Kesehatan

5 Manfaat Minyak Eucalyptus Yang Patut Diketahui, Anti Virus!

Novriadi.comManfaat minyak Eucalyptus yang jarang orang ketahui selain untuk mengatasi masuk angin ternyata ada beberapa khasiat lainnya. Di musim pandemi dan cuaca yang tidak menentu penggunaan minyak menjadi salah satu cara untuk mengatasi gejala masuk angin, flu, batuk dan sebagainya.

Minyak Eucalyptus sudah dikenal akan kehangatannya dan juga harum baunya. Sering dipakai untuk anak balita agar badan menjadi hangat, atau dijadikan sebagai minyak urut. Kesegaran wanginya membuat siapa saja tertarik, sekarang kemasan dan olahan minyak ini banyak diinovasikan dalam bentuk yang unik seperti roll on, minyak kemasan, cream dan sebagainya.

Artikel berikut ini akan dijelaskan mengenai manfaat minyak eucalyptus selain untuk mengatasi masuk angin yang patut diketahui.

Manfaat Minyak Eucalyptus Bagi Kesehatan

Eucalyptus yang sedang ramai diperbincangkan sejak adanya kalung antivirus corona keluaran dari Kementerian Pertanian RI (Kementan). Jika berbicara khasiat eucalyptus memang memiliki khasiat yang melimpah, contohnya seperti di bawah ini:

1. Eucalyptus Untuk Perawatan Gigi

Manfaat minyak eucalyptus pertama yaitu untuk perawatan gigi. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh sebuah jurnal yaitu Journal of Periodontology, zat antibakteri dan antimikroba yang terdapat pada ekstrak kayu putih sudah dimanfaatkan untuk digunakan dalam beberapa obat kumur. Untuk menjaga kesehatan gigi, ekstrak kayu putih memiliki khasiat dalam bekerja memerangi bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi juga infeksi pada gusi. Sehingga dengan berkumur dengan kandungan eucalyptus menghindari bakteri dan juga jamur yang merusak gigi.

Baca juga: 5 tips makan sehat ala new normal

2. Mengurangi Nyeri Otot dan Sendi

Adanya zat anti-inflamasi pada minyak kayu putih, sangat bekerja apabila kamu sedang mengalami nyeri otot setelah berolahraga atau jika menderita sakit kronis pada otot dan sendi yang disebabkan oleh kondisi tertentu. Caranya cukup campurkan satu atau dua tetes ekstrak Ecaulyptus dengan minyak essensial seperti minyak kelapa, argan, atau minyak jojoba lalu gosokkan pada bagian yang sakit dengan gerakan memutar secara rutin. Penggunaan minyak ini membuat rasa nyeri mereda dan memberikan sensasi tenang pada kulit.

3. Mengurangi Ketombe

Manfaat lain dari kayu putih yang belum diketahui yaitu untuk mengurangi ketombe. Hal ini karena kandungan anti-jamur dalam minyak kayu putih bisa mengatasi malassezia jamur, penyebab ketombe yang paling sering terjadi. Cara pemakaiannya yaitu dengan mencampur dua sampai empat tetes minyak kayu putih dengan satu hingga dua sendok makan minyak kelapa, lalu oleskan ke kulit kepala, tunggu 20 menit, lalu bilas sampai bersih. Gunakan secara rutin, maka ketombe yang membandel akan hilang.

Baca juga: protokol kesehatan covid 19 wajib di ketahui

4. Mengatasi Pilek dan Masalah Pernapasan

Berikutnya manfaat minyak eucalyptus yaitu untuk mengatasi pilek dan masalah pernafasan pada anak. Sebagian dari kita mungkin tidak asing lagi dengan khasiat minyak kayu putih karena digunakan sebagai obat luar yang dioleskan ke tubuh saat terserang flu atau masalah pernapasan. Beberapa peneliti merekomendasikan untuk menggunakan daun segar eucalyptus dalam obat kumur yang juga berfungsi untuk meredakan sakit tenggorokan, sinusitis, dan bronkitis. Dan, uap minyak kayu putih dapat bekerja sebagai obat untuk meredakan hidung tersumbat saat dihirup. Tentu saja minyak ini menjadi obat rumahan yang populer untuk mengatasi pilek juga bronkitis khususnya pada anak – anak.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Berdasarkan data dari jurnal yang dipublikasikan oleh BMC Immunology, bahwa minyak kayu putih atau Eucalyptus bisa digunakan untuk merangsang respons sistem kekebalan tubuh atau imun.

Para peneliti menemukan jika minyak kayu putih mampu meningkatkan respon fagositik sistem kekebalan terhadap patogen. Fagositosis yaitu proses di mana sistem kekebalan tubuh mengkonsumsi dan menghancurkan partikel asing yang masuk kedalamnya. Sehingga mampu membuat kekebalan tubuh meningkat.

Baca juga: 5 tips makan sehat ala new normal

Dari beberapa manfaat minyak eucalyptus tentu bisa digunakan dalam kegiatan atau pemakaian sehari – hari. Minyak ini baik digunakan oleh anak – anak sampai orang dewasa. Penggunaan yang rutin juga bisa mencegah dari masuk angin dan gejala flu.

Nah, itulah tadi beberapa uraian singkat mengenai manfaat minyak eucalyptus, semoga bisa menjadi kegunaan yang baik dalam menjaga kesehatan di masa pandemi sekarang ini.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close