Kesehatan

5 Penyakit Kucing Bisa Menular Ke Manusia, Waspadai!

Novriadi.comPenyakit kucing yang bisa menular ke manusia sudah ada dari dahulu, kucing dikenal sebagai hewan lucu dan menggemaskan sebagai hewan peliharaan. Namun, siapa sangka dibalik kelucuannya kucing menyimpan beberapa jenis penyakit yang mana bisa menular ke manusia. Jika kucing di rumah dalam kondisi tidak sehat sebaiknya segera diobati dan dikarantina sampai kondisinya benar – benar sehat.

Walau terkesan kucing hewan yang ramah dan baik kepada manusia, tidak mungkin memiliki penyakit yang bisa ditularkan. Namun, hewan ini terbilang memiliki penyakit tersebut, jika kondisi hewan semakin memburuk dan diakibatkan oleh parasit, virus dan bakteri hal ini yang patut diwaspadai.

Berikut ini kenali beberapa penyakit kucing yang bisa menular ke manusia.

Jenis Penyakit Kucing yang Bisa Menular ke Manusia

Ketahuilah semua mahluk hidup di bumi ini cenderung memiliki penyakit yang bisa ditularkan ke manusia, tidak dipungkiri salah satunya termasuk kucing:

1. Toxoplasma

Penyakit kucing yang bisa menular ke manusia pertama yaitu Toxoplasma , sebuah penyakit yang berasal dari kotoran kucing yang mengandung parasit Toxoplasma gondi. penyakit ini sangat berbahaya khususnya bagi ibu hamil, karena bisa menyebabkan gangguan pada kehamilan.

Karena itu disarankan ibu hamil yang memiliki kucing di rumah untuk tidak menyentuh feses kucing jika terlihat kucing sedang sakit. Karena akibat dari penyakit ini maka janin mengalami perkembangan yang lambat. Dan dalam kasus infeksi yang lebih berat, bisa terjadi keguguran atau kematian janin dalam kandungan.

Baca juga: 8-hewan-pembawa-wabah-berbahaya-wajib-diketahui

2. Bartonellosis

Penyakit bartonellosis ini disebabkan karena adanya bakteri yang ada pada anjing atau kucing. Bakteri ini bisa berpindah ke manusia melalui gigitan dan juga cakarannya. Infeksi bakteri Baktonella henselae bisa menyebabkan demam dan pembesaran getah bening pada manusia.

Gejala awal bisa berupa muncul papula atau benjolan berukuran kecil dan terlihat beberapa hari setelah kejadian dicakar atau digigit. Benjolan ini dinamakan “inoculation lesion”, yaitu saat terdapat luka tempat bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

3. Scabies

Penyakit ini serupa dengan ringworm, namun disebabkan oleh binatang tungau. Scabies bisa membuat kulit gatal dan berbentuk benjolan berisi cairan. Pada kucing penyakit ini sering menyerang pada kulit, sehingga membuat kulit kucing terlihat seperti ketombe yang tebal.

Bahkan dalam kasus yang berat, kucing akan terluka kulitnya dan menjadi botak. Jika kucing kamu menderita penyakit maka harus segera diobati minimal salep, suntik dan memandikannya dengan sabun khusus. Sehingga tidak menimbulkan gejala yang bisa menular ke manusia.

Baca juga: 6-tren-ikan-hias-tercantik

4. Ringworm

Lalu penyakit kucing yang bisa menular ke manusia yaitu Ringworm yang merupakan jamur yang biasanya terdapat pada kulit kucing atau anjing. Dengan kontak langsung dengan hewan ini bisa menularkan jamur kepada manusia. Ciri khas ringworm yaitu gatal dan ruam merah yang berbentuk bulat di kulit.

Jika kucing peliharaan kamu terdeteksi memiliki penyakit ini, maka harus segera diobati dengan konsultasi ke dokter hewan. Atau bisa merawat di rumah dengan memberikan salep khusus dan dimandikan dengan sabun khusus untuk menghilangkan kuman pada kulit kucing. Selagi kucing masih terinfeksi ringworn hindari untuk kontak langsung.

5. Cacingan

Tidak hanya manusia saja yang bisa terkena sakit cacingan, namun juga kucing baik itu kucing dewasa, anak kucing bisa terkena cacingan. Tiga jenis cacing yang biasa menyerang kucing yaitu cacing gelang, tambang, dan pita. Melalui air liur atau kotoran kucing yang mengandung telur juga larva, bisa menempel pada manusia.

Jika kucing di rumah diketahui muntah dan mengeluarkan kotoran berupa cacing, maka segeralah berikan obat cacing manusia dengan dosis sesuai. Atau konsultasikan ke dokter hewan jika kondisi semakin parah. Selama kucing kamu dalam kondisi sakit alangkah baiknya tidak menyentuh langsung dan biarkan kucing dalam kondisi di karantina sampai sembuh.

Baca juga: httperbedaan-virus-dan-bakteri-beserta-bahayanya-yang-wajib-diketahui

Nah, itulah tadi penjelasan mengenai penyakit kucing yang bisa menular ke manusia, semoga menjadi perhatian dan manfaat.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close