umum

5 Olahan Daging Menu Korea, Paling Enak Dan Favorit!

Novriadi.com – Olahan daging menu Korea yang sekarang banyak diminati orang Indonesia sudah bisa kamu nikmati di berbagai resto Korea. Sajian daging merah yang diracik bersama bumbu khas negeri gingseng memberikan cita rasa tidak hanya unik tapi nikmat juga menggoda. Selera Indonesia yang menyukai rasa pedas bisa menjadi paduan dalam mencicipi olahan daging ala Korea ini.

Jika kamu berlibur ke Korea, maka kamu bisa mencoba beberapa menu olahan daging ini. Namun, di Jakarta sendiri sudah banyak tersedia menu daging di restoran Korea, hanya saja bumbunya sudah disesuaikan dengan cita rasa lidah orang Indonesia.

Jika kamu penasaran dengan olahan daging menu Korea ini, simak beberapa contoh sajian yang bisa kamu coba.

Olahan Daging Menu Korea

Negara Korea tidak hanya kaya akan judul drama dan filmnya saja, namun olahan masakannya juga menjadi perhatian banyak orang karena unik dan nikmat. Di bawah ini contoh menu olahan daging ala Korea yang bisa kamu temukan di negara asal dan di Indonesia:

1. Samgyetang

Pertama olahan daging menu Korea yaitu Samgyetang, Menu sop namun berbeda dengan sup dari Indonesia, samgyetang atau sup ginseng dibuat dari bahan ayam muda utuh yang direbus bersama dengan tanaman ginseng, ditambah bawang putih. Sebelum dimasak, bagian perut ayam harus dibersihkan terlebih dahulu batu diganti dengan nasi dan jujube atau kurma Korea.

Baca juga: 5 makanan khas yogyakarta

Uniknya, menu samgyetang ini banyak disajikan ketika masuk musim panas. Ini karena kebanyakan orang Korea percaya jika mengkonsumsi ginseng akan membantu melawan penyakit juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imun.

2. Samgyeopsal

Bagi kamu pecinta KDrama pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Karena, makanan ini sering muncul dalam banyak adegan drama Korea dan menjadi makanan favorit.

Menu Samgyeopsal yang artinya daging tiga lapis yang berasal dari perut babi. Hal ini karena perut babi adalah bagian daging yang paling mahal dan rasanya enak. Orang Korea mengkonsumsi makanan ini ketika mereka merayakan sesuatu momen.

Di restoran Korea, pelayan akan memanggang dan memotong samgyeopsal langsung di depan tamu. Bukan hanya daging panggang saja, hidangan ini juga dilengkapi dengan campuran seperti saus, bawang putih, jalapeno, kimchi, dan selada sebagai media untuk membungkus daging.

3. Seolleongtang

Jika dibandingkan dengan menu samgyetang, seolleongtang lebih terdengar asing. Namun bukan berarti rasanya juga tidak lezat, hanya saja jarang terdengar dan di expose.

Seolleongtang adalah menu sup daging sapi dengan kuah putih yang berasal dari rebusan daging juga tulang sapi. Berbeda seperti makanan lain yang bisa diolah secara cepat, mengolah menu seolleongtang memakan waktu cukup lama. Hal ini karena daging dan tulang yang direbus selama beberapa jam sampai daging sapi benar – benar lembut.

Baca juga: makanan khas thailand yang paling populer di indonesia

Supaya lebih nikmat lagi, seolleongtang diberi tambahan bumbu seperti garam, lada hitam, bawang merah, bawang putih. Menu seolleongtang paling nikmati jika disajikan ketika udara musim dingin.

4. Bulgogi

Berikutnya olahan daging menu Korea yaitu bulgogi yang juga menjadi hidangan favorit warga Korea. Menu dengan irisan tipis daging sapi yang sudah diasinkan sebelumnya dan dipanggang bersama bawang putih untuk menambah rasa nikmat.

Hal unik dari bulgogi yaitu cara penyajiannya yang terbilang tradisional. Sehingga daging panggang yang sudah matang, kemudian dibungkus dengan selada, dan dicelupkan ke samjang atau pasta dari cabai pedas.

5. Bossam

Satu lagi menu bernama bossam yang merupakan makanan tradisional Korea dari bahan daging babi yang diiris tipis lalu dikukus dengan macam sayuran seperti selada, bit, dan kol. Apabila menu ini disajikan di rumah, maka daging babi yang sudah dimasak dengan lembut dan disajikan dengan nasi dan kimchi, juga bersama saus udang.

Baca juga: makanan khas daerah pulau nias

Namun berbeda jika kamu mengkonsumsinya ala restoran. Karena beberapa restoran menyediakan menu banchan atau makanan pendamping yang bervariasi bersama alkohol sebagai minuman pendukung.

Satu hal yang harus diingat, tidak semua menu makanan Korea aman dikonsumsi terutama bagi wisatawan yang muslim. Jadi sebelum kamu memesan makanan, pastikan kamu sudah tahu apa yang akan kamu makan atau paling tidak bertanya kepada pelayan mengenai hidangan yang akan kamu pesan.

Nah demikian ulasan mengenai olahan daging menu Korea, semoga bermanfaat.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close