bisnis

5 Makanan Khas Yogyakarta Yang Terkenal Dan Nikmat

Novriadi.com – Makanan khas Yogykarta yang terkenal dan nikmat menjadi satu daya tarik mengapa banyak orang yang ingin berlibur dan kembali ke kota pelajar ini. Yogyakarta tidak hanya dikenal karena wisatanya yang indah dan juga menarik, pantai yang bersih namun juga makanan khas yang menggugah selera.

Ingat penggalan lagu berjudul “Yogyakarta” yang dibawakan oleh Katon Bagaskara dan kelompoknya yang menceritakan tentang meriahnya pedagang makanan kaki lima yang ada di kota ini. Dari lagu tersebut, dapat diketahui jika kota ini memiliki makanan khas yang lezat dan juga nikmat.

Jika kamu berkunjung ke Yogyakarta jangan lupa untuk mencicipinya, dijamin buat nagih. Penasaran apa saja makanan khas Yogyakarta yang terkenal dan nikmat, berikut uraiannya.

Makanan Khas Yogyakarta

Yogyakarta memang dikenal dengan makanannya yang lezat. Sangat disayangkan jika kamu ke kota ini tanpa mencicipi makanan khas yang melegenda. Supaya kamu tidak melewatkan makanan lezat ini, berikut daftar makanan yang patut kamu coba:

1. Oseng-oseng Mercon

Pertama makanan khas Yogyakarta yang terkenal dan nikmat yaitu oseng-oseng mercon. Jika kamu tidak menyukai makanan dengan cita rasa manis dan lebih suka makanan pedas, Yogya juga memiliki makanan khas dengan rasa super pedas. Oseng-oseng mercon menjadi olahan lemak dari tulang (tetelan), dan kulit sapi yang dimasak dengan cabai dan berbagai rempah-rempah pilihan.

Penggunaan cabai yang sangat banyak membuat makanan ini memiliki cita rasa yang sangat pedas. Untuk menetralisir rasa pedas tersebut, oseng-oseng mercon disajikan bersama dengan nasi putih hangat. Jika kamu memang pecinta masakan pedas, maka patut mencoba makanan satu ini, dijamin nikmat.

Baca juga: 8 tren makanan terlezat indonesia yang booming saat ini

2. Gudeg

Gudeg menjadi salah satu makanan ikonik dari Yogyakarta. Kamu bisa menemukan puluhan bahkan ada ratusan tempat makan gudeg di kota ini. Rasanya tidak sah jika kamu berkunjung ke ini tanpa mencicipi sejumlah tempat makan khusus gudeg yang enak.

Gudeg sendiri adalah makanan dari nangka muda yang dimasak bersama santan. Pada umumnya, gudeg akan disajikan bersama dengan telur, sambel goreng krecek, ayam kampung, dan tahu yang disiram dengan kuah santan. Selain itu, gudeg juga terdiri dari tiga jenis, yaitu gudeg basah, gudeg kering, dan gudeg manggar. Semua memiliki rasa yang enak dan juga nikmat, banyak pengunjung yang sengaja datang dan membungkus makanan ini sebagai oleh-oleh tangan.

3. Krecek

Berikutnya makanan khas Yogyakarta yang terkenal dan nikmat yaitu krecek. Pada umumnya, krecek biasa dijadikan sebagai lauk pendamping makanan gudeg. Namun, makanan yang satu ini juga banyak digemari oleh masyarakat, khususnya yang tinggal di Yogyakarta. Krecek akan dimasak dengan bumbu yang pedas sehingga dapat menambah selera makan.

Bagi kamu yang belum mengenal bahan pembuatan krecek, makanan ini terbuat dari kulit sapi yang dikeringkan. Lalu sambalnya sengaja dibuat banyak untuk menutupi rasa eneg saat kamu menyantap makanan ini. Tidak hanya dijadikan lauk gudeg saja, kamu bisa bisa memakan krecek sebagai lauk pendamping nasi hangat.

Baca juga: makanan khas daerah pulau nias

4. Angkringan

Berkunjung ke Yogyakarta tidak akan lengkap tanpa mengunjungi angkringan yang sudah terkenal. Angkringan makanan khas kaki lima berupa nasi sego kucing (nasi kucing) dan aneka sate juga gorengan. Sego kucing yang dimaksud bukan berarti nasi dengan daging kucing, namun nasi dengan porsi kecil yang serupa dengan porsi makan seekor kucing.

Tidak hanya sego kucing saja, di angkringan ini kamu juga bisa menjumpai sate ceker, sate telur puyuh, sate usus, sate kerang, sate kikil, tahu tempe bacem, dan masih banyak lagi menu lainnya. Nikmati suasana malam di Yogyakarta sambil menyantap angkringan di kaki lima menambah suasana liburan menjadi menyenangkan.

5. Bakpia Pathuk

Makanan satu ini memang tidak boleh dilupa saat berkunjung ke Yogyakarta. Tidak hanya makanan berat saja, namun ada juga makanan yang lebih ringan yang berasal di Yogyakarta, yaitu Bakpia Pathuk. Bakpia sendiri adalah kua yang dibungkus dengan tepung terigu dan diberi isian berupa kacang hijau, keju, dan cokelat.

Di Yogyakarta kamu bisa dengan mudah menemukan tempat yang menjual dan membuat bakpia pathuk. Makanan ini cocok dijadikan oleh-oleh khas Yogyakarta untuk dibawa kepada kerabat dan keluarga terkasih. Rasanya yang gurih bercampur manis menambah rasanya semakin nikmat.

Baca juga: makanan khas daerah sumatera utara

Jadi, jangan lupa untuk mencoba makanan enak di atas. Semoga penjelasan mengenai makanan khas Yogyakarta yang terkenal dan nikmat, selamat mencoba.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close