wisata

5 Jalur Pendakian Yang Dibuka Dimasa Pandemi

Novriadi.com – Jalur pendakian yang sudah mulai dibuka saat pandemi masih berlangsung bisa dinikmati bagi pecinta pendakian. Selama pandemi dan aturan PSBB di Indonesia hampir seluruh pusat wisata dan juga pendakian ditutup sementara waktu. Tentu saja hal ini berdampak tidak hanya secara ekonomi juga minimnya pengunjung membuat yang hobi mendaki berhenti sementara untuk melakukan kegiatan ini.

Namun, dengan adanya kebijakan pelonggaran PSBB dengan catatan harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat membuat beberapa jalur pendakian mulai bisa dinikmati lagi. Angin segar membuat pecinta pendakian mulai bisa beraktivitas untuk menyalurkan hobi mereka.

Ingin tahu jalur mana saja yang dibuka?. Berikut ini beberapa jalur pendakian yang bisa kamu lewati.

Jalur Pendakian Yang Dibuka Untuk Umum

Berikut kabar baik untuk kamu yang hobi mendaki gunung. Beberapa jalur pendakian gunung di Indonesia yang mulai dibuka di masa new normal atau normal baru seperti di bawah ini:

1. Gunung Papandayan

Jalur pendakian pertama yaitu gunung Papandayan. Sama seperti gunung Cikuray, Gunung Papandayan juga sudah mulai dibuka sejak Senin, 8 Juni 2020. Gunung yang berada di sekitar 70 kilometer sebelah tenggara Kota Bandung juga menerapkan protokol kesehatan yang sama seperti Gunung lainnya.

Hal ini untuk mencegah terjadinya penularan yang bisa saja terjadi pada saat pendakian dilakukan. Ditambah dengan cuaca gunung yang sangat lembab dan virus mudah untuk menyerang siapa saja yang bersentuhan atau terkena semburan bersin dan batuk.

Baca juga: lukisan alam wisata gunung indonesia super cantik

2. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Parahu juga sudah dibuka sejak Sabtu, 13 Juni 2020. Wisatawan yang ingin mengunjungi gunung yang berada di Kabupaten Bandung Barat ini wajib mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Dimana pengunjung wajib melakukan cek suhu tubuh, menggunakan masker, dan mencuci tangan pada saat memasuki pintu masuk.

Sama halnya seperti tujuan protokol kesehatan lain untuk mencegah terjadinya penularan ketika pendakian dilakukan.

3. Gunung Ciremai

Satu lagi gunung di Jawa Barat yang juga mulai dibuka secara bertahap, yaitu Gunung Ciremai. Lokasinya berada di Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka.

Gunung Ciremai sudah mulai dibuka sejak Jumat, 26 Juni 2020, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Namun, sayangnya pembukaan ini hanya berlaku sementara untuk kunjungan wisata atau one day trip saja.

Aktivitas pendakian hanya boleh dibatasi trekking dan belum bisa mendaki sampai ke puncak juga berkemah. Selain itu, pengunjung dari luar Kabupaten Kuningan, Majalengka, dan Cirebon wajib membawa surat bebas Covid-19 dari pihak kesehatan.

Baca juga: gunung di sumatera

4. Gunung Cikuray

Berikutnya jalur pendakian yaitu Gunung Cikuray yang berlokasi di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Gunung dengan ketinggian 2.861 meter di atas permukaan laut ini sudah mulai dibuka untuk umum sejak Senin, 8 Juni 2020.

Tentu ada standar protokol kesehatan yang wajib harus ditaati, seperti wajib mengenakan masker, melakukan pengecekan suhu tubuh, mencuci tangan, dan menjaga jarak aman antar para pendaki. Setiap kelompok juga dibatasi anggotanya, hanya batas maksimal 10 orang untuk sekali naik.

5. Gunung Lawu

Lawu menjadi salah satu gunung yang paling ramai dikunjungi oleh para wisatawan dan juga pendaki. Gunung yang berlokasi di Kabupaten Karanganyar, Ngawi, Magetan, ini juga sudah mulai dibuka operasionalnya.

Jalur pendakian yang telah dibuka antara lain yaitu melalui Candi Ceto, Cemoro Kandang, dan Cemoro Sewu. Para pendaki juga wajib mengikuti protokol kesehatan yang berlaku ketika mendaki.

Jalur pendakian dibuka mulai pukul 07.00 sampai 17.00 WIB. Sehingga pendaki yang tiba di basecampdi pada pukul 17.00 WIB akan mendaki di hari berikutnya.

Baca juga: gunung di riau dan kepulauan riau

Dalam uji coba ini, maka beberapa protokol yang wajib dipatuhi oleh para pendaki. Mulai dari membawa surat keterangan sehat, hand sanitizer, masker minimal dua buah, dan sarung tangan minimal dua buah serta perlengkapan lain yang disiapkan.

Dengan begitu pendakian dapat dilakukan dengan aman dan juga para pendaki dalam kondisi sehat. Karena di tempat pendakian memang tidak tersedia pusat kesehatan sehingga sangat penting untuk membawa perlengkapan kesehatan di saat mendaki.

Nah, demikian beberapa rekomendasi jalur pendakian yang sudah dibuka, semoga menjadi pilihan ketika mendaki. Selamat berpetulangan.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close