Pemrograman

5 Ragam Hacker Di Dunia, Jitu Dan Canggih!

Novriadi.comRagam hacker di dunia yang saat ini semakin canggih dan juga lihai dalam membobol software pada PC, laptop dan media teknologi lainnya. Dunia hacker memang dikenal sebagai dunia kejahatan, dimana pelakunya memiliki niat tidak baik untuk menjebol pertahanan dari software tertentu. Tentu saja jika pembobolan berhasil akan kehilangan data rahasia dan pribadi yang bisa digunakan secara tidak bertanggung jawab.

Hacker adalah suatu panggilan bagi seseorang, yang lihai mengendalikan suatu sistem dalam sebuah situs atau website melalui jarak jauh dengan teknik tertentu. Walau terlihat canggih, namun tidak selamanya hacker memiliki peranan yang baik justru lebih banyak sebaliknya.

Untuk itulah, perlu diketahui ragam hacker di dunia yang bisa disimak dari ulasan di bawah ini:

Jenis Hacker di Dunia

Contoh hacker yang ada di dunia dan masih beroperasi sampai saat ini:

1. Grey hat

Pertama ragam hacker di dunia yaitu grey hacker. Hacker satu ini tida mudah diketahui ruang aktivitasnya. Hal ini dikarenakan seseorang yang bekerja dibaliknya dapat berperan sebagai hacker antagonis atau juga bisa sebagai hacker protagonis, tergantung dari situasi dan kondisi. Sehingga tidak heran jika memang hacker seperti ini, tidak bisa dipercaya secara penuh. Bisa saja hacker ini bekerja secara baik, namun tidak jarang justru sebaliknya.

Baca juga: 7-tren-teknologi-baru-saat-pandemi-corona-yang-menguntungkan

2. Black hat

Black hat adalah sebuah istilah untuk seorang hacker, yang paling sering dikenal oleh orang-orang, yaitu seorang hacker yang memiliki tujuan jahat dalam melakukan pembobolan data. Tidak hanya mengambil keuntungan untung memperkaya diri saja, namun hacker antagonis ini juga bisa mengambil alih sebuah sistem secara mudah dan juga mengambil data-data penting lain yang dia inginkan. Ini lah mengapa yang membuat black hat hacker dikenal sangat berbahaya dan sering dianggap kriminal. 

3. Script kiddie

Hacker yang satu ini, belum termasuk ke dalam kategori hacker yang berbahaya karena memang masih sangat pemula. Hacker jenis ini biasanya mencoba untuk meretas situs dan web dengan menggunakan skrip yang sebelumnya sudah tersedia. Tujuannya yaitu hanya untuk mempelajari pemograman teknologi dengan tingkat profesional. Untuk memperkaya dalam artian pembobolan belumlah menjadi target utamanya.

Baca juga: huawei-freebuds-3 

4. White hat

Lalu ragam hacker di dunia yaitu white hat. Dimana dalam karakter antagonis, di sini pasti ada karakter kebalikannya. Dalam dunia hacker, white hat adalah jenis hacker baik yang melakukan hal positif dengan tujuan bik pula. Seseorang yang bekerja di dalamnya, biasanya akan mencoba mencari titik lemah dari suatu sistem dan memberikan solusi agar sistem tersebut tidak mudah ditembus atau diretas oleh hacker yang bertujuan tidak baik. 

5. Hacktivist

Lalu ada hactivist, pernahkah kamu melihat beberapa situs-situs yang dibajak dengan tulisan bernada protes. Sebetulnya orang yang ada dibaliknya bisa disebut sebagai seorang hacktivist.  Seseorang dengan peran tersebut, biasanya memiliki tingkat perduli yang tinggi dan menyampaikan aspirasinya melalui situs dan web yang besar. Tentu dengan tujuan sesuai yang diinginkan.

Baca juga: teknologi-canggih-yang-terinspirasi-dari-binatang

Itulah tadi beberapa ragam hacker di dunia, semoga bisa menjadi manfaat.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close