bisnis

5 Ide Usaha Sampingan Menjanjikan 2020

Ide Usaha Sampingan

Mencari ide usaha sampingan mungkin adalah hal yang dilakukan sebagian orang saat ini, terutama untuk menambah pemasukan selain dari pekerjaan utama. Selain alasan itu, ada beberapa alasan lain mengapa seseorang ingin menjalankan usaha sampingan. Di antaranya adalah sebagai jeda dari pekerjaan utama, mengembangkan hobi, ataupun ingin memanfaatkan modal yang dipunyai.

Di bawah ini adalah ide usaha sampingan yang patut Anda coba. Ada jenis usaha yang bisa Anda lakukan sendiri di sela-sela pekerjaan utama, namun ada juga usaha yang membutuhkan bantuan orang lain sebagai pekerja dan Anda yang me-manage-nya. Manapun saja Anda pilih, yang jelas semuanya akan memberikan keuntungan. Jadi, simak daftarnya berikut ini!

1. Jual pulsa elektrik

Saat ini, pulsa seolah menjadi kebutuhan pokok masyarakat kita. Hampir semua pasti menggunakan smartphone dan membutuhkan pulsa berupa paket data ataupun pulsa biasa agar komunikasi tetap bisa berjalan. Ini bisa menjadi peluang yang menjanjikan, sebab rata-rata omzet dari usaha ini adalah Rp1 juta. Modal yang dibutuhkan pun tidak besar, mudah dilakukan, dan fleksibel.

2. Menjual foto di internet

Salah satu ide usaha sampingan yang tidak membutuhkan modal sama sekali adalah dengan menjual foto melalui platform di internet seperti Istockphoto.com atau ShutterStock.com. Hanya dengan bermodalkan kamera ponsel, Anda sudah bisa mengambil foto dan mengunggahnya di akun tersebut. Sistem akan memandu Anda untuk melakukan transaksi jual beli.

Baca Juga: 4 Ide Bisnis di Bawah 1 juta yang Bisa Untung Jutaan

3. ide usaha sampingan Jasa desain grafis

Ketrampilan dalam mengolah desain grafis adalah modal yang berharga di era sekarang. Banyak perusahaan yang membutuhkan konten-konten grafis yang menarik dan kekinian untuk mengembangkan usaha mereka. Jika Anda memiliki bakat desain, tentu hal tersebut bisa menjadi ide usaha sampingan yang menjanjikan. Selain menyalurkan bakat atau hobi, Anda akan mendapatkan pundi-pundi yang nilainya bisa jutaan rupiah.

4. Menjadi influencer media sosial

Apabila Anda tipe pengguna media sosial yang aktif dan memiliki banyak follower, menjadi influencer mungkin adalah usaha sampingan yang sayang untuk dilewatkan. Di era digital ini, banyak perusahaan yang melakukan strategi marketing melalui sosial media. Dan influencer memiliki satu hal yang dibutuhkan oleh perusahaan, yaitu pasar.

BAca Juga : 4 Ide Bisnis di Rumah yang Patut Dicoba Tahun 2020

Akan sangat mudah bagi seorang influencer untuk mempengaruhi follower-nya untuk mengikuti mode ataupun menggunakan barang dan jasa tertentu, karena memiliki kepercayaan (sense of trust)terhadap sosok yang di­-follow. Inilah yang kemudian dibaca oleh pihak marketing.

Jika sebuah perusahaan bekerja sama dengan Anda, maka Anda hanya perlu mem-posting produk dari perusahaan tersebut. Cepat atau lambat, follower akan tertarik dengan produk tersebut, dan ini akan menguntungkan perusahaan. Nilai dari pekerjaan influencer ini bisa bernilai puluhan hingga ratusan juta, tergantung dari jumlah follower Anda dan seberapa besar pengaruh Anda.

5. Membuat blog

Untuk yang satu ini, mungkin akan membutuhkan waktu yang tidak singkat. Namun jika Anda telaten, dan menulis adalah sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dari Anda, maka membuat blog dan mengembangkannya akan menjadi bisnis yang menyenangkan dan menguntungkan.

Penghasilan dari mengelola blog, bisa Anda dapatkan dari iklan atau Ads yang Anda pasang di dalam blog. Jika Anda sudah memiliki banyak pengikut, maka pekerjaan seorang blogger tidak akan beda jauh dengan influencer.

Demikian tadi adalah beberapa ide usaha sampingan yang bisa Anda lakukan selain pekerjaan utama,  meraup keuntungan yang lumayan besar. Bagaimana? Anda tertarik mencoba salah satunya?

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close