Kesehatan

5 Cara Cegah Kolesterol Tinggi saat Idul Perayaan Adha

Pengetahuan tentang cara cegah kolesterol menjadi hal yang penting, terutama jika mendekati perayaan Idul Adha. Saat lebaran ini, mengonsumsi daging dan segala macam olahannya sudah seperti tradisi yang melekat di dalam kehidupan umat muslim. Kurangnya kontrol terhadap makanan yang dikonsumsi tentunya mengundang sejumlah risiko. Dalam kasus ini, utamanya adalah kolesterol tinggi.

Mengenal Penyakit Kolesterol

Kolesterol merupakan gabungan antara senyawa lemak dan protein yang terbawa dalam darah. Ada dua jenis kolesterol, yakni kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Nah, olahan daging yang kita konsumsi selama perayaan Idul Adha banyak sekali mengandung senyawa kolesterol LDL atau kolesterol jahat. Jika kadar LDL yang terbawa dalam darah darah terlalu tinggi, tentunya akan menyebabkan banyak penyakit.

Baca Juga : 9 Deretan Lagu Trending Terbaik Rekomendasi

Biasanya, penumpukan kolesterol jahat ini akan menyebabkan penyumbatan pada kapiler-kapiler darah. Cara cegah kolesterol tentunya harus dilakukan, sebab jika tidak, penyumbatan yang terjadi di daerah vital seperti jantung, bisa berujung pada gagal jantung dan berujung kematian. Demikian juga, apabila penyumbatan terjadi di otak, yang akan memicu terjadinya stroke.

Turunkan Kolesterol Jahat dengan Konsumsi Ini

cara cegah kolesterol

Namun, Anda tidak perlu takut. Ada beberapa cara efektif untuk menekan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam darah agar tidak terjadi penumpukan. Salah satunya, adalah dengan mengimbanginya dengan konsumsi makanan-makanan yang mengandung kolesterol baik atau HDL. Fungsi dari HDL itu sendiri sangatlah penting, yakni mengangkut LDL yang terbawa dalam darah kembali ke organ hati.

Baca Juga : Manfaat Daun Sirsak Berguna Bagi Kesehatan Luar Biasa

Berikut ini adalah jenis sumber HDL yang bisa Anda persiapkan menjelang perayaan Idul Adha sebagai cara cegah kolesterol jahat. Anda bisa mengonsumsi jenis-jenis makanan ini setelah menyantap olahan daging tanpa perlu merasa khawatir.

Roti gandum

Roti gandum merupakan sumber pangan berserat yang diyakini mampu mengurangi kolesterol jahat hingga 24%. Jadi, setelah Anda mengonsumsi olahan daging, dianjurkan juga untuk mengonsumsi roti gandum setelahnya.

Buah Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang kaya akan lemak atau kolesterol baik. Beta-sitosterol di dalamnya dapat mengurangi kadar LDL atau kolesterol jahat yang diserap dari olahan daging.

Kedelai

Kedelai mengandung senyawa isoflavon yang dapat mengurangi kolesterol jahat secara drastis. Senyawa tersebut dapat membantu jantung untuk mengurangi lemak jenuh yang terkandung di dalam olahan daging saat Idul Adha. Anda bisa mengonsumsi kedelai baik yang masih berbentuk kacang, maupun berupa susu kedelai, sesuai selera Anda.

Oatmeal

Serat yang terkandung dalam oatmeal, terbukti sangat baik untuk kesehatan. Terutama dalam mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah. Dengan mengonsumsi 10 gram oatmeal, penyerapan kolesterol ke dalam darah juga dapat dikurangi.

Ikan salmon

Ikan salmon menjadi salah satu bahan makanan yang sangat baik dikonsumsi sebagai cara cegah kolesterol jahat. Hal ini disebabkan karena di dalam ikan ini, terkandung senyawa omega-3 yang tinggi. Tidak hanya akan menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL, mengonsumsi ikan salmon juga sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL. Kandungan EPA di dalamnya juga berdampak positif untuk kesehatan dan fungsi kerja organ jantung.

Demikian tadi adalah cara cegah kolesterol yang efektif. Tentunya kita semua ingin tetap menikmati perayaan Hari Raya Idul Adha dengan suka cita. Selain mengontrol olahan daging yang kita konsumsi, melakukan pencegahan kolesterol tinggi dengan mengonsumsi sumber-sumber makanan di atas juga sangat disarankan. Sekian, semoga artikel ini bermanfaat, dan selamat merayakan Idul Adha!

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close