aplikasi

5 Dampak Media Sosial Yang Berbahaya, Patut Diwaspadai!

Novriadi.com – Dampak media sosial yang kini terlalu bebas membuat kalangan menjadi mudah terpancing untuk meluapkan segala perasaan atau kegiatannya. Padahal ada beberapa privasi yang seharusnya tidak layak dikonsumsi untuk publik. Namun, karena alasan yang berbeda setiap orang tidak menghiraukan batasan tersebut.

Tahukah kamu jika media sosial bisa menghancurkan hidupmu secara perlahan?. Walau media sosial tergolong sebagai media hiburan, namun media sosial sudah menjadi kebutuhan pokok pada kehidupan sehari-hari sehingga bukan tidak mungkin untuk mempengaruhi dalam kehidupan seseorang di masa mendatang.

Berikut beberapa dampak media sosial yang berbahaya dan hal ini tidak bisa dipandang sebagai hal sepele jika tidak ingin hidup kamu berada dalam ambang kehancuran.

Kenali Dampak Media Sosial Dalam Kehidupan

Peranan media sosial dalam sehari – hari memang tidak bisa dipungkiri, namun alasan penting agar kamu lebih bijak dalam menggunakan itu sangat penting, simak alasan mengapa dampak media sosial bisa berbahaya?.

1. Kecanduan Sampai Lupa Waktu

Pertama dampak media sosial yang berbahaya yaitu berapa lama kamu menggunakan media sosial dalam sehari?. Tentu hal ini mungkin kamu tidak bisa menghitungnya, karena sama halnya dengan kegiatan membuang banyak waktu berharga yang tidak ada untungnya.

Namun satu hal yang harus selalu diperhatikan yaitu jika kamu terlalu kecanduan media sosial sampai lupa waktu, lama – kelamaan hal itu bisa sangat berpengaruh pada kehidupan kedepannya karena tidak memanfaatkan waktu dengan maksimal.

Jika hal itu sampai terjadi, maka tidak mungkin media sosial bisa menghancurkan hidup kamu secara perlahan. Waktu yang seharusnya dimanfaatkan dengan baik maka hilang begitu saja hanya karena terlalu asyik sibuk dengan media sosial.

Baca juga: 4 media social terbaik untuk bisnis online

2. Mengumbar Informasi Pribadi Yang Berlebihan

Tidak semua orang tahu mengenai batasan dalam menggunakan media sosial. Hal ini masih dianggap sebagai hal biasa, bahkan ada beberapa yang mengunggah hal pribadi yang tidak sepantasnya dilihat banyak orang seperti informasi pribadi yang bisa saja disalahgunakan oleh orang tidak bertanggungjawab.

Jika hal itu terjadi, maka kamu akan merasakan dampak yang buruk dan bisa saja menghancurkan hidup kamu secara perlahan. Data pribadi kamu bisa disalahgunakan seperti kasus penipuan dan sejenisnya sehingga menimbulkan hal buruk dalam hidup.

3. Perasaan Iri Hati Melihat Status Orang Lain

Kita tidak bisa menapik jika media sosial menjadi salah satu media untuk berbagi segala macam hal baik yang bersifat publik dan pribadi, mereka akan selalu membuat postingan yang menurut mereka pantas untuk dilihat banyak orang.

Namun apa yang mereka publikasikan tentu tidak selamanya membuat yang melihatnya senang, bahkan ada beberapa orang yang merasa iri dengan apa yang mereka posting karena terkesan sedang pamer atau memperlihatkan kesombongan diri yang dicapai.

Jika kamu selalu merasa iri hati pada postingan orang lain, maka hal itu akan berdampak buruk dan bisa menimbulkan stres karena kamu merasa tidak bisa seperti mereka.

Baca juga: manfaat menggunakan internet marketing

4. Melanggar UU ITE

Lalu dampak media sosial yang berbahaya yaitu apa yang akan terjadi jika media sosial tidak dilengkapi dengan undang – undang yang mengatur di dalamnya?. Bisa jadi semua orang akan bertindak semaunya dan mengunggah sesuatu yang tidak pantas untuk dipublikasikan.

Namun dengan adanya UU ITE, maka yang melanggar sampai bermasalah dengan pihak berwajib akan ditindak sesuai hukum. Karena kamu bisa terjerat pasal yang memungkinkan kamu berada di jeruji besi sampai denda ratusan juta rupiah.

Akibat dari hal kecerobohan yang tidak atau disengaja maka bisa saja kehidupan seseorang menjadi bermasalah. Karena itu penting bijak dalam menggunakan media sosial sebagai media hiburan.

5. Terlalu Percaya Pada Berita Bohong

Kita semua tahu fungsi media sosial sebagai portal berita yang sangat baik untuk semua orang menerima berbagai ragam informasi baik dalam bentuk URL dan berbagai macam situs web.

Secara logika itu bukan kabar buruk, justru tergolong baik agar kita bisa selalu update mengenai banyak macam informasi terkini baik yang di dalam negeri dan juga mancanegara.

Namun sayangnya tidak semua informasi yang ada di media sosial sesuai dengan fakta, ada beberapa orang yang tidak bertanggung jawab dengan memanfaatkan kondisi tertentu untuk mendapatkan keuntungan dari informasi yang dibagikan walau informasi tersebut adalah bohong.

Jika kita percaya begitu saja pada semua berita bohong, tentu itu akan berpengaruh pada hidup dan bisa menghancurkan hidup seseorang. Karena itu penting untuk menyaring semua informasi mengenai kebenaran dan juga kebohongannya.

Baca juga: pengertian media sosial

Demikian uraian mengenai dampak media sosial yang berbahaya, semoga bisa menjadi manfaat untuk bisa lebih bijak menggunakan media ini.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close