bisnis

5 Tips Jitu Cara Promosi Usaha Baru

Novriadi.com – Untuk Anda yang baru saja merintis bisnis, tentu penting sekali untuk mengetahui bagaimana cara promosi usaha baru yang baik dan tepat. Setelah Anda merancang produk atau jasa yang ingin ditawarkan dengan maksimal, langkah penting selanjutnya adalah memiikirkan bagaimana agar produk tersebut menemukan target konsumennya.

Baca Juga : 7 Tips Promosi di Media Sosial yang Ampuh

Perencanaan marketing ini sangat penting, karena sebaik apapun produk Anda, jika promosi yang dilakukan kurang tepat, maka produk Anda akan sulit laris dan menghasilkan keuntungan. Namun jangan khawatir, di bawah ini kami akan berbagi tips-tips jitu cara promosi usaha baru yang bisa Anda lakukan:

1. Cara Promosi Usaha Baru Promosi Langsung

Untuk Anda yang baru membuka usaha baru, promosi langsung bisa jadi bentuk promosi konvensional yang efisien. Dalam hal ini, jangan meremehkan kekuatan promosi dari mulut ke mulut yang dilakukan oleh pelanggan Anda di awal-awal pembukaan. Penting sekali untuk kemudian memaksimalkan layanan yang Anda berikan, sehingga pelanggan merasa puas dan membagikan pengalamannya ke calon konsumen lain.

2. Manfaatkan Media Sosial

Media sosial bisa menjadi alat marketing yang sangat kuat, terutama di era digital seperti saat ini. Jika Anda baru membuka usaha, manfaatkan marketplace gratis yang sedang diminati saat ini sebagai cara promosi usaha baru, seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan lain-lain.

Cara Promosi Usaha Baru

Atau, Anda bisa juga memanfaatkan platform gratis seperti Blogger atau WordPress untuk meletakkan foto dan informasi-informasi yang bisa diakses calon pembeli. Nantinya, jika usaha Anda sudah semakin berkembang, Anda bisa membuat website khusus ataupun memasang iklan berbayar di Facebook Ads atau Instagram Ads yang lebih masif.

3. Memasang Banner Iklan atau Stiker

Jika Anda memiliki toko atau kantor offline, memasang banner iklan adalah cara promosi yang cukup penting dilakukan. Sebab dengan begitu, orang-orang yang lewat dapat segera mengetahui usaha Anda. Buat banner iklan atau stiker semenarik mungkin, singkat, padat, dan berisikan informasi tentang produk barang atau jasa yang Anda jual.

Lakukan riset mengenai desain visual terkini dan psikologi warna seperti apa yang bisa menarik calon pembeli. Untuk toko atau kantor offline ini, Anda bisa juga mendaftarkannya ke Google Map. Hal ini agar calon pembeli bisa menemukan usaha Anda dengan lebih mudah.

4. Manfaatkan Momentum

Selain cara promosi usaha baru di atas, Anda bisa juga memanfaatkan momentum hari tertentu seperti Idul Fitri, Tahun Baru, liburan sekolah, dan lain-lain. Pada hari-hari tersebut Anda bisa memberikan promo-promo khusus, sebab pada saat tersebut, daya beli konsumen biasanya sangat tinggi. Pemberian diskon atau promo tertentu akan membuat pelanggan semakin tertarik untuk membeli produk Anda.

5. Bekerja sama dengan Komunitas atau Event

Anda bisa juga bekerja sama dengan komunitas-komunitas atau event tertentu, dengan menyediakan produk Anda. Sebab di acara-acara tersebut, akan banyak orang yang hadir dan bisa menjadi target konsumen Anda. Namun pastikan produk Anda sesuai dengan apa yang memang dibutuhkan peserta komunitas dan event tersebut. Dengan begitu, Anda sudah membantu sekaligus melakukan promosi.

Baca Juga : 4 Tempat Wisata Amsterdam yang Wajib Dikunjungi

Demikian tadi adalah beberapa cara promosi usaha baru yang bisa Anda lakukan untuk menarik minat semakin banyak konsumen. Tentunya dalam membangun usaha, diperlukan juga mindset seorang entrepreneur, seperti tekad yang kuat, ulet, berani mengambil risiko, dan pantang menyerah. Namun, jangan lupa untuk tetap menikmati setiap perjalanannya, ya.

Semoga informasi di atas bisa membantu Anda, dan terus ikuti novriadi.com untuk artikel bermanfaat lainnya.  Salam sukses!

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close