Kesehatan

5 Teh Yang Bisa Turunkan Berat Badan, Patut Dicoba!

Novriadi.comTeh yang bisa menurunkan berat badan sudah dikenal memang menjadi minuman sehat yang menenangkan. Tidak hanya bermanfaat sebagai minuman sehat saja namun juga kandungan nutrisi dalam minuman teh dipercaya bisa digunakan untuk program diet atau menurunkan berat badan ideal.

Teh termasuk salah satu jenis minuman yang disukai oleh banyak orang. Selain rasanya yang nikmat juga memiliki efek menenangkan, manfaatnya untuk tubuh juga beragam. Sehingga minuman ini menjadi minuman wajib bagi sebagian orang. Teh juga memiliki ragam warna mulai dari teh hijau sampai teh putih yang memiliki khasiat berbeda.

Untuk tahu apa saja manfaat teh yang bisa menurunkan berat badan, berikut ulasannya.

Teh Untuk Menurunkan Barat Badan

Teh yang dipercaya menjadi minuman segar dan menyehatkan, juga bisa berkhasiat untuk menurunkan berat badan, simak ulasannya seperti berikut:

1. Teh putih

Teh yang bisa menurunkan berat badan pertama yaitu teh putih. Teh putih atau white tea bisa dibilang berbeda dengan jenis teh lainnya. Teh ini menggunakan daun yang masih muda dan saat proses pembuatannya terbilang singkat atau diproses secara minimal. Dari sisi rasa, teh yang berasal dari Tiongkok ini memiliki rasa yang lembut dan sedikit manis.

Beberapa penelitian, yang diterbitkan dalam jurnal “Cancer Prevention Research” tahun 2010, “Journal of Food Science” tahun 2010, dan “Journal of Nutrition & Metabolism” tahun 2009, menjelaskan jika teh putih bisa membantu mengurangi lemak, menyusutkan berat tubuh, dan berkhasiat membunuh sel kanker.

Baca juga: 5-tanaman-alami-turunkan-hipertens

2. Teh oolong

Lalu ada teh oolong yaitu teh tradisional asal Negeri Tirai bambu yang teroksidasi sebagiannya. Teh dengan tingkat oksidasi dan warnanya berada antara teh hijau beserta teh hitam.

Teh yang dikenal menyegarkan dengan aroma buah yang harum dan rasa yang unik. Dengan, ketajaman aroma yang sangat bergantung pada tingkat oksidasi teh.

Dalam berita medis “Chinese Journal of Integrative Medicine” tahun 2009, dimana penelitian yang menunjukkan kemampuan teh oolong bisa menurunkan berat badan, dengan cara mempercepat pembakaran lemak dan metabolisme tubuh.

3. Teh hijau

Memang teh hijau dikenal memiliki banyak kegunaan bagi kesehatan. Karena ternyata teh hijau alias green tea dianggap paling efektif untuk menurunkan berat badan ideal.

Berdasarkan sebuah penelitian dalam jurnal “Physiology & Behavior” tahun 2008, bahwa mengkonsumsi teh hijau selama 3 bulan secara teratur bisa mengurangi angka timbangan sekitar 3,3 kg.

Temuan yang juga didukung oleh penelitian lainnya dikatakan jika teh hijau dinilai efektif menurunkan berat badan karena mengandung zat katekin, yakni antioksidan alami yang bisa meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak. Hal ini juga berlaku untuk teh jenis matcha, teh hijau bubuk murni asal Jepang.

Baca juga: 5-fakta-minuman-soda

4. Teh herbal

Teh yang satu ini menjadi teh untuk menurunkan berat badan, dengan menggunakan campuran daun teh, tanaman herbal, rempah, dan juga buah-buahan yang sudah diseduh dengan air panas.

untuk jenis teh ini tidak menggunakan daun teh dari tanaman Camelia sinesis yang mengandung kafein, namun berbagai herbal lain seperti teh jahe, teh rosehip, teh kembang sepatu, dan teh rooibos.

Walau bahan dan formulasi teh herbal sangat bervariasi, namun dari penelitian yang dirilis pada jurnal “Phytomedicine” menemukan, jika teh herbal tetap bisa membantu tubuh dalam mengurangi lemak dan menormalkan kadar hormonal.

Dalam secangkir teh tidak hanya menawarkan efek menenangkan dan kesehatan bagi tubuh saja, namun juga bisa membantu untuk menurunkan berat badan.

5. Teh hitam

Lalu ada teh hitam yaitu jenis teh yang sudah mengalami oksidasi lebih tinggi jika dibandingkan dengan teh lain seperti teh oolong, teh kuning atau yellow tea, teh putih, dan teh hijau.

Dimana oksidasi pada teh merupakan reaksi kimia yang sering terjadi saat daun teh terkena ke udara, sehingga menghasilkan warna kecokelatan yang membuat daun teh berwarna hitam.

Jenis teh hitam sangat beragam. Seperti ada teh congou dari Tiongkok, teh Darjeeling dan teh Assam dari India, dan teh Ceylon dari Sri Lanka. Untuk teh campuran contohnya ada Earl Grey, English Breakfast, dan masala chai.

Dengan berbagai penelitian, semua jenis teh hitam bisa dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan. Beberapa teori menjelaskan jika efek penurunan berat badan dari teh hitam berasal dari kandungan zat flavon yang tinggi. Flavon yaitu sejenis pigmen tumbuhan yang bersifat antioksidan sehingga baik untuk tubuh dan juga diet.

Baca juga: 5-efek-minuman-jika-langsung-diminum-dari-kaleng-berbahaya

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai teh untuk turunkan berat badan, jangan lupa untuk menjaga pola makan dan juga olahraga teratur sehingga mampu membentuk berat badan secara ideal.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close