Kesehatan

5 Tips Makan Sehat Ala New Normal, Yang Patut Diketahui

Novriadi.com – Tips makan sehat dalam rangka new normal yang bisa kamu jadikan acuan untuk memilih menu sehat dan higienis. Di berlakukannya new normal hampir di seluruh Indonesia, tidak membuat begitu saja kelonggaran dalam beberapa aspek. Diantaranya yaitu memilih menu sehat, untuk menjaga tubuh tetap fit dan mencegah penularan covid 19 maka diperlukan tidak hanya bahan makanan yang sehat.

Namun penting juga untuk menjaga dan mengatur pola makan sehat yang tepat. Di masa pandemi menyadarkan kita untuk mengutamakan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang agar daya tahan tubuh terjaga dan meningkat. Karena virus ini rentan dengan kondisi tubuh yang menurun.

Karena itu berikut ini ketahuilah tips makan sehat ala new normal, yang patut diketahui.

Tips Makan Sehat Masa New Normal

Berikut beberapa kebiasaan makan sehat yang sangat baik diterapkan supaya tubuh tidak mudah sakit. Seperti apakah pola makan sehat itu?, simak uraiannya di bawah ini:

1. Atur Jadwal Makan

Hal pertama yang bisa dilakukan dalam memilih makan sehat yaitu dengan membuat jadwal makan teratur. Waktu makan yang tepat untuk makan besar dan makanan camilan. Hal tersebut penting diperhatikan karena selama pandemi, saat seseorang stres karena karantina atau terinfeksi virus maka secara psikologi nafsu untuk makan menjadi tidak teratur. Khusus anak – anak , Ikatan Dokter Anak Indonesia atau IDI menyarankan jadwal makan besar sebanyak 3 kali sehari dan jadwal makan camilan sebanyak 2 kali sehari di sela waktu makan besar. Untuk dewasa minimal 3 kali sehari untuk makan besar, dan camilan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Baca juga: 8 tren makanan terlezat indonesia yang booming saat ini

2. Perhatikan Keamanan Makanan

Tips makan sehat ala new normal yaitu dengan memperhatikan keamanan makanan. Dengan menggunakan 5 kunci keamanan makanan yang harus diterapkan sesuai standar WHO dan BPOM, yaitu:

• Mencuci tangan dahulu dan peralatan masak sebelum mengolah makanan.

• Memisahkan antara peralatan memasak dan wadah untuk makan mentah dan matang.

• Memasak dengan cara yang benar dan matang.

• Menyimpan makanan sesuai dengan suhu aman sesuai anjuran.

• Gunakan air bersih dan bahan makanan yang aman, bebas dari pencemaran fisik seperti kerikil, steples, pasir, tanah, untuk biologis seperti rasa dan bau yang busuk, kimia berbahaya seperti bahan pestisida, herbisida, serta menggunakan air jernih yang tidak berbau dan terasa.

3. Bijak Memilih Makanan Olahan

Berdasarkan data dari WHO, makanan yang tidak aman yaitu awal mula dari malnutrisi dan lebih dari 200 penyakit, yang bisa saja menyerang orang yang rentan seperti anak kecil dan para orang tua. Disarankan oleh BPOM untuk lebih teliti memilih makanan olahan mana yang sehat dan higienis dengan memperhatikan beberapa acuan berikut:

• Kemasan: pastikan jika kemasan produk dalam kondisi baik, tidak berlubang, sobek, karatan, basah dan penyok.

• Label: sebelum membeli bahan makanan maka baca informasi pada label produk dengan teliti dan hati – hati.

• Kedaluwarsa: pastikan apabila membeli makanan dalam kemasan untuk mengecek tanggal yang tidak melebihi batas kedaluwarsa pada label produk.

• Izin edar: Pastikan setiap bahan makanan kemasan yang dibeli memiliki izin edar dari Badan POM. Kode BPOM RI MD diikuti 12 digit angka untuk makanan olahan produksi dalam negeri. BPOM RI ML diikuti 12 digit angka untuk makanan olahan impor, dan P-IRT diikuti 15 digit angka untuk makanan olahan hasil industri rumah tangga.

Baca juga: makanan penurun asam urat

4. Perhatikan Konsumsi Gula, Garam dan Lemak

Selanjutnya tips makan sehat ala new normal yaitu dengan memperhatikan dan mengurangi konsumsi seperti gula, garam, lemak. Berdasar kepada Permenkes Nomor 30 tahun 2013 tentang Pencantuman Informasi Kandungan Gula, Garam, dan Lemak Serta Pesan Kesehatan Pada Pangan Olahan dan Pangan Siap Saji, maka anjuran mengkonsumsi bahan tersebut adalah:

  • Gula: 10% dari total energi (200 kkal) per orang dan per hari. Hal ini sebanding dengan 50 gram gram atau 4 sendok makan.
  • Garam: 2000 mg natrium per orang dan per hari atau sama dengan 1 sendok teh (5 gram).
  • Lemak: 20-25% dari total energi (702 kkal) per orang dan per hari. Ini sebanding dengan 67 gram lemak atau 5 sendok makan.

5. Terapkan Konsep ‘Piringku Seimbang’

Sedangkan untuk panduan pola makan sehat di tengah pandemi yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang banyak engandung gizi seimbang. Isi piringku seimbang adalah sebuah panduan makan sehat yang meliput dalam satu piring makan berisi lauk-pauk, buah-buahan, sayuran, dan menu makanan pokok. Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, C, E, B6, dan B12, zinc, dan juga zat besi, seperti buah pisang, sayuran berdaun hijau tua, kacang-kacangan, dan produk susu. Hal ini menjadi penting untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat.

Baca juga: makanan khas daerah pulau nias

Dengan menjaga pola makan dan menu makanan sehat, maka kekebalan tubuh terhadap virus khususnya covid 19 bisa diatasi. Dengan begitu kamu bisa melindungi kesehatan tubuh secara optimal.

Sekian informasi mengenai 5 tips makan sehat ala new normal yang patut diketahui, semoga menjadi manfaat ya.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close