umum

5 Tips Kuliah Online Agar Nilai Tidak Turun, Patut Dicoba!

Novriadi.com – Tips kuliah online agar nilai yang diharapkan tetap tinggi dan tidak turun. Semenjak diberlakukannya SPPB karena pandemi covid 19, tidak hanya anak sekolah saja yang belajar dari rumah, tapi mahasiswa juga diharuskan belajar melalui online. Tentu hal ini membuat banyak mahasiswa wajib mengikuti semua tutorial dari dosen melalui tatap muka online.

Tidak jarang dari para mahasiswa merasa hal ini tidaklah efektif, mereka kuatir nilai yang didapat akan mengalami penurunan. Dari berbagai faktor kuliah online tidak seoptimal kuliah langsung. Namun, sebaiknya apapun kuliahnya tidak dijadikan sebagai beban, karena baik belajar langsung dan online semua tergantung darimana seorang siswa bisa mengatasi kesulitan tersebut.

Nah, berikut ini ada beberapa tips kuliah online agar nilai tidak turun, kamu bisa mencobanya ya.

Tips Kuliah Online Mencapai Nilai Terbaik

Ada beberapa mahasiswa yang mengalami kesulitan untuk mengikuti kuliah online. Berbagai kendala yang dihadapi mahasiswa saat mengikuti kuliah online, namun ada tips yang bisa kamu ikuti supaya semua masalah tersebut bisa diatasi:

1. Jangan Lupa Absensi dan Aktif Saat Kuliah Online

Tips kuliah online agar nilai tidak turun pertama yaitu saat kuliah online, kehadiran mahasiswa bisa menjadi hal penting untuk menunjang nilai. Untuk itu kehadiran dan siswa yang aktif saat kuliah online bisa mempengaruhi nilai yang kelak diperoleh.

Ada beberapa dosen mengeluhkan mahasiswa jika kuliah online video dimatikan. Sehingga terkesan mereka enggan untuk kuliah, padahal salah satu hal untuk mendongkrak nilai ya dengan melakukan video sebagai kehadiran dan aktif atau tidak siswa tersebut.

Baca juga: 5 usaha sampingan untuk mahasiswa yang pasti sukses

2. Jangan Tunda Mengerjakan Tugas Kuliah

Yang kedua apabila mahasiswa diberikan tugas oleh dosen, sebaiknya langsung dikerjakan. Dan hindari menumpuk tugas tersebut karena belum tentu setiap tugas itu mudah dan bisa dikerjakan dalam waktu yang cepat.

Sehingga hal tersebut tidak membuat siswa menjadi malas, dengan tugas justru seharusnya bisa dilakukan dengan mood yang baik. Tugas juga menjadi salah satu penilaian yang diberikan oleh dosen untuk mengetahui siswa serius ataukah tidak.

3. Bangun Suasana dan Mood Menyenangkan

Mahasiswa dan dosen juga perlu membangun suasana belajar virtual agar terlihat asyik dan tidak membosankan. Contohnya mahasiswa bisa dengan memakai pakaian yang rapi dan make up seperti saat datang ke kampus.

Atau menggunakan hal menarik hatinya agar pada saat melakukan video tampak mood yang lebih baik. Atau bisa melakukan sesi pertanyaan kepada dosen bersangkutan untuk menambah mood saat kondisi malas. Hal ini bisa membuat siswa menjadi lebih fokus dan semangat.

Baca juga: 10 daftar sekolah dinas indonesia gratis yang wajib diketahui

4. Cepat Beradaptasi

Tentunya dengan kebiasaan baru ini banyak siswa yang agak canggung atau sulit beradaptasi. Kegiatan belajar yang biasa dilakukan secara langsung namun dilakukan secara online bisa menjadi hal tidak biasa.

Namun dengan beradaptasi dengan cepat diharapkan siswa bisa kuliah seperti normal. Hal ini untuk meningkatkan kegiatan perkuliahan menjadi lebih baik dan kondusif. Memang kuliah online cenderung membuat malas, tapi jika diikuti secara aktif justru menjadi hal baru yang menarik. Dan kamu akan menemukan banyak perbedaan jika dibandingkan belajar langsung.

5. Jangan Mudah Menyerah

Lalu tips kuliah online agar nilai tidak turun yaitu tidak mudah menyerah. Dimana kuliah online yang tidak bisa saling tatap muka secara langsung tentu bisa saja menghambat proses belajar mengajar. Namun, hal tersebut jangan dijadikan sebagai alasan untuk bermalas – malasan. Jika kamu sebagai siswa calon akhir semester patut untuk pantang menyerah, karena hal ini menjadi titik keberhasilan yang bisa diraih.

Dengan kecanggihan teknologi, maka sepatutnya siswa bisa memanfaatkan metode kuliah online sebagai sarana belajar lebih kreatif. Ada sisi positif dan tentu ada sisi negatifnya, namun dengan semangat pantang menyerah semua kesulitan yang didapat akan sirna. Dengan semangat dan keyakinan semua kuliah online lebih mudah dipelajari maka tidak akan tersia – sia usaha maksimal kamu.

Baca juga: pendidikan ekonomi jurusan dengan peluang tinggi

Selama pandemi berlangsung mau tidak mau proses kuliah online akan tetap berjalan. Karena itu kamu harus bisa memiliki tips jitu agar hal ini tidak membuat daya belajar menurun yang berimbas pada nilai yang didapat. Tetap terapkan prinsip ingin berhasil dan mendapa hasil maksimal sehingga perjuangan kamu tidak akan luput dari keberhasilan.

Semoga uraian di atas mengenai tips kuliah online agar nilai tidak turun menjadi manfaat dan selamat mencoba.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close