Kesehatan

5 Makanan untuk Tingkatkan Imunitas saat Pandemi

Di bawah ini akan kami bagikan informasi tentang beberapa jenis makanan untuk tingkatkan imunitas. Seperti yang kita tahu, saat ini kita sedang menghadapi pandemi global berupa serangan virus COVID-19 yang menyebabkan penyakit corona. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, virus ini utamanya menyerang sistem kekebalan tubuh dan dapat menyebabkan gejala demam, hingga pneumonia.

Baca Juga : Tips Memilih Skincare Terbaik untuk Kulit Anda

Selain menerapkan protokol kesehatan seperti selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak (social distancing), kita bisa mencegah serangan penyakit ini dengan cara meningkatkan imun tubuh kita. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan untuk tingkatkan imunitas. Kira-kira apa saja, ya, makanan itu? Yuk, kita simak!

1. Paprika

Alasan mengapa paprika menjadi makanan untuk tingkatkan imunitas yang sangat efektif adalah kandungan vitamin C yang melimpah di dalamnya. Vitamin C termasuk ke dalam jenis antioksidan yang dapat meningkatkan aktivitas fagosit, yakni sel imun yang mampu memakan bakteria jahat. Selain itu, kandungan ini juga dapat meningkatkan kerja limfosit, yaitu sel imun yang berfungsi untuk menyerang sel asing dalam darah.

Paprika merah adalah jenis paprika dengan kandungan vitamin C paling banyak. Satu cangkir cincangan paprika merah bahkan mengandung vitamin C dua kali lebih banyak daripada satu buah jeruk. Sebagai tips, jangan memasak paprika terlalu panas karena dapat merusak struktur vitamin tersebut. Memakannya mentah sebagai lalapan adalah pilihan terbaik.

2. Brokoli

Brokoli kaya akan vitamin C dan E sebagai antioksidan yang bisa melawan bakteri dan virus penyebab penyakit. Selain itu, brokoli juga mengandung phytochemical, folat, dan potasium yang tinggi dan menjadikannya sebagai sayur atau makanan untuk tingkatkan imunitas paling efektif. Jangan memasaknya dengan panas yang terlalu tinggi agar struktur kimia yang baik di dalamnya tidak rusak.

Baca Juga : Rekomendasi HP Multitasking untuk Mudahkan Pekerjaan

3. Yogurt

makanan untuk tingkatkan imunitas

Nah, untuk makanan yang satu ini, mengandung bakteri probiotik yang sangat baik untuk menstimulasi dan meregulasi sistem imun tubuh. Studi menunjukkan bahwa yogurt juga menjadi anti-infalmmatory yang bagus. Namun, sebaiknya Anda menghindari yogurt yang mengandung gula buatan dan perasa. Pilihlah yogurt dengan pemanis alami seperti madu, yang juga berfungsi sebagai antiviral.

4. Biji Bunga Matahari

Untuk makanan yang satu ini cocok sekali untuk dikonsumsi sebagai teman nonton film di rumah. Biji bunga matahari bisa menjadi alternatif camilan yang sehat karena kaya akan vitamin E, jenis antioksidan yang paling kuat untuk membantu tubuh mencegah terjadinya infeksi virus dan berbagai penyakit. Meskipun kecil, biji bunga matahari ini juga mengandung fosfor, magnesium, vitamin B-6, dan fitosterol yang juga dapat mencegah kanker.

5. Jahe

Selanjutnya ada jahe, golongan rempah yang seringkali diburu untuk meningkatkan imunitas. Ya, kandungan yang ada dalam jahe terbukti mampu mencegah terjadinya infeksi, termasuk RSV virus. Selain gingerol, komponen lain yang ada di dalam jahe seperti shoagols dan paradols juga berkontribusi sebagai anti-inflammatory, anti kanker, dan anti-oxidative.

Ada banyak sekali pilihan dan cara untuk mengonsumsi jahe. Anda bisa mengiris dan menyeduhnya sebagai minuman. Anda juga bisa memasukkannya dalam masakan atau olahan yang lain.

Demikian tadi adalah beberapa makanan untuk tingkatkan imunitas yang bisa Anda konsumsi agar terhindar dari serangan COVID-19 maupun penyakit-penyakit lain. Asalkan kita menerapkan protokol kesehatan, tidak terlalu stres, berpikir positif, dan memiliki imunitas yang baik, kita akan lebih terhindar dari dampak-dampak buruk yang disebabkan oleh virus ini. Sekian, semoga bermanfaat dan selalu jaga kesehatan!

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close