Kesehatan

4 Tips Membuat Masker Kain Tanpa Menggunakan Mesin Jahit

Dengan adanya virus corona memang mengharuskan kita untuk menggunakan masker. Sehingga tips membuat masker kain yang bisa anda ikuti untuk membuat sendiri masker dirumah. Karena membuat masker memang bisa menggunakan kain, sehingga anda pun tidak wajib beli untuk dapat melindungi pernapasan dari virus yang mematikan ini.

Baca Juga : Ingin Cicipi Masakan Korea? Intip Lima Restoran Milik Personel Suju!

Lakukan bagaimana cara membuat masker kain, tanpa harus dengan cara membeli yang membutuhkan biaya atau dana. Selagi kita bisa kreatif, kenapa tidak, bukan? Oleh karenanya, kali ini artikel akan mengisi pembahasan bagaimana cara mengisi atau membuat masker kain tanpa menggunakan mesin jahit.

Tips Membuat Masker Kain Mudah dan Cepat Tanpa Mesin Jahit

Siapkan Alat dan Bahannya

tips membuat masker kain

Tips membuat masker kain, bahasan bagus sejak datangnya musim corona yang memang mengharuskan kita harus lebih berhati-hati, terutama ketika akan melakukan kegiatan di luar rumah. Salah satu kegiatan yang akan dilakukan di luar rumah terkadang membuat kita tidak harus bisa mengingat-ingat terus akan jaga jarak.

Namun, kali ini juga anda wajib melindungi diri dengan pakai masker. Ada pun untuk memakai masker sebenarnya kita tidak harus beli. Melainkan, berusaha sekreatif mungkin untuk membuat pun tidak ada salahnya. Kiranya, sebelum membuat masker kain pun anda harus siapkan yang namanya alat dan bahan.

Alat dan bahan apa saja yang harus disiapkan untuk membuat masker dari kain? Tentu saja bahan pokoknya yang harus anda siapkan adalah berupa kain. Selain kain, anda juga harus siapkan yang namanya karet tali, kmudian siapkan pula jarum jahit beserta benang jahitnya. Untuk warna bisa disesuaikan dengan selera.

Lakukan Tahap Awal Membuat Masker

Selesai menyiapkan yang namanya alat dan bahan di tips membuat masker kain dengan aman dan nyaman, kali ini kami merekomendasikan anda untuk melakukan yang namanya melakukan tahap awal dalam membuat masker dari kain tanpa menggunakan bantuan mesin jahit.

Bagaimana membuatnya? Silakan dalam tahap awal pembuatan masker kain yang satu ini anda melakukan pembentangan bahan kain yang sudah dipersiapkan. Kemudian, silakan anda lipat menjadi empat bagiam pada masker kain tersebut. Selesai dari pada itu, anda bisa masuk ke tahapan selanjutnya.

Memasangkan Tali Karet

Setelah membentangkan kain yang kemudian dilipat menjadi empat bagian, sudah barang tentu saja anda memang harus melakukan yang namanya pemasangan tali karet. Tali karet yang akan dipasangkan ini sebagai pengait untuk di bagian kepala atau telinga, supaya masker tidak lepas.

Baca Juga : 5 Aturan PSBB di Jakarta Wajib di Ketahui Warga Jakarta

Silakan anda pasangkan tali karet tersebut di tiap-tiap dua sisi kain yang akan dijadikan masker. Jangan lupa jahit bagian tepinya, sedikit. Kemudian, pastikan anda bisa memakainya dengan longgar, aman dan nyaman sehingga tidak terlalu kencang. Dalam membuat tali pun anda bisa memakai beberapa cara.

Anda bisa siapkan yang namanya penggunaan tali di telinga yang nyantol dua, atau anda bisa pula memasangkan tali di setiap ujung-ujung kainnya sehingga ketika akan dipakai maka masker harus diikat lebih dulu talinya. Atau mungkin anda ingin langsung yang talinya dikaitkan ke kepala pun juga bisa.

Pilih Masker dengan Bahan Tebal

tips membuat masker kain

Pastikan anda dapat memakainya dengan benar. Cara memakai masker dengan benar, yakni bagian kain dapat menutupi hidung dan juga mulut. Pastika pula bahwa anda bisa memilih masket yang baik apabila memutuskan untuk membeli daripada merasakan ribet untuk bikin. Itulah tips membuat masker kain tanpa mesin jahit.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close