Kesehatan

5 Rekomendasi Tanaman Alami Turunkan Hipertensi, Khasiat Kesehatan!

Novriadi.comTanaman alami turunkan hipertensi yang terdapat pada beberapa jenis olahan makanan, memiliki kandungan vitamin dan juga nutrisi yang baik untuk mencegah penyakit. Semua orang tentu menginginkan tubuh yang sehat. Berbagai usaha untuk menjaga tubuh supaya tetap fit dilakukan, mulai dari menjaga pola makan sampai rajin berolahraga.

Namun terkadang, ada saja godaan untuk mencicipi aneka makanan seiring dengan semakin banyaknya menu baru yang bermunculan saat ini. Indonesia masuk ke dalam lima negara dengan angka kematian terbesar yang diakibatkan oleh tingginya tekanan darah sistolik. Untuk kamu yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi, tentu saja sebaiknya menghindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung garam juga lemak berlebih.

Untuk itu, berikut ini anjuran beberapa tanaman alami turunkan hipertensi yang patut kamu ketahui:

 Jenis Makanan Untuk Mencegah Hipertensi

Jika kamu merasa takut dikala menyantap makanan favorit karena takut tensi meningkat, maka kamu bisa mengantisipasinya dengan mengkonsumsi jenis tanaman di bawah ini:

1. Kentang

Pertama tanaman alami turunkan hipertensi yaitu kentang. Kentang yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi, menjadikan kentang sebagai salah satu makanan pokok di beberapa negara. Di Indonesia sendiri, kentang diolah menjadi berbagai macam makanan untuk menemani waktu santai, seperti kentang goreng atau keripik kentang. Tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan camilan tersebut, dinikmati dikala luang dan santai. Kentang juga memiliki kandungan potassium yang cukup tinggi dan baik untuk penderita tekanan darah tinggi sebagai penurunnya.

Namun, menurut penelitian, cara mengolah kentang itu sendiri yang menjadikan kentang memiliki peran sebaliknya. Contohnya seperti kentang yang digoreng, dengan kandungan minyak dan garam yang ditambahkan, akan membuat kentang justru harus dihindari oleh penderita darah tinggi. Karena itu, cukup olah kentang dengan dikukus saja agar khasiatnya lebih dapat bisa dinikmati dan tanpa menghilangkan kadar nutrisinya.

Baca juga: 5 tips makan sehat ala new normal

2. Bawang Putih

Tanaman satu ini tentu setiap orang mengenalnya yaitu bawang putih sebagai salah satu bumbu dapur yang memiliki aroma khas. Dibalik perannya dalam menambah citarasa masakan, ternyata bawang putih juga memiliki khasiat untuk menurunkan tekanan darah atau hipertensi.

Dikutip dari healthline.com, bahwa bawang putih memiliki senyawa kuersetin yang merupakan senyawa anti-inflamasi. Senyawa ini mampu untuk membantu menurunkan tekanan darah. Jika kamu malas atau tidak suka memakannya karena aromanya yang kuat, maka kamu bisa meminimalisir dengan meminum air rebusan bawang putihnya saja.

3. Brokoli

Saat ini, telah banyak olahan dari sayur brokoli yang siap memanjakan lidah. Mulai dari sayuran tumisan, sampai menjadikannya sebagai sup. Ragamnya menu masakan menggunakan brokoli ini tidak lain karena manfaatnya yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh. Sayuran hijau memang dikenal memiliki kandungan potassium yang tinggi. Termasuk pula yang terkandung pada sayuran brokoli. Dimana penelitian berhasil meneliti jika brokoli juga mengandung glukorafanin yang baik untuk menurunkan adanya tekanan darah.

Baca juga: 5 aplikasi kesehatan rekomendasi untuk mengontrol harian anda

4. Daun Seledri

Berikutnya tanaman alami turunkan hipertensi yaitu daun seledri. Kurang lengkap jika memasak sayur sup tanpa menambahkan daun yang satu ini. Seledri digunakan sebagai garnish atau pelengkap masakan, daun seledri ternyata juga memiliki khasiat bagi yang menderita tekanan darah tinggi.

Menurut pengamat, daun seledri mengandung kandungan magnesium dan potassium yang bisa membantu mengatur juga mengontrol tekanan darah. Dengan mengambil beberapa batang daun seledri, lalu potong menjadi beberapa bagian, tambahkan air, dan diblender. Konsumsi jus seledri secara rutin untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Buah Bit

Buah yang memiliki warna merah keunguan ini ternyata juga bisa dikonsumsi sebagai penurun tekanan darah. Data dari medicalnewstoday.com, buah bit memiliki kandungan nitrat yang tinggi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, kandungan dalam buah bit tersebut bisa melawan peningkatan adanya tekanan darah yang dikarenakan konsumsi garam berlebih. Dengan rutin minum jus buah bit segelas per hari, maka mampu membantu mengontrol tekanan darah tinggi.

Baca juga: kenali sejumlah makanan meningkatkan imun anak

Tekanan darah yang meningkat sebetulnya bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Selain dari pola makan, faktor stress juga dapat memicunya. Walaupun sudah mengkonsumsi jenis tanaman di atas, namun kamu harus tetap mengontrol pikiran juga emosi. Selalu menjaga pikiran dan tubuh tetap rileks supaya tekanan darah tidak meningkat. Jika kondisi semakin serius maka dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter ahli ya.

Nha, itu tadi beberapa ulasan mengenai tanaman alami turunkan hipertensi yang bisa dijadikan sebagai ilmu untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close