umum

5 Rekomendasi Buku untuk Anak 2 Tahun

Memilih buku untuk anak 2 tahun memang memerlukan kejelian agar bacaan tersebut bisa benar-benar sesuai dengan si kecil. Untuk kelompok usia 2 tahun, Aanda bisa memilih buku-buku dengan ilustrasi yang kreatif untuk melatih imajinasi dan kemampuan berbahasanya. Pada usia ini, anak juga memiliki fokus perhatian yang pendek. Sehingga, pilihlah buku dengan cerita yang pendek dan sederhana.

Baca Juga : 4 Berita tentang COVID-19 yang Menghebohkan

Kunci yang paling penting saat mendorong anak untuk membaca adalah dengan bersenang-senang bersama. Ketika anak menikmati bacaannya, itu artinya ia sudah belajar. Interaksi positif dengan buku akan mengembangkan rasa suka terhadap buku. Sehingga, selagi ia tumbuh, ia akan termotivasi untuk mencari buku atau bahan literasi lainnya. Nah, berikut ini adalah rekomendasi buku untuk anak 2 tahun:

1. Seri Anak Hebat

Di dalam seri ini terdapat beragam judul, seperti “Aku Senang Berbagi”, “Aku Senang Berteman”, “Aku Senang Membantu”, “Saat Aku Senang”, “Saat Aku Sedih”, dan lain-lain. Buku terbitan Noura Publishing ini adalah boardbook yang dipenuhi warna, kosakata baru, dan bertujuan untuk membentuk kepribadian anak serta meningkatkan kreativitasnya.

2. Seri Rabbit Hole

buku untuk anak 2 tahun

Seri “Rabbit Hole” ini menjadi salah satu buku untuk anak 2 tahun karena di dalamnya terdapat beragam tema yang menarik dengan pesan positifnya masing-masing. Poin plus utama dari seri ini adalah pada alat peraga yang dapat membantu anak mengenali berbagai macam indera, mulai dari sentuhan, rasa, suara, visual, dan lain-lain. Beberapa judul di dalam seri ini, contohnya “Cilukba”, “Hop”, “Suara Apa Itu?”.

3. Ilokids Busy Book Volume 1

Nah, untuk buku yang satu ini, cocok sekali digunakan untuk memudahkan anak mengenal angka. Berbahan kertas tebal dan dilaminasi, membuat buku ini nyaman dibawa kemanapun bersama si kecil. Di tiap lembarnya terdapat permainan interaktif yang tidak membuat anak cepat bosan. Ilokids Busy Book Volume 1 akan mengajak anak mengenal angka, jumlah, lawan kata, bentuk, serta dilengkapi peta mini yang lucu.

4. My First Peekaboo

Rekomendasi buku untuk anak 2 tahun yang selanjutnya adalah “My First Peekaboo”. Di dalam buku ini terdapat pop up yang akan menambah keceriaan anak dalam membaca. Kata peekaboo juga berarti cilukba di dalam bahasa Indonesia, dan itu akan dikenalkan dengan cara menarik tanda panah yang ada di dalam buku. Maka figur Lion atau singa akan muncul dengan tiba-tiba. Menyenangkan, bukan?

5. Seri Cerita Klasik

Selanjutnya, ada buku-buku dari seri Cerita Klasik yang bisa Anda berikan untuk si kecil. Beberapa judul yang ada di dalam seri ini adalah “Dr. Seuss’s ABC”, “The Snowy Day”, “Ten Little Fingers and Ten Little Toes”, “Little Blue Truck”, “Spot’s Busy Day”, “Goodnight Moon”, “May I Bring A Friend?”, “The Very Hungry Caterpillar”, dan Counting Kisses”.

Baca Juga : 6 Tips Atasi Hoax dan Cara Mengeceknya

Dengan format board books, buku-buku ini mengenalkan konsep tentang bentuk, warna, binatang, kegiatan sehari-hari, dan hal-hal lain yang ada di lingkungan sekitarnya. Masing-masing judul di dalam seri ini juga membawa tema, kisah, dan pesan positif yang berbeda-beda dan dijamin tidak membuat anak cepat bosan.

Nah, itu dia tadi 5 rekomendasi buku untuk anak 2 tahun yang bisa Anda berikan untuk si kecil. Bagaimanapun juga, membaca adalah kegiatan yang sangat positif karena dapat menambah kekayaan pengetahuan. Mengajarinya untuk mencintai buku sedari kecil akan membuatnya tumbuh menjadi pribadi yang suka membaca dan berwawasan luas.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close