bisnis

5 Makanan Kaki Lima Di Bandung, Patut Dicoba!

Novriadi.comMakanan kaki lima di Bandung yang sudah tidak asing lagi kenikmatannya sangat dinanti bagi pecinta kuliner. Tidak puas jika berlibur ke Bandung tidak mencicipi beberapa sajian makanan yang tersedia di setiap sudut kotanya. Tidak hanya indah dan menyenangkan berlibur ke Bandung, untuk kulinernya juga sangat nikmat dan recommended.

Dari beberapa makanan yang menjadi pilihan, salah satunya makanan yang akan dibahas pada artikel berikut ini. Kamu bisa menemukan makanan lezat ini di beberapa pasar tradisional atau tempat makan yang ada di kota Bandung. Termasuk penjajah makanan ala kaki lima ini.

Nah, ingin tahu apa saja jenis makanan kaki lima di Bandung, yuk simak ulasannya di bawah ini.

Makanan Kaki Lima di Bandung

Kota Bandung memang tidak akan ada matinya jika berbicara mengenai wisata dan juga makanannya, ada saja yang baru dan menarik untuk disantap. Berikut contoh makanan yang patut kamu coba selam berlibur di Bandung:

1. Lontong kari

Pertama makanan kaki lima di Bandung yaitu lontong kari Kebon Karet yang berada di dalam gang di Jalan Otto iskandar Dinata. Lokasinya berjarak 500 meter ke arah utara dari pasar baru, dan tidak jauh dari Gedung Pakuan yang menjadi rumah dinas Gubernur.

Mulai dibuka sejak tahun 1966, lontong kari ini selalu dipenuhi oleh pembeli khususnya di pagi hari dan akhir pekan. Karena lokasinya di dalam gang, maka kamu harus parkir di pinggir jalan dan berjalan kaki sekitar 50 meter sebelum masuk ke lokasi. 

Satu porsi lontong kari di sini dengan lontong, potongan daging, bawang goreng, emping, kentang, dan sebutir telur puyuh dicampur kuah kari berwarna kuning kecokelatan yang kental dan beraroma.

Ada dua jenis lontong kari yang ditawarkan di tempat ini yaitu lontong kari biasa dan spesial, bedanya yang hanya pada potongan telur saja. Jajanan ini mulai dibuka dari pukul 07.00 sampai jam 19.00 malam. 

Baca juga: 4-rekomendasi-tempat-liburan-baru-di-bandung-yang-hits

2. Sate Hadori

Lalu ada makanan khas Indonesia yaitu Sate Hadori yang sudah ada sejak tahun 1940. Menu unggulan dari tempat ini yaitu sate kambingnya yang terkenal nikmat dan mantap.

Bahan  utama yang digunakan yaitu daging paha belakang kambing betina muda yang berusia 1-1,5 tahun. Namun di tempat ini juga tersedia juga pilihan sate ayam dan sapi juga gule. Sate yang sudah terkenal di Bandung ini memiliki pelanggan tidak hanya dari kalangan biasa namun juga pejabat salah satunya. 

3. Kedai Kopi Purnama

Kedai kopi yang sudah berdiri mulai tahun 1930 di Jalan Alkateri. Pertama kali dibuka kedai ini diberi nama Chang Chong Se yang artinya yaitu Silakan Mencoba. Selain kopi, di tempat ini kamu juga bisa mencoba menu lain seperti roti serikaya yang menjadi menu legendaris dan ada beberapa menu lain yang menggugah selera.

Tersedia juga selai serikaya buatan rumah yang resepnya dibuat dari generasi ke generasi dari sang pemilik kedai kopi ini. 

Kamu juga bisa mencicipi bubur ayam legendaris yang ada di depan kedai kopi ini. Dijamin bakal ketagihan, karena nikmatnya yang sudah tidak diragukan lagi.

Baca juga: kuliner-asli-kota-bandung

4. Cakue Osin

Berikutnya makanan kaki lima di Bandung yaiu cakue Osin yang sudah ada sejak tahun 1920, kedai penjual cakue ini dulunya hanya berjualan di dalam pasar baru dan dinamai Tjay Tat. Namun kini kedai ini berganti nama menjadi Cakue Osin dan sudah berpindah ke lokasi yang berada di Jalan Babatan.

Selain cakue, kamu juga bisa mencicipi menu sarapan ala Tionghoa seperti bubur kacang, bubur ayam, bakpia, kompia, juga kue cisongko. Uniknya untuk menu bubur kacang disajikan dengan bahan utama yaitu kacang tanah bukan kacang hijau, namun untuk rasa sudah tidak diragukan kenikmatannya.

Kedai yang buka mulai dari pagi sampai jam 11 siang saja, jadi harus lebih awal jika kamu ingin mencoba menu di tempat ini.

5. Perkedel Bondon

Makanan kaki lima lain yang ada di Bandung yaitu Perkedel Bondon. Uniknya kedai ini hanya buka di malam hari yaitu pukul 11 malam. Perkedel Bondon berjualan di daerah Stasiun Selatan Bandung dan sudah ada sejak tahun 1982.

Walau mulai berjualan di tengah malam, namun kedai ini tidak pernah sepi dan selalu dipenuhi oleh antrean dari pembeli. Namun, kamu akan diberi nomor antrean sesuai dengan kunjungan dan tidak perlu takut tidak kebagian ya.

Satu keunikan dari tempat ini yaitu masih menggunakan arang sebagai bahan bakar untuk menggoreng perkedel. Hal ini untuk tetap mempertahankan cita rasanya.

Baca juga: sejarah-kota-bandung

Jadi jika berkunjung ke Bandung, jangan lupa untuk mencoba makanan ala kaki lima di atas, biar kamu tidak penasaran. Sekian ulasan makanan makanan kaki lima di Bandung yang lezat.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close