Uncategorized

5 Manfaat Minyak Oregano, Anti Bakteri!

Novriadi.comManfaat minyak oregano yang dipercaya ampuh untuk menjaga kesehatan, karena memiliki kandungan antibiotik yang ditakuti bakteri. Minyak oregano yang terbuat dari oregano yang dikenal sebagai tanaman herbal juga sering digunakan sebagai penyedap makanan di negara kawasan Mediterania, Asia Tengah negara Asia Selatan.

Memiliki aroma yang khas membuat tanaman ini kaya manfaat, bagi sebagian yang asing dengan minyak ini akan dibahas apa saja manfaat yang bisa diambil. Selain menjadi olahan makanan juga menjadi olahan minyak berkhasiat bagi kesehatan.

Untuk mengetahui apa saja manfaat minyak oregano bagi kesehatan, simak beberapa ulasannya seperti di bawah ini.

Manfaat Minyak Oregano

Minyak oregano memiliki kandungan zat seperti carvacrol dan timol, dua senyawa aktif yang berperan dalam melindungi terhadap racun juga mampu melawan infeksi jamur. Simak, apa saja manfaat dari minyak oregano berikut ini:

1. Mengusir Serangga dan Rasa Gatal

Manfaat minyak oregano yang sering digunakan sebagai penghilang rasa gatal dan mampu mengusir serangga. Tahun 2017 para peneliti menemukan jika kandungan carvacrol dan thymol menjadi senyawa dalam oregano yang memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh.

Jika kamu ingin mencoba khasiat dari minyak ini sebagai obat oles gata dan serangga bisa membelinya di toko obat baik di apotik, secara online sudah tersedia dengan berbagai ukuran. Cara pakainya cukup dioles pada area yang gatal dan ingin dijauhi dari gigitan serangga. Karena, sifat anti-inflamasi minyak oregano bisa meredakan ruam, rasa gatal, dan pembengkakan yang disebabkan gigitan serangga dan lainnya.

Baca juga: 5 manfaat minyak eucalyptus

2. Melawan Bakteri

Dengan dikemas dengan antioksidan yang tinggi, minyak oregano termasuk antibiotik alami karena terdapat kandungan carvacrol yang mampu membantu melawan bakteri seperti dikutip dari media luar negeri. Salah satu bakteri yang sering menyerang tubuh manusia yaitu staphylococcus aureus, merupakan bakteri yang mampu menyebabkan keracunan dan infeksi pada kulit.

Uji tes yang pernah dilakukan dengan penelitian pada 14 ekor tikus yang terinfeksi oleh bakteri staphylococcus aureus, lalu dicoba dengan obat dari minyak oregano dan hasilnya mampu meningkatkan kelangsungan hidup tikus tersebut selama 30 hari. Data menyebutkan bahwa tikus yang diberi obat oleh minyak oregano ini memiliki harapan hidup sampai 50% dibandingkan dengan tikus yang menerima antibiotik biasa.

3. Mengatasi Alergi

Dikutip dari laman berita The Healthy, bahwa minyak oregano yang mengandung anti-inflamasi mampu memodifikasi bagaimana sistem kekebalan tubuh bisa merespon dengan baik munculnya alergen potensial. Sehingga bisa dimanfaatkan dalam mengatasi terjadinya alergi dengan mengurangi gejalanya.

Hal inilah yang membuat minyak oregano menjadi obat alami untuk mengatasi timbulnya alergi akibat faktor tertentu. Baik digunakan untuk anak di atas 6 tahun dan juga orang dewasa.

Baca juga: 5 tanaman alami turunkan hipertensi

4. Melindungi Radikal Bebas

Berikutnya manfaat minyak oregano yaitu mampu melindungi dari radikal bebas. Radikal bebas adalah masalah serius yang terjadi pada tubuh yang harus diobati. Jika dibiarkan begitu saja tanpa ada pengobatan, maka akan merusak ketahanan tubuh yang bisa berkembang menjadi penyakit serius seperti kanker juga penyakit jantung.

Sudah diketahui jika radikal bebas banyak menyebar di sekitar kita dan minyak oregano merupakan produk alami untuk metabolisme. Karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut minyak oregano bisa menjadi pilihan untuk mengobati akibat dari radikal bebas ini.

Dipercaya minyak oregano memiliki konsentrasi antioksidan yang tinggi. Setelah diteliti bersama dengan tanaman lain seperti thyme, marjoram, dan st. john’s wort. Ternyata oregano menempati posisi pertama sebagai tanaman yang mengandung 3-30 kali lipat kadar antioksidan paling banyak. Karena itu, minyak oregano mampu untuk melindungi tubuh dari radikal bebas.

5. Menurunkan Kolesterol

Sebuah penelitian yang dilakukan pernah menguji 48 orang yang memiliki riwayat kolestrol tinggi. Sekitar 32 orang diantaranya diminta untuk diet dan memulai gaya hidup sehat. Sedangkan peserta sisanya diminta melakukan hal sama hanya saja para peneliti memberikan ekstrak minyak oregano untuk dikonsumsi setelah makan.

Setelah tiga bulan berlalu, peserta yang diberi minyak oregano memiliki LDL (kolesterol jahat) yang lebih rendah dan kolesterol HDL (baik) yang lebih tinggi dibanding peserta yang tidak mengkonsumsi minyak oregano.

Hal tersebut menandakan jika minyak ini memang bisa membantu menurunkan tingkat kolestrol dalam tubuh.

Baca juga: manfaat buah alpukat bagi tubuh

Nah, demikian tadi beberapa ulasan mengenai manfaat minyak oregano yang bisa kamu ketahui.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close