Kesehatan

5 Efek Minuman Jika Langsung Diminum Dari Kaleng, Berbahaya!

Novriadi.comEfek minuman jika langsung diminum dari kaleng memiliki dampak yang tidak baik bagi kesehatan. Minuman kaleng terlihat sangat menyegarkan apalagi jika disajikan dalam keadaan dingin, terasa segar ditenggorakan. Di saat udara terasa panas paling nikmat diminum dingin. Namun, berikut ini akan dijelaskan mengapa minuman kaleng berbahaya jika langsung diminum dari kalengnya.

Dari beberapa penelitian ada beberapa point yang menyebabkan minuman kaleng yang langsung diminun dri kalengnya memiliki dampak kesehatan yang terbilang buruk. Bagi kamu yang belum mengetahuinya, mulai dari saat ini bisa menjadi pertimbangan untuk meminum secara langsung ya.

Nah, untuk tahu apa saja efek minuman jika langsung diminum dari kalengnya, simak penjelasannya di bawah ini.

Efek Minum Langsung Minuman Kaleng

Sering dianggap biasa saja, berikut ini ada dampak buruk yang akan muncul ketika menikmati minum minuman langsung dari kalengnya. Apa sajakah itu?, simak ulasannya:

1. Meningkatkan Dampak Penyakit Jantung

Efek minuman jika langsung diminum dari kalengnya pertama yaitu bisa menyebabkan penyakit jantung. Para peneliti dri Korea Selatan melakukan penelitian kepada sebanyak 60 orang dewasa yang berusia di atas 60 tahun dengan memberikan mereka minuman kaleng dari produk susu kedelai. Setelah dilakukan tes urin, maka hasilnya menunjukkan jika terdapat kadar BPA sampai 1.600% seperti dikutip dari berita Eureka Alert dan USA News Today.

Bahan Bispheneol A atau BPA merupakan bahan umum yang terdapat dalam botol plastik, namun sudah tidak digunakan lagi oleh para produsen minuman kemasan karena bisa menyebabkan ketidakseimbangan pada hormon. 

Baca juga: 5 ide bisnis minuman selain kopi bisa dicoba

Namun, BPA masih bisa ditemukan pada lapisan ekposi minuman kaleng sehingga mampu meningkatkan tekanan darah dan juga memunculkan risiko adanya penyakit jantung.

2. Mempengaruhi Imun

Dengan menikmati langsung minuman dari kaleng bisa memengaruhi daya tahan tubuh juga. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya penelitian yang dilakukan oleh salah satu stasiun televisi di Texas yang ingin tahu apakah permukaan minuman kaleng yang dijual sudah steril dengan mengusapnya menggunakan selembar tisu.

Ternyata hasilnya tidak hanya E. coli saja yang terdeteksi, namun juga ditemukan adanya bakteri lain seperti stenotrophomonas maltophilia, pseudomonas luteola, dan enterobacter cloacae. Pantogen berbahaya tersebut bisa mempengaruhi daya tahan tubuh juga menyebabkan seseorang bisa terinfeksi penyakit lain yang disebabkan bakteri tersebut.

3. Menyebabkan Infeksi Mata

Disaat kamu meminumnya tapi tidak segera dihabiskan, kaleng minuman yang terbuka bisa menghadirkan lalat berdatangan karena minuman kaleng memiliki rasa manis. Lalat yang menempel pada permukaan kaleng membawa bakteri yang bisa menyebabkan infeksi mata seperti trakoma juga konjungtivitis epidemi, seperti dikutip dari laman berita WHO.

Tidak hanya infeksi mata saja, namun juga penyakit pencernaan seperti disentri, tipus, dan kolera akan timbul saat meminum langsung dari kaleng yang terkontaminasi karena lalat.

Baca juga: peluang dan ide bisnis minuman unik kekinian

4. Menimbulkan Diare Dan Penyakit Pernapasan

Berikutnya efek minuman jika langsung diminum dari kalengnya yaitu bisa terkena diare dan sesak nafas. Tidak ada yang bisa bertanggung jawab memastikan jika kaleng minuman benar – benar bersih. Memang dengan mata telanjang mungkin kamu mengira minuman kalengan yang akan dinikmati sudah cukup bersih dan menyegarkan. Namun, tidak dipungkiri ada saja bakteri yang bisa menempel pada kaleng tersebut.

Dikutip dari laman berita Eat This, tahun 2017 lalu dimana para medis menguji bagian atas kaleng minuman yang terbuat dari alumunium yang diambil dari vending machine sampai toko kelontong. Terlihat bersih namun di antaranya ada yang positif terpapar bakteri E. Coli yang bisa menyebabkan diare sampai penyakit pernapasan.

5. Timbul Rasa Logam

Dikutip dari laman berita Healthline, rasa logam yang sudah diidentifikasi sebagai tanda dari gejala beberapa alergi makanan. Buat kamu yang memiliki kondisi dinding mulut terlalu sensitif, dengan menempelkan bibir di tepian alumunium minuman kaleng tentu akan menimbulkan adanya alergi seperti rasa logam pada minuman tersebut.

Hal ini tentu akan memberikan rasa tidak nyaman saat kamu menikmati minuman kaleng yang memang menyegarkan.

Baca juga: 8 khasiat tanaman herbal dipercaya tangkal corona

Ada baiknya, saat kamu menikmati minuman cobalah untuk menuangkannya dahulu ke gelas atau selalu sedia sedotan stainless yang ramah lingkungan.

Dengan menjaga kebersihan dan menerapkan pola minum yang aman, semoga apa yang dijelaskan di atas bisa diatasi. Demikian penjelasan mengenai efek minuman jika langsung diminum dari kalengnya, semoga bermanfaat.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close