Kesehatan

5 Kiat Kulit Sehat Setelah Memakai Masker Lama, Patut Dicoba!

Novriadi.com – Kiat kulit sehat setelah menggunakan masker dalam waktu lama tentu bisa berdampak kepada kesehatan. Hal ini menjadi keluhan banyak wanita yang merasa jika memakai masker kulit wajah jadi kering dan mudah berjerawat. Belum lagi keluhan nafas terasa sesak dengan mengunakan masker terlalu lama.

Masalah kesehatan kulit memang menjadi hal penting karena bisa membuat penampilan kurang sehat dan terlihat tidak sedap dipandang. Perlunya perawatan untuk mengatasi hal itu semua, namun bukan berarti perawatan tersebut harus mahal atau dengan produk yang berkualitas tinggi.

Dengan beberapa kiat di bawah ini bisa mengatasi permasalahan kulit khususnya kulit wajah. Berikut simak beberapa kiat kulit sehat setelah memakai masker lama.

Kiat Kulit Sehat Setelah Memakai Masker Lama

Masker memiliki peran penting dalam mengurangi penyebaran COVID-19. Karena itu, saat ini semua orang diharuskan untuk menggunakan masker selama beraktivitas di luar rumah. Namun tentu pemakaian masker terlalu lalu bisa berakibat pada masalah kulit, nah berikut ini bagaimana kiat untuk mengatasi hal tersebut:

1. Hindari Produk Skincare yang Mengiritasi Kulit

Kiat kulit sehat setelah memakai masker lama yaitu dengan menghindari penggunaan produk kulit yang bisa membuat iritasi. Dengan memakai masker tentu bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif. Untuk mengurangi masalah kulit, maka sebaiknya hindari mencoba produk yang keras, seperti chemical peeling, eksfoliator, atau retinoid yang memunculkan ruam merah atau iritasi.

Baca juga: 5 perawatan kulit

Menurut informasi dari American Academy of Dermatology, produk seperti retinoid dan retinol bisa mengiritasi kulit. Karena itu, sebaiknya hanya gunakan produk tersebut pada malam hari, dan jangan gunakan dalam jumlah yang berlebihan untuk menghindari terjadinya masalah kulit.

2. Pilih Masker dari Bahan Lembut, Alami, dan Nyaman

Saat ini, ada banyak jenis masker wajah dari kain yang sangat mudah ditemukan di berbagai tempat. Namun dalam memilih masker yang menurutmu menarik, akan jauh lebih baik jika kamu memperhatikan bahan masker itu sendiri.

Menurut informasi dari CDC, dengan memilih masker yang terbuat dari bahan kapas karena kapas memiliki sifat yang lembut dan bisa membuat kulit untuk bisa bernapas. Selain itu, pilihan masker yang ukurannya pas, akan terasa lebih nyaman, juga rapat.

Dan, hindari masker yang terbuat dari bahan sintetis seperti poliester, nilon, dan rayon, karena bahan tersebut bisa membuat kamu mudah berkeringat, sehingga akan membuat masker selalu lembap dan bisa menyebabkan iritasi.

3. Rutin Merawat Wajah Dengan Pembersih dan Pelembap yang Ringan

Berdasarkan laman dari American Academy of Dermatology, menggunakan produk skincare yang lembut bisa mencegah terjadinya masalah pada kulit. Karena itu, pastikan jika kamu selalu membersihkan kulit wajah dengan produk pembersih yang ringan dan bebas dari pewangi.

Baca juga: 5 tips kulit mulus ala bintang korea

Selain itu, dengan terlalu sering memakai masker bisa membuat kulit menjadi lebih kering. Karena itu, selalu gunakan pelembap setelah membersihkan wajah. Karena, pelembap bisa menambah lapisan pelindung juga mengurangi masalah kekeringan pada kulit.

4. Minimalkan Riasan Wajah

Kiat kulit sehat setelah memakai masker lama berikutnya yaitu mengurangi riasan wajah berlebihan. Dikutip dari berita Independent, masker wajah bisa menciptakan daerah lembap yang dapat memengaruhi produksi sebum di kulit, lalu menyebabkan pori-pori menjadi tersumbat, iritasi, dan berjerawat. Khususnya di sekitar hidung, mulut, pipi, dan dagu. Apabila jika kulit sudah bermasalah, maka penggunaan riasan dan masker bisa memperparah masalah kulit.

Karena itu, sebisa mungkin jangan menggunakan riasan jika kamu menggunakan masker. Namun jika kamu harus menggunakan riasan, maka pakailah riasan dengan formulasi non-komedogenik dan gunakan seringan mungkin, khususnya untuk foundation, concelaer, dan bedak padat.

5. Cari Tahu Penyebab Masalah Kulit

Menurut berita dari CNBC, seringnya ruam kulit disebabkan oleh sesuatu yang terdapat pada masker, bukan karena gesekan atau kelembapan yang bersembunyi. Sebagian orang bisa mengalami alergi terhadap adanya perekat, pewarna, dan bahkan deterjen yang digunakan untuk mencuci masker tersebut.

Baca juga: tips memilih masker kain wajib untuk dipraktekkan

Untuk mengatasi masalah ini, maka cobalah ganti deterjen yang kamu gunakan saat mencuci masker dengan deterjen yang lebih lembut di kulit. Atau kamu juga bisa menghubungi dokter untuk mengetahui mengenai masalah kulit yang terjadi.

Jika masalah kulit terus terjadi, maka dengan pengobatan dokter akan lebih baik. Namun jika masih bisa diatasi dengan tips di atas, maka kamu bisa mencobanya. Itu dia kiat kulit sehat setelah memakai masker lama yang bisa kamu coba di rumah.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close