Kesehatan

5 Makan Unik Negara Yang Bikin Sehat, Patut Ditiru!

Novriadi.comMakan unik dari negara berikut patut untuk ditiru, selain makanan yang dikonsumsi adalah sehat, cara mengolahnya juga menarik. Setiap negara tentu memiliki cara makan yang berbeda, seperti di Indonesia sendiri cara makan umumnya dengan menggunakan tangan, jenis menunya juga sangat lezat dan bervariasi.

Pernahkah kamu perhatikan, ada negara yang kebanyakan penduduknya mengalami masalah berat badan juga gangguan kesehatan yang terkait dengan kondisi fisik badan, seperti obesitas, penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Namun ada juga negara yang mayoritas penduduknya memiliki tubuh yang ideal, sehat, juga berpanjang umur.

Tentu saja hal ini dipengaruhi besar dari pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsinya setiap hari. Nah, penasaran negara mana saja yang memiliki pola makan unik. Simak contoh makan unik negara yang bikin sehat berikut ini.

Contoh Makan Unik Negara yang Bikin Sehat

Salah satu faktor yang bisa mempengaruhi kondisi seperti kegemukan, penyakit jantung dan sebagainya yaitu dari kebiasaan makan yang ada di suatu negara. Jika masyarakat dalam satu negara mengadopsi pola makan yang sehat, maka masyarakatnya pasti akan sehat. Ini dia negara dengan pola makan unik dan juga sehat:

1. India

Pertama makan unik negara yang bikin sehat yaitu negara India. Masakan India yang terkenal kaya rempah dan kental akan penggunaan bumbunya yang beragam, tidak hanya menambah kelezatan makanan, namun juga memiliki manfaat kesehatan yang tinggi. Menurut kutipan dari berita Food and Function, rempah – rempah, seperti kunyit, jahe, dan cabai merah bisa membantu untuk menurunkan kolesterol dalam darah.

Bahan aromatik yang sering digunakan pada masakan, seperti bawang merah dan bawang putih juga bisa digunakan untuk menurunkan risiko penyakit jantung yang berbahaya.

Baca juga: 5 tips makan sehat ala new normal

2. Cina

Penduduk Cina memang dikenal dengan kebiasaan makan menggunakan sumpit hal ini dapat membantu makan jadi lebih lambat. Dimana makan dengan cara perlahan – lahan mampu membantu kamu makan lebih sedikit dan baik juga untuk sistem pencernaan.

Bukti dari penelitian dalam berita Dermatologia menjelaskan jika orang yang makan lebih cepat lebih akan cenderung mengalami obesitas dan memiliki penyakit yaitu kardiovaskular. Sehingga memiliki resiko lebih besar dibanding dengan cara makan yang pelan.

3. Jepang

Satu lagi kebiasaan makan orang Jepang yang lebih menekankan pada penyajian makanan dalam porsi kecil juga penampilannya yang menarik. Umumnya, makanan Jepang selalu menyajikan jenis sayuran musiman yang berwarna – warni sehingga mampu menyajikan sebuah hidangan yang menarik secara visual dan sehat untuk kesehatan tubuh.

Berdasarkan dari penelitian dalam berita Appetite, dengan menyajikan makanan dalam porsi kecil dapat membantu menjaga kalori tetap stabil, ditambah dengan macam sayuran dapat menambah asupan mineral dan vitamin yang baik bagi tubuh dalam waktu yang panjang.

Baca juga: cara memulai bisnis makanan dengan mudah

4. Ethiopia

Berikutnya makan unik negara yang bikin sehat yaitu negara Ethiopia. Dikutip dari berita Greatist, injera, santapan berbentuk roti pipih tradisional ala Ethiopia yang terbuat dari tepung teff, yang tinggi akan kandungan serat, vitamin C, juga protein. Masakan tradisional Ethiopia yang biasanya berkisar pada sayuran akar, kacang – kacangan, dan lentil, dam tidak terlalu banyak menggunakan susu juga produk hewani lain.

Makanan jenis ini sangat cocok untuk dikonsumsi sehari – hari karena terbuat dari bahan yang memiliki nutrisi tinggi dan sehat. Menu seperti ini juga bisa menjadi alternatif pengganti nasi dan olahan biji – bijian sebagai lauk pauknya yang sehat.

5. Mediterania

Negara yang terkenal dengan pola diet ala Mediterania. Diet yang diadaptasi dari pola makan orang Mediterania yang sangat sehat dan higienis. Sajian menu Mediterania tradisional tidak pernah lepas dari banyaknya olahan buah – buahan, sayuran, biji – bijian, juga kacang – kacangan, ditambah sedikit irisan daging, ikan, susu, dan minyak zaitun yang sangat menyehatkan.

Sehingga, tidak mengherankan jika orang yang menjalankan diet Mediterania tidak hanya mendapatkan berat badan ideal saja, namun juga menjadi lebih sehat dan segar.

Baca juga: kenali sejumlah makanan meningkatkan imun anak

Dari beberapa pola makan dan sajiannya, kamu bisa memilih pola makan mana yang bisa dijadikan sebagai pola diet sehat. Nah, itu tadi ulasan ringan mengenai makan unik negara yang bikin sehat dan kamu bisa mencobanya.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close