bisnis

5 Jenis Spons Pembersih Yang Patut Diketahui Fungsinya!

Novriadi.comJenis spons pembersih yang biasa digunakan untuk mencuci piring, gelas, mangkok dan lain sebagainya ternyata memiliki ragam dan fungsi yang berbeda. Pada umumnya spons hanya digunakan untuk mencuci saja, namun nyata ada fungsi lain.

Apabila spons digunakan secara tepat, maka ini bisa membersihkan peralatan dapur secara efektif dan mudah. Sebaliknya, jika tidak digunakan dengan tepat, maka bisa spons ini justru bisa merusak berbagai peralatan dapur.

Untuk itu, ada beberapa jenis spons pembersih yang bisa kamu ketahui sesuai dengan fungsi dan juga bentuknya seperti di bawah ini.

Jenis Spon Pembersih

Berikut ini simak bermacam – macam spons pembersih beserta fungsinya yang berbeda.

1. Spons Selulosa Terkompresi

Jenis spons pembersih pertama yaitu Spons selulosa terkompresi yaitu spons berjenis kering karena semua udaranya dihisap dahulu sebelum dikemas. Spons ini dihidrasi ulang dengan cara dicelupkan ke dalam air sehingga spons bisa membesar dan menjadi spons selulosa normal.

Spons selulosa terkompresi umumnya digunakan untuk membersihkan benda tanpa membutuhkan adanya sabun. Namun sayang, spons selulosa terkompresi memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan spons jenis lainnya.

Baca juga: usaha laundry

2. Spons Selulosa

Spons selulosa yaitu salah satu spons yang paling sering dipakai karena harganya murah di pasaran. Spons ini sering dijual dalam ukuran yang pas di tangan dan sering dijadikan pilihan dalam membersihkan beragam jenis barang dan perabot.

Spons selulosa yang memiliki keunggulan karena harganya yang relatif terjangkau, mampu memberikan daya serap yang baik, dan juga bisa digunakan dalam hal melakukan pekerjaan berat.

3. Spons Natural

Spons natural bisa didapat dari laut dan spons ini dijual dalam harga yang mahal juga lebih sulit ditemukan. Spons yang juga ramah lingkungan dan serbaguna ini, bisa digunakan untuk membersihkan kulit tubuh saat mandi, sebagai eksfoliator, membersihkan riasan, membersihkan kamar mandi, untuk mencuci piring, mencuci mobil, dan banyak lagi lainnya.

Spons ini juga memiliki keunggulan yaitu tidak mudah menyerap partikel kotoran, sehingga bisa bertahan sampai satu tahun saat dirawat dengan benar.

Baca juga: tips memilih masker kain wajib untuk dipraktekkan

4. Spons Abrasif

Lalu jenis spons pembersih ada spons abrasif yaitu sebuah spons yang terbuat dari bahan yang bersifat abrasif. Spons abrasif bisa digunakan untuk menghilangkan makanan yang sudah mengeras, umumnya pada alat untuk memasak, seperti pemanggang, panci dan wajan.

Perlu diingat, sebaiknya dihindari penggunaan spons abrasif untuk membersihkan gelas dan perabotan dengan lapisan anti lengket yang bisa terkikis dan pudar akibat bahan abrasif ini.

5. Spons Kering

Berikutnya ada spons kering yang terbuat dari campuran karet yang ditambahkan dengan bahan sabun untuk menjaga spons basah saat dikemas. Spons yang dimaksudkan yaitu untuk penggunaan dalam keadaan kering, dan menjadikannya pilihan terbaik untuk membersihkan permukaan yang tidak bisa tahan dalam kelembapan dan juga air. Spons kering harus disimpan dalam kantong plastik yang tertutup rapat supaya tidak mudah mengeras.

Ketika digunakan dengan cara yang benar, spons ini bisa menghilangkan kotoran juga endapan dengan sangat mudah. Namun kamu harus waspada dan juga berhati – hati karena spons bisa mengikis permukaan jika digunakan terlalu keras pada bahan tertentu.

Baca juga: 5 merek sikat gigi

Nah, dari beberapa penjelasan diatas tentu kamu sudah mengetahui apa saja fungsi dan juga jenis spons pembersih yang sering digunakan dalam aktivitas sehari – hari dalam membersihkan perabot dan alat – alat.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close