umum

5 Daftar Kampus dengan Jurusan Dokter Terbaik di Indonesia

Mengabdi sebagai seorang dokter masih menjadi cita-cita banyak lulusan SMA, yang tentunya akan mencari jurusan dokter terbaik di universitas yang ada di Indonesia. Kualitas dari program studi kedokteran tersebut sangat penting untuk dijadikan pertimbangan, karena terkait dengan akreditasi maupun reputasi kelulusan nantinya. Semakin baik prodi kedokteran tersebut, maka akan semakin diakui lulusannya.

Baca Juga : Ujian Seberapa Malu Maluin Lo Docs Google

Ada beberapa survei yang dilakukan untuk menentukan peringkat kualitas jurusan dokter terbaik. Salah satunya adalah Quacquarelli Symonds World University Rankings (QS WUR), yang melakukan pemeringkatan setiap tahunnya. Dalam penilaiannya, QS WUR menggunakan 4 indikator, yakni employer reputation, H-index sitation, citation per paper, dan reputasi akademis.

Nah, berikut ini adalah sejumlah perguruan tinggi di Indonesia yang masuk pemeringkatan untuk bidang ilmu kedokteran:

Universitas Indonesia

jurusan dokter terbaik

Universitas Indonesia (UI) menjadi uinversitas di Indonesia yang menempati peringkat pertama dengan jurusan dokter terbaik. Berdasarkan indikator di atas, prodi ilmu kedokteran di Universitas Indonesia mendapatkan nilai 70,6 untuk employer reputation, 65,8 untuk H-index citation, 69,8 untuk citation per paper, dan 65,6 untuk academic reputation.

Tentunya, hal tersebut menjadikan UI sebagai universitas yang paling susah ditembus oleh pendaftarnya, dengan passing grade sekitar 62,78% dan hanya menerima sekitar 54 mahasiswa baru setiap tahunnya. Akreditas A juga telah dikantongi oleh FKUI, bersamaan dengan berbagai prestasi yang diraih oleh para mahasiswanya di dalam kompetisi nasional maupun internasional.

Universitas Gadjah Mada

Di posisi kedua, kita memiliki Universitas Gadjah Mada (UGM), sebagai universitas yang memiliki prodi ilmu kedokteran terbaik. Kampus yang terletak di Yogyakarta ini, memiliki nilai 70,6 untuk employer reputation, 52,5 untuk H-index citation, 47,7 untuk citation per paper, dan 64,9 untuk academic reputation dalam pemeringkatan QS WUR. Nilai passing grade untuk bisa masuk ke FKUGM juga cukup tinggi, yakni 60,7%.

Universitas Airlangga

Selanjutnya, adalah Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga atau FK UNAIR. Dalam pemeringkatan QS WUR, FK UNAIR mendapatkan nilai 72,5 untuk employer reputation, 48,8 untuk H-index citation, 34,8 untuk citation per paper, dan 58,3 untuk academic reputation.Persaingan untuk masuk ke FK UNAIR juga cukup ketat, yakni dengan passing grade 58,61%.

Universitas Padjajaran

Jurusan dokter terbaik selanjutnya ditempati oleh Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran atau FK UNPAD. Kualitas prodi ini juga masuk ke dalam pemeringkatan QS WUR dengan nilai 61,9 untuk employer reputation, 53 untuk H-index citation, 50,8 untuk citation per paper, dan 51 untuk academic reputation.Dengan passing grade 53,50%, prodi ilmu kedokteran di UNPAD ini menjadi salah satu yang paling diminati.

Universitas Brawijaya

Meskipun bukan salah satu universitas di Indonesia yang masuk dalam pemeringkatan QS WUR, Fakultas Kedokteran Brawijaya atau FK UB, menjadi salah satu jurusan ilmu kedokteran yang terbaik dan diincar oleh para calon mahasiswa. Banyak sekali prestasi-prestasi yang dicapai oleh FK UB dalam kompetisi-kompetisi internasional dalam bidang medis. Untuk bisa masuk, passing grade yang harus dicapai adalah sekitar 55,67%.

Baca Juga : 3 Aplikasi untuk Belajar paling Bermanfaat

Demikian tadi adalah 5 jurusan dokter terbaik yang ada di universitas-universitas di Indonesia. Meskipun persaingannya amat ketat dan sulit, banyak calon pendaftar yang totalitas dalam melakukan persiapan ujian demi masuk ke prodi kedokteran di universitas-universitas di atas. Sebab kualitas tersebut bukan hanya angka, tetapi juga fasilitas-fasilitas konkrit yang bisa mendukung mahasiswanya selama belajar di dalamnya.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close