5 Fakta Hanbok Terkenal Dan Unik, Pakaian Tradisional Korea!

Novriadi.com – Fakta Hanbok yaitu pakaian tradisional asal Korea yang menjadi kebanggaan negeri gingseng ini sering dijadikan sebagai pakaian adat dalam segala acara negara. Tidak jarang negara lain yang berkunjung ke Korea menyukai jenis pakaian adat ini, salah satunya seperti orang Indonesia. Ketika berlibur ke Korea tidak lupa untuk mencoba pakaian adat ini, terlihat begitu indah, unik dan warnanya yang menarik mata yang melihatnya.

Sebutan Hanbok  tidak hanya ditujukan untuk gaun panjang yang dikenakan oleh para wanita Korea saja ketika zaman dulu, namun juga untuk busana yang dikenakan oleh pria pada saat itu. Karena terkenalnya hanbok juga banyak dimodifikasi dengan berbagai model yang unik juga menarik.

Namun, tahukah kamu dibalik pakaian ini ada fakta yang patut untuk diketahui. Apa saja kah itu?, berikut penjelasan mengenai fakta hanbok terkenal dan unik.

Fakta Menarik Tentang Hanbok

Setiap negara tentu memiliki pakaian adat masing – masing, dimana pakaian tersebut memiliki ciri khas, keunikan juga nilai sejarah yang amat tinggi. Di bawah salah satu fakta mengenai pakaian ada Korea yaitu hanbok yang terkenal.

1. Warna dan Status Sosial

Fakta hanbok terkenal dan unik pertama yaitu makna dari warna dan arti statys sosial yang memakainya. Korean Cultural Centre menjelaskan jika warna ungu violet pada hanbok dikenakan oleh raja terutama pada masa kerajaan Baekje masih berkuasa dan warna ini sering dipakai oleh para kaum bangsawan.

Umumnya wanita kelas menengah atas akan mengenakan Hanbok dengan warna cerah dan vibrant, dan bagi mereka yang melahirkan anak laki-laki umumnya akan mengenakan jeogori berwarna biru navy. Sedangkan untuk wanita yang belum menikah biasanya mengenakan Hanbok berwarna kuning. Hal tersebut menjadi tradisi yang masih diterapkan sampai saat ini, unik bukan?.

Baca juga: 4 girlband korea yang baru debut 2020

2. Hanbok Ada Sejak 18 B.C

Perlu diketahui jika hanbok sudah ada sejak masa tiga kerajaan Korea yang terkenal yaitu seperti Kerajaan Baekje, Kerajaan Goguryeo, dan Kerajaan Silla. Model Hanbok di masa Kerajaan Silla banyak dipengaruhi oleh gaya busana dari negara Cina, dimana busana Hanbok pria berupa seperti jaket panjang yang menutupi celana panjang yang dikenakan.

Sedangkan untuk busana Hanbok wanita hampir serupa yaitu menggunakan jaket panjang yang menutupi hampir seluruh bagian rok bawah. Bahkan hampir terlihat menjuntai sampai ke kaki menyentu tanah. 

3. Keistimewaan Hanbok Ada Pada Modelnya

BErikutnya fakta hanbok terkenal dan unik yaitu keunikan pada makna modelnya. Keistimewaan utama Hanbok yaitu dari bentuknya yang menyerupai lonceng seperti ramping di bagian atas dan bentuk melebar ke bawah.

Bentuk modelnya yang melebar dan terkesan flowing ketika pemakai berjalan membuat keseluruhan dari model Hanbok ini akan terlihat cantik dan khas jika dibandingkan dengan baju tradisional negara lainnya. Modelnya yang hampir mirip seperti pakaian yang dikenakan bangsa – bangsa Eropa tempo dulu. 

Baca juga: 8 daftar aktor korea top

4. Bagian Pakaian Hanbok

Bagian dari Hanbok terdiri atas dua bagian yaitu bagian atas yang sering disebut jeogori dan juga bagian bawah untuk kaum pria berupa celana baggy yang disebut baji, sedangkan untuk para wanita berupa rok panjang yang disebut dengan chima.

Pada bagian jeogori untuk Hanbok wanita dilengkapi dengan dua tali yang bisa diikat dan berbentuk pita. Tali tersebut disebut goreum. Untuk kaum pria dan juga wanita juga menggunakan sepatu yang terbuat dari kain sutra, sepatu ini disebut dengan istilah kkotsin. Sehingga terlihat menjadi satu paket antara pakaian dan juga sepatu.

5. Corak Motif Hanbok Menjelaskan Harapan Si Pemakainya

Lalu untuk corak atau motif dari kain Hanbok bermakna menggambarkan harapan dari pemakainya. Contoh Hanbok berwarna merah yang biasa dikenakan untuk pengantin, dengan motif bunga Peoni dan memiliki makna kekayaan juga kebanggaan.

Sedangkan untuk Hanbok merah dengan motif buah delima bermakna akan kesuburan. Untuk motif naga dan burung fenik sering dikenakan oleh golongan bangsawan atau mereka yang memiliki kekuasaan di dalam pemerintahan. Sehingga motif tersebut mengartikan kelas sosial setiap orang di Korea, dan tentunya tidak sembarang yang menggenakannya.

Baca juga: 10 drama korea terlaris yang patut ditonton

Keunikan pakaian ini memiliki makna dan juga ciri khas yang berbeda, setiap orang yang mengenakannya memiliki status sosial tersendiri. Sehingga terlihat indah dan juga bermakna dalam.

Demikianlah ulasan singkat mengenai fakta hanbok terkenal dan unik yang bisa kamu ketahui. Semoga menjadi manfaat.