Kesehatan

5 Makanan Yang Baik Bagi Penderita Diabetes, Patut Dicoba!

Novriadi.comMakanan yang baik bagi penderita diabetes berikut ini baik dikonsumsi untuk mengurangi kadar gula dalam darah. Penyakit diabetes atau disebut dengan kencing manis menjadi penyumbang tertinggi dari angka kematian penyakit serius. Diabetes jenis penyakit tidak menular namun dapat diwariskan secara genetik dari orangtua yang memiliki riwayat sebelumnya kepada anak. Dan juga bisa disebabkan karena pola makan yang tidak sehat.

Masih sebagian orang yang berpendapat jika seseorang yang mengidap penyakit diabetes tidak boleh banyak ngemil. Namun ternyata hal ini salah, bagi penderita diabetes masih bisa untuk ngemil. Namun perlu di ingat, harus memilih jenis camilan yang tepat dan sesuai dengan anjuran dokter. Agar kondisi gula darah tidak meningkat drastis.

Berikut ini beberapa contoh jenis makanan yang baik bagi penderita diabetes yang bisa kamu ketahui.

Jenis Makanan Sehat Bagi Penderita Diabetes

Supaya kamu tidak salah memilih camilan karena menghindari gula darah ini, lebih baik kamu mencari tahu aneka camilan apa yang cocok dan sehat untuk kamu seperti berikut ini:

1. Kacang Almond

Pertama jenis makanan yang baik bagi penderita diabetes yaitu kacang almond yang mengandung mineral mangan, protein, magnesium, lemak segar, serat dan juga vitamin B. Dalam paket lengkap untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi penderita diabetes. 

Dilansir dari studi berita Journal Metabolic Syndrome and Related Disorders yang menjelaskan jika kacang almond memiliki manfat besar untuk menjaga kestabilan gula darah seseorang.

Selain itu juga, kacang almond memiliki khasiat yang bisa membantu kesehatan jantung juga dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Baca juga: kenali-sejumlah-makanan-meningkatkan-imun-anak

2. Buah

Berikutnya buah, menjadi pilihan camilan sehat juga tepat, terutama bagi penderita diabetes. Selain rasanya yang segar, semua sudah tahu jika buah kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Tidak semua buah  tentu bisa dikonsumsi, karena ada beberapa buah yang mengandung kadar gula sangat tinggi. Tentu hal itu tidak baik bagi para penderita penyakit diabetes. 

Kamu bisa mengkonsumsi buah-buahan segar dengan porsi yang cukup untuk camilan di saat lapar. Contoh buah yang di anjurkan seperti 1 buah pisang segar, atau sepotong apel berukuran sedang, atau pilih buah yang memiliki kadar gula yang rendah.

3. Telur Rebus

Satu ini yaitu jenis camilan sederhana dan sehat yaitu telur rebus. Dengan nilai gizi yang terkandung dalam telur rebus sudah tidak bisa diragukan lagi. Kaya akan gizi, vitamin, nutrisi yang penting bagi penderita diabetes.

Telur rebus yang kaya akan biotin dan asam lemak omega 3 yang di percaya bisa mencegah peradangan dan komplikasi yang disebabkan akibat diabetes.

Selain itu juga, telur rebus dapat bermanfaat untuk memperlambat penyerapan glukosa dan mengurangi nafsu makan yang berlebihan dan ini bisa mengurangi gula daran meningkat.

Baca juga: 5-makanan-khas-yogyakarta

4. Yoghurt

Lalu jenis makanan yang baik bagi penderita diabetes yaitu ada yoghurt yang merupakan minuman olahan susu yang bisa kamu konsumsi, dan baik untuk yang mengidap diabetes. Minuman yang khas dengan rasa asam ini juga mampu memberikan asupan protein dan probiotik yang baik bagi penderita diabetes. 

Dengan rasanya yang sedikit asam dan segar, sangat cocok dijadikan makanan untuk ngemil kamu saat sedang santai atau hanya sekadar menunda rasa lapar datang.

5. Popcorn

Makanan yang terbuat dari jagung yaitu popcorn, seringkali kita jumpai saat berada di bioskop dan menjadi camilan favorit saat menonton film. Namun tahukah kamu, kalau ternyata popcorn ini bisa menjadi camilan sehat dan lezat bagi penderita diabetes. 

Popcorn yang mengandung cukup serat juga rendah kalori, menjadi camilan rekomendasi bagi penderita diabetes. Berbeda dengan popcorn pada umumnya, dimana bagi penderita diabetes popcorn yang diolah tidak memerlukan tambahan mentega, garam, juga gula. Sehingga aman untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes. 

Namun jika kamu ingin menikmati rasa pada popcorn ini, kamu juga bisa menambahkan bubuk rempah sesuai selera.

Baca juga: cara-memulai-bisnis-makanan-dengan-mudah

Nah, itu dia tadi beberapa jenis makanan yang baik bagi penderita diabetes. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi pengetahuan baru bagi penderita diabetes.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close