wisata

5 Desa Unik Di Indonesia, Misteri Dan Mistis!

Novriadi.comDesa unik yang ada di Indonesia ini memiliki keunikan dan juga bernilai mistis. Ada beberapa desa sejak dahulu sudah dikenal memiliki tidak hanya keindahan alamnya, namun juga nilai misteri yang ada dibaliknya. Jika kamu pernah berkunjung ke beberapa desa ini sudah tidak heran dengan keanehannya.

Keanekaragaman adat dan istiadat di Indonesia membuat kita bisa menemukan berbagi macam desa unik yang ada di berbagai penjuru Nusantara. Mendengar desa unik, pasti yang terlintas di benak yaitu sebuah dengan penampilan yang berbeda dan juga menarik dari sejarahnya.

Nah, dari beberapa desa tersebut, berikut ini kamu patut tahu apa saja desa unik yang ada di Indonesia yang bisa kamu jadikan wisata sejarah dan alam.

Desa Unik Di Indonesia

Desa unik ini dikenal masih memegang teguh nilai tradisi dan menolak adanya modernitas dari dunia luar. Simak ulasannya berikut:

1. Desa Trunyan, Bali

Desa unik yaitu Desa Trunyan yang berada di Kabupaten Bangli, Bali. Sebuah desa yang memiliki keunikan dalam memakamkan mayat penduduk setempat.

Desa yang dikatakan sebagai desa unik, karena budaya dan adat istiadat yang tidak biasa masih terjaga sampai saat ini.

Pemandangan yang indah di desa namun diwarnai dengan banyaknya tengkorak manusia yang berserakan, karena desa ini dikenal dengan proses pemakaman yang tidak biasa.

Desa yang memiliki kuburan di sisi timur Danau Batur. Di sini, setiap jenazah tidak dikuburkan. Melainkan akan diletakkan di tempat pemakaman yang bernama Seme Wayah dan dibiarkan tergeletak sampai kondisinya membusuk.

Uniknya, walau dibiarkan begitu saja, namun tidak ada bau menyengat yang ditimbulkan dari aroma jenazah. Ini karena terdapat sebuah pohon besar dan tinggi, yaitu pohon taru menyan. Pohon inilah yang mampu menetralisir bau tidak sedap yang muncul akibat mayat tersebut.

Baca juga: 5-wisata-buah-yang-menakjubkan

2. Desa Siompu, Sulawesi Tenggara

Biasanya mata orang Indonesia yaitu memiliki mata yang berwarna kecokelatan. Namun tidak di Desa Siompu dimana kamu bisa menemukan penduduk yang memiliki mata berwarna biru seperti orang di Eropa.

Penyebab mengapa penduduk desa Siompu bermata biru yaitu karena dulu masyarakat disana pernah menikah dengan orang Portugis. Dari situlah kemudian lahir anak-anak dengan bola mata bermata biru. Tidak hanya mata, banyak juga orang di Desa Siompu yang memiliki rambut berwarna pirang. Unik bukan?.

3. Desa Baduy, Banten

Desa unik yang ada di Provinsi Banten, kamu bisa menemukan sebuah desa unik yang sangat terkenal akan budaya tradisionalnya. Yaitu Desa Baduy, sebuah desa yang dihuni oleh Urang Kanekes atau Orang Baduy yang terbagi menjadi dua, yaitu Baduy Luar dan Baduy Dalam.

Kamu yang ingin berkunjung ke desa ini bisa langsung datang je Desa Ciboleger yang menjadi pintu masuk menuju pemukiman Suku Baduy.

Setibanya di pemukiman Suku Baduy, kamu bisa melihat rumah mereka yang terbuat dari bambu yang tertata rapi.

Terdapat sungai yang mengalir di pemukiman sangat jernih, karena Suku Baduy begitu menghargai alam dan menjaganya. Dan sungai menjadi satu kebutuhan penting bagi kebutuhan sehari – hari mereka.

Salah satu sungai lain yang airnya jernih bisa dinikmati oleh masyarakat sekitar dan dinikmati oleh wisatawan yang datang. Terdapat hutan yang dijaga dan dipelihara sebagai bentuk betapa cintanya penduduk Baduy terhadap alam sekitar.

Baca juga: 5-wisata-buah-yang-menakjubkan

4. Desa Penglipuran, Bali

Berikutnya desa unik yang berada di Bali, desa unik yang bisa kamu temukan di Desa Penglipuran. Desa ini terletak di kaki Gunung Batur, dan berjarak sekitar 45 kilometer dari Denpasar, Bali.

Desa yang mendapat predikat sebagai desa terbersih se-Pulau Dewata menjadikannya sebagai objek wisata terkenal.

Udara dan kondisi desa masih asri dan sangat kental dengan budaya Bali. Rumah yang berarsitektur Bali terlihat berjejer di kiri dan kanan jalan. Ini menyesuaikan dengan konsep tata ruang dalam ajaran Agama Hindu, yaitu Tri Mandala.

Dimana pepohonan, rerumputan dan bunga aneka warna terlihat berjajar tumbuh subur. Terlihat pemandangan yang asri dan juga sejuk.

5. Desa Wae Rebo, Flores

Lalu ada desa Wae Rebo yaitu satu dari sekian banyak desa unik yang ada di Indonesia. Desa yang berada di Kecamatan Satarmase, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur yang sudah populer di kalangan wisatawan, termasuk wisatan dunia.

Di desa ini ada tujuh rumah utama yang berbentuk kerucut dengan tinggi yang diameternya sama. Rumah unik yang ada di desa ini biasa ditinggali oleh enam sampai delapan keluarga. Rumah adat yang sudah ada selama 19 generasi.

Ditambah letak dan keberadaan rumah kerucut yang tersusun secara melingkar menjadikan Desa Wae Rebo ini tampak indah. Bahkan, desa yang berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut mampu menyuguhkan pemandangan yang luar biasa menakjubkan. Sehingga kamu akan betah berlama – lama berwisata di sana.

Baca juga: 4-wisata-banyumasan-paling-recomended

Nah, demikianlah beberapa pilihan desa unik di Indonesia yang bisa kamu jelajahi.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close