wisata

4 Wisata Religi Jogja untuk Kedamaian Batin

Wisata Religi Jogja

Mengunjungi tempat-tempat wisata religi Jogja merupakan salah satu kegiatan yang tak boleh dilewatkan ketika berlibur ke Kota Pelajar ini. Jogja merupakan daerah yang masih kental akan budaya dan adat Jawa-nya. Hal ini tampaknya juga berpengaruh pada hubungan-hubungan yang terjadi antara keraton dengan agama yang masuk ke Jogja sejak zaman lampau.

Jika berkunjung ke tempat-tempat religi di Jogja, Anda akan mendapati dengan jelas, percampuran budaya Jawa dengan agama-agama tertentu. Hal itu terutama akan akan tampak pada gaya arsitektur bangunan-bangunan ibadah, seperti masjid, gereja, klenteng, dan lain-lain. Dari sisi sejarah, tentu hal ini juga akan menarik untuk dikulik.

Apabila wisata religi Jogja menjadi agenda liburan Anda, berikut ini adalah tempat-tempat yang mungkin bisa menjadi rekomendasi untuk Anda:

1. Wisata Religi Jogja Masjid Agung Kotagede

Merupakan masjid tertua di Kota Yogyakarta, dan biasanya menjadi destinasi utama wisata religi bagi umat muslim yang datang dari berbagai daerah. Masjid ini dibangun pada zaman Kerajaan Mataram, di bawah pemerintahan Sultan Agung. Model bangunan dari masjid ini tampak begitu klasik, yang mencerminkan ciri khas bangunan lama yang ada di Jogja. Masjid ini terletak di Kotagede.

2. Sendang Sono

Wisata religi Jogja yang satu ini cukup populer bagi teman-teman umat Katolik. Sendang Sono menjadi tempat perziarahan, terutama setelah peristiwa pembaptisan 173 warga Kalibawang Kulonprogo pada tahun 1904 oleh Romo Van Lith. Pada relief salah satu kapelnya, Anda bisa melihat gambar peristiwa pembaptisan tersebut.

Baca Juga: Nama Pulau Di Indonesia Wajib Anda Tahu

Kompleks Sendang Sono terdiri dari kapel-kapel kecil, Jalan Salib, goa Maria, dan kios-kios yang menjual perlengkapan doa. Di Sendang Sono ini, Anda bisa beribadah sekaligus menikmati Sendang Sono yang menentramkan. Dari katanya sendiri, sendang memiliki arti “mata air”, sehingga Anda akan menemukan sungai-sungai kecil yang mengalir di dalam kompleksnya.

3. Pura Vaikuntha Vyomantara

Pura Vaikuntha Vyomantara adalah sebuah pura yang terletak di kompleks Pangkalan TNI AU Adi Sucipto, Janti, Sleman. Pura ini memiliki wilayah yang sangat luas, yaitu sekitar 5000 m2, dan tidak diperuntukkan untuk kalangan TNI AU saja, tetapi terbuka untuk masyarakat Hindu yang ingin beribadah di sana.

Mulai dibangun pada tahun 2007, pura ini menyediakan fasilitas-fasilitas yang masih berada dalam tahap pembangunan. Namun Anda sudah dapat melihat kemegahan dan keindahan pura ini, yang akan membuat ibadah semakin menentramkan. Persembahyangan di pura Vaikuntha Vyomantara biasanya dilakukan pada pukul 17.00 setiap rerahinan Purnama dan Tilem.

4. Klenteng Gondomanan

Klenteng Gondomanan merupakan wisata religi Jogja selanjutnya, yang diperuntukkan teman-teman etnis Tionghoa atau yang beragama Buddha. Klenteng ini sebenarnya memiliki nama asli Klenteng Buddha Prabha, sebuah peninggalan etnis Tionghoa di Jogja yang lebih dikenal dengan Klenteng Gondomanan.

Baca Juga : Habis Lockdown, Nikmati traveling murah di Bangkok dengan 5 Rencana Berikut

Bangunan klenteng ini memilki nilai sejarah dan spiritual yang amat penting bagi perkembangan budaya Tionghoa di Yogyakarta. Selain itu, arsitektur dari klenteng ini pun sungguh indah. Terletak di Gondomanan, Jl. Brigjen Katamso no. 3, Anda bisa berkunjung kesini untuk beribadah, bergabung ke sejumlah kegiatan keagamaan, maupun menilik keindahan sejarahnya.

Demikian tadi adalah beberapa wisata religi Jogja yang bisa Anda kunjungi untuk memperkaya aspek batiniah. Pada sebagian besar wisata religi yang berada di Jogja, Anda akan bisa melihat pola alkuturasi budaya Jawa yang kental dengan agama-agama tertentu. Sehingga, Anda juga bisa menambah wawasan sejarah dengan berkunjung ke tempat-tempat tersebut.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close