bisnis

5 Jenis Ikan Pembalut Sushi, Sajian Sehat Dan Nikmat!

Novriadi.com – Jenis ikan pembalut sushi yang sangat terkenal nikmat dan menyehatkan sangat menjadi favorit. Makanan khas negara Jepang ini memang selalu menjadi idola siapa saja, selain bentuknya yang unik cita rasanya yang nikmati menjadikan makanan ini selalu diburu banyak orang.

Sushi menjadi makanan khas dan sudah banyak disajikan mulai dari restoran Jepang itu sendiri maupun ala – ala Indonesia. Makanan ini umumnya terdiri dari isian nasi yang disajikan bersama ikan, daging, dan sayur yang masih segar dan mentah. Di Indonesia sendiri, makanan ini cukup terkenal dan menjadi idola.

Namun, tahukan kamu dibalik pembuatan sushi, ternyata ada olahan ikan yang bervariasi. Tidak hanya enak namun jenis ikan ini ternyata memiliki kandungan gizi yang sangat penting bagi kebutuhan tubuh. Yuk, kenali jenis ikan pembalut sushi yang terkenal berikut ini.

Jenis Ikan Pembalut Sushi

Banyak restoran Jepang yang menyediakan menu sushi sebagai sajian favorit bagi pengunjung. Tapi apakah kamu tahu ikan apa saja yang populer untuk dijadikan sushi?. Berikut ini deretannya:

1. Yellowtail

Jenis ikan pembalut sushi pertama yaitu yellowtail. Ikan yang memiliki nama lain yaitu Greater Amberjack atau orang Indonesia biasa menyebutnya dengan ikan kuwe batu. Jenis ikan ini bisa ditemui hampir di seluruh lautan di negara – negara dunia dan juga cukup populer diolah menjadi sushi. Ikan termasuk jenis ikan yang memiliki tenaga yang sangat kuat, para pemancing harus sangat sabar dan telaten seiap perlawanannya. Normalnya ikan ini bisa dijumpai di kedalaman 18-72 meter, namun rekor terdalam yellowtail terlihat pada kedalaman 360 m.

Baca juga: camilan sehat khas jepang yang cocok untuk diet

2. Tuna

Tuna memang menjadi jenis ikan pelagis, yaitu golongan ikan yang hidup pada daerah permukaan air. Ikan ini termasuk ke dalam ikan yang mempunyai nilai komersial yang sangat tinggi, dan memiliki kandungan akan vitamin dan mineral. Sehingga tidak heran jika tuna menjadi primadona untuk diolah menjadi menu sushi. Tuna sendiri memiliki banyak variasi, yang paling terkenal seperti tuna sirip kuning, tuna sirip biru, tuna mata besar, dan lain sebagainya. 

3. Halibut

Ikan berikutnya yang sering diolah menjadi sushi yaitu ikan halibut. Halibut adalah jenis ikan demersal, yaitu ikan yang hidup di dasar perairan. Ikan ini memiliki bentuk yang unik, yaitu bentuk yang pipih dengan mata yang menghadap ke atas. Halibut banyak di jumpai di perairan Utara Samudra Altantik juga Samudra Pasifik, di Indonesia sendiri ikan ini bisa dijumpai di perairan Utara Jawa, Sumatra, sampai perairan Papua.

Baca juga: kenali sejumlah makanan meningkatkan imun anak

4. Salmon

Berikutnya jenis ikan pembalut sushi tuna yaiu ikan salmon. Ikan ini juga sering dijadikan sebagai olahan sushi, baik dalam bentuk mentah dan juga dalam bentuk salmon asap. Selain rasanya yang lezat, ikan ini juga kaya akan vitamin dan mineral, salah satunya yaitu kandungan omega 3 yang memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan otak. Salmon termasuk sebagai jenis ikan anadromus, mereka berkembang di air tawar, lalu bermigrasi dan akhirnya besar di laut, dan kembali ke air tawar untuk memijah telurnya.

5. Mackerel

Sama seperti ikan tuna, mackerel juga termasuk ke dalam jenis ikan pelagis dan sering ditemukan secara berkelompok. Sebenarnya ikan mackerel merupakan nama yang diberikan pada beberapa spesies ikan pelagis yang berbeda, khususnya dari keluarga jenis Scombridae. Ciri khasnya adalag bentuk yang bergaris-garis vertikal yang terdapat pada punggung mereka. Meskipun ikan ini termasuk ke dalam komersial sedang, namun cukup banyak disukai untuk diolah menjadi sushi yang nikmati.

Baca juga: makanan khas thailand yang paling populer di indonesia

Dari ikan yang dijelaskan di atas, tentu jenis ikan tersebut memiliki manfaat yang luar biasa. Karenanya ikan ini dijadikan sebagai olahan tambahan untuk sushi, dan rasanya yang membuat unik juga kandungan vitaminnya.

Selain ikan tersebut bisa diolah sebagai menu lain, disantap mentah juga memiliki nilai cita rasa yang nikmati. Nah, demikian beberapa jenis ikan pembalut sushi, semoga informasi di atas menambah pengetahuan kamu mengenai kudapan sushi yang lezat.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close