Kesehatan

5 Efek Aromaterapi Yang Tersembunyi, Wajib Tahu!

Novriadi.comEfek aromaterapi yang jarang diketahui banyak orang memiliki tingkat bahaya yang tidak bisa dianggap sepele. Menggunakan aromaterapi bagi sebagian orang memang sangat menyenangkan, selain harum juga bisa digunakan untuk terapi ketenangan, supaya tubuh lebih rileks dan juga santai.

Namun, dibalik keharumannya ternyata memiliki beberapa efek yang bisa mengganggu kesehatan. Sehingga penggunaannya terbilang harus sangat diperhatikan, mulai dari bahan aromaterapi sampai cara aplikasinya dalam sebuah ruangan.

Untuk itu berikut ini beberapa efek aromaterapi yang bisa kamu ketahui sebelum menggunakannya.

Efek Pemakaian Aromaterapi

Kamu harus tahu jika ada beberapa potensi bahaya dari penggunaan aromaterapi. Apa saja yang mesti diwaspadai, berikut ulasannya:

1. Menggunakan pewangi kimia dan pewarna sintetis

Hal yang paling disukai dari aromaterapi yaitu wanginya. Namun, efek aromaterapi sebagian besar yaitu menggunakan pewangi dan pewarna sintetis. Pembakaran lilin yang mengeluarkan VOCs mudah menguap pada suhu ruangan.

Kandungan limonenebenzena, toluena, dan ester adalah serentetan senyawa kimia yang bisa menyebabkan masalah pada kesehatan. Mulai dari kepala pusing, sakit kepala, alergi pernapasan, infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), sampai kanker.

Badan Perlindungan Lingkungan AS (USEPA) menyatakan, jika emisi jelaga dari lilin yang mengandung wewangian ini signifikan lebih tinggi dibanding dari emisi lilin tanpa aroma wewangian.

Baca juga: 5-fakta-minuman-soda

2. Menimbulkan gangguan pada ibu hamil dan janin

Penggunaan aromaterapi atau wewangian kimia sangat tidak disarankan bagi para ibu hamil. Karena kandungan wewangian yang ditimbulkan bisa mempengaruhi pertumbuhan janin yang ada di dalam kandungan.

Janin atau bayi yang sering terkena wangi kimiawi akan mengalami masalah pada kinerja juga pertumbuhan otaknya. 

Penggunaan aromaterapi tidak dilarang. Namun, pastikan bahwa produk yang dibeli terbuat dari bahan yang aman dan alami. Jangan sampai tergoda dengan harga yang murah meriah.

3. Hasil bakaran dari parafin bisa terhirup dan masuk ke paru-paru

Beberapa produk aromaterapi yang menggunakan sumbu yang terbuat dari bahan logam yang dibalut atau dililit bersama kapas. Hal ini menjadikan hasil bakaran api atau jelaga yaitu butiran arang yang halus dan lunak memicu masalah seperti paru-paru karena mengandung racun.

Memang tidak secara cepat penggunaan aromaterapi bisa menyebabkan kanker. Dibutuhkan waktu tertentu dan jumlah penggunaan rutin untuk bisa menyebabkan risiko kesehatan yang jelas.

Seperti lilin parafin yang dibakar bisa mengeluarkan kandungan benzena yang bisa terhirup, masuk ke paru-paru terdalam, dan saluran pernapasan bagian bawah dan alveoli atau kantong udara kecil di dalam paru-paru yang menjadi tempat pertukaran oksigen juga karbon dioksida.

Baca juga: hipnoterapi

4. Partikel kecil dari lilin yang dibakar bisa menyebabkan masalah kesehatan

Selanjutnya efek aromaterapi menyebutkan bahwa jika lilin aromaterapi dibakar, maka akan mengeluarkan partikel kecil. Ribuan partikel kecil ini yang akan bisa menumpuk pada satu helai rambut manusia.

Dampak selanjutnya yaitu, partikel ini bisa masuk ke dalam aliran darah dan mampu menyebabkan masalah kesehatan jangka pendek dan juga jangka panjang. Salah satunya yaitu dampak penyakit kardiovaskular.

5. Produsen membuat lilin dari parafin yang punya potensi bahaya

Kandungan parafin yaitu limbah minyak bumi yang secara kimiawi diputihkan dan dihilangkan baunya, lalu dibuat menjadi lilin. Banyak produsen yang menggunakan bahan ini karena biaya produksi terbilang murah.

Saat dibakar, lilin ini akan melepaskan senyawa organik volatil atau volatile organic compounds atau VOCs yang beracun ke udara. Beberapa di antaranya seperti aseton, benzena, dan toluena yang bisa menjadi senyawa karsinogenik bisa menyebabkan kanker.

Para peneliti dari Universitas South Florida, Amerika Serikat (AS), menemukan jika lilin yang terbuat dari parafin bisa memancarkan kadar benzena yang rendah saat tidak menyala.

Selain itu, ada juga bukti efek berbahaya pada penderita asma dan orang dengan gangguan pernapasan lainnya akibat dari terpapar zat tersebut. Penting untuk menjaga dan juga memilih jenis aromaterapi yang almi dan juga aman.

Baca juga: 5-tanaman-alami-turunkan-hipertensi

Nah, itulah ulasan mengenai efek aromaterapi yang bisa kamu ketahui, semoga bermanfaat.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close