COVID-19 yang Menghebohkan

Itu tadi adalah beberapa tips keuangan untuk liburan yang bisa Anda terapkan pasca pandemi COVID-19 ini. Tentunya Anda sudah tidak sabar untuk segera berkumpul dengan orang-orang tercinta dengan leluasa, dan menghabiskan waktu dengan berlibur serta melepas stres setelah momen-momen yang cukup berat terisolasi di rumah. Demikian, semoga informasi dari kami di atas bermanfaat. Sampai jumpa!

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close