Teknologi

5 Robot Terbesar Di Dunia, Unik Dan Canggih!

Novriadi.comRobot terbesar di dunia yang didesain selain untuk memudahkan pekerjaan manusia, juga memiliki fungsi yang unik dan menarik untuk diketahui. Sudah tidak asing lagi jika robot saat ini mulai banyak dikembangkan sebagai media untuk membantu meringankan pekerjaan dalam skala besar.

Tentu kamu pernah menonton film buatan Hollywood yang bertemakan robot masa depan. Nah, saat ini sudah ada beberapa jenis robot yang serupa namun fungsi dan tujuannya yang berbeda. Robot sendiri yaitu sebuah mesin yang di program dengan komputer. Dan memiliki kemampuan melakukan pekerjaan yang kompleks, baik dengan dikendalikan oleh manusia atau secara otomatis.

Nah, untuk tahu apa saja jenis robot terbesar di dunia yang ada saat ini, simak ulasannya berikut.

Jenis Robot Terbesar di Dunia

Sebuah robot memang diciptakan untuk membantu dan meringankan pekerjaan manusia, namun tentu ada pro dan kontra. Sejauh ini sudah banyak sekali robot yang dibuat oleh manusia, dan berikut robot yang terbesar saat ini yang ada:

1. Robot Handle

Robot terbesar di dunia pertama yaitu robot handle. Pembuat robot dari perusahaan Boston Dynamics tidak ketinggalan membuat robot dengan ukuran yang cukup besar. Robot Handle adalah robot dua roda dengan tinggi 2 meter memiliki jangkauan maksimal sampai 3 meter.

Robot yang mirip seperti burung unta ini bisa terbilang sederhana, namun sangat efektif. Posisi kerja robot ini sering digunakan di gudang, ia mampu menganalisis kotak apa yang ada di hadapannya dan ke mana kotak tersebut harus diangkut.

Baca juga: iot

2. Robot Eagle Prime

Lalu ada Eagle Prime adalah sebuah robot raksasa dengan berat 12 ton dengan tinggi 5 meter, walau ia memiliki kemampuan untuk bergerak sangat lincah. Robot ini menjadi juara gulat robot kelas berat yang berasal dari Amerika, Eagle Prime berhasil mengalahkan robot Kurata yang berasal dari Jepang. Dengan 2 lengan kuat yang dimilikinya, robot ini hampir mampu menghancurkan apa saja yang ada di depannya. Robot yang sangat besar dan cukup menakutkan ya.

3. Robot Athlete

Nama robot Athlete adalah singkatan dari All-Terrain Hex-Limbed Extra-Terrestrial Explorer. Robot yang memiliki 6 kaki dengan bentuk seperti laba-laba ini dibuat oleh NASA dan dijadikan sebagai robot penjelajah di permukaan bulan. Memiliki jangkauan 6 meter, Athlete bisa bergerak dengan kecepatan 10 km/jam di atas permukaan bulan, dan mampu membawa modul di atasnya mencapai seberat 450 kilogram. Robot yang pertama untuk menjelajah bulan sampai saat ini.

Baca juga: teknologi-canggih-yang-terinspirasi-dari-binatang

4. Robot Mononofu

Berikutnya robot terbesar di dunia yaitu Mononofu yang saat ini memegang rekor sebagai robot humanoid terbesar, memiliki tinggi 8,5 meter dan berat mencapai 7 ton. Robot Mononofu yang dalam pengerjaannya butuh selama 6 tahun dilengkapi dengan ruang kemudi di balik dada. Sehingga siapapun bisa menjadi pilot robot besar ini. Robot satu ini juga mampu bergerak dengan kedua kakinya, namun sayang kecepatannya hanya 1 km/jam saja.

5. Robot Fanuc M-2000IA

Robot jenis ini merupakan derek stasioner yang bisa melakukan gerakan 6 manuver dan gerakan presisi yang membutuhkan daya angkat besar. Memiliki lengan raksasa yang bisa beroperasi sendiri melalui program komputer siap bekerja tanpa henti. Robot Fanuc M-2000IA mampu mengangkat beban lebih dari 2.000 kilogram. Memiliki tinggi mencapai 4,3 meter, membuat robot Fanuc M-2000IA terlihat seperti raksasa dibanding robot sejenisnya.

Baca juga: jaringan-internet-5g

Nah, itu tadi penjelasan mengenai robot terbesar di dunia, yang bisa kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close