bisnis

5 Trik Penggunaan Keuangan di Era Pandemi Harus Anda Ikuti

Penggunaan keuangan di era pandemi merupakan pengeluaran yang digunakan di masa corona ini. Namun, mengingat maraknya penyebaran virus corona memang membuat segala hal jadi terhambat. Mulai dari sekolah, pekerjaan, aktivitas harian, hingga penghasilan pun jadi terhambat.

Baca Juga : 5 Wisata Bali yang Instagramable Kerap Jadi Objek Selebgram

Banyak orang yang pengangguran karena terkena PHK menjadikan mereka miskin pemasukan. Oleh karenanya, tentu saja perlu dikembangkan penghematan finansial agar kondisi keuangan dapat bertahan lebih lama. Terlebih anda, generasi milenials. Bagaimana trik jitu mengatur kondisi pengeluaran yang baik?

Tips Jitu Mengatur Penggunaan Keuangan di Era Pandemi

Selalu Prioritaskan Kebutuhan

penggunaan keuangan di era pandemi

Trik Jitu penggunaan keuangan di era pandemi salah satunya adalah dengan mengutamakan kebutuhan di atas segala-galanya. Dengan mengutamakan kebutuhan, pengeluaran anda dapat diminimalisir sekecil mungkin. Apa lagi membeli barang-barang yang tidak penting, hal ini akan menjadikan uang anda boros.

Membeli barang-barang yang sesuai kebutuhan bisa dikategorikan seperti halnya bahan pangan untuk keseharian, pakaian, serta tempat tinggal. Ketiga kategori tersebut merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi setiap manusia. Selebihnya, pembelian lainnya masuk ke kebutuhan sekunder.

Lakukan Menabung

Penggunaan keuangan di era pandemi memang harus digunakan sehemat mungkin, terlebih jika anda dalam kondisi pengangguran. Meskipun memiliki pekerjaan dan penghasilannya tidaklah besar, jangan lupa untuk melakukan penyimpanan uang untuk masa yang akan datang. Berapa pun nominalnya.

Karena kita hidup di masa sekarang, jadi tidak tahu hal apa yang akan terjadi di masa mendatang. Sehingga mempersiapkan segala sehat sebelum sakit, kaya sebelum miskin adalah hal yang tepat sekali. Ingatlah kata pepatah, “sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit”.

Jangan Lupa untuk Berasuransi

Menyiapkan segala antisipasi sebelum hal buruk terjadi adalah hal yang harus anda lakukan. Salah satunya, seperti halnya mengikuti program asuransi ternyata lumayan membantu apabila anda terkena penyakit yang mengharuskan di mrawat di rumah sakit.

Karena biaya rawat rumah sakit tidaklah sedikit, asuransi bisa membantu anda untuk meringankan biaya. Mulai dari biaya penanganan, perawatan hingga penginapan atau opname. Umumnya asuransi juga didapatkan dari sejenis perusahaan tempat anda bekerja, atau bank tempat anda menabung.

Lakukan Investasi

Untuk menyiapkan kehidupan masa depan yang lebih cemerlang, pastikan anda telah siapkan dana untuk berinvestasi, walaupun sedikit. Salah satu kegiatan berinvestasi yang menguntungkan sampai kapan pun jua adalah investasi rumah. Meski zaman sudah ganti, dengan invrstasi rumah harganya akan tetap.

Tidak ada penurunan harga, juga anda nantinya tidak akan mengalami kerugian yang berarti dalam menjual rumah. Malah yang anda, jika anda mau berinvestasi rumah harganya kian bertambah. Hal ini sangat berbeda sekali dengan investasi alat transportasi, yang harganya justru kian turun. Terlebih saat kondisinya sudah second.

Menentukan Tujuan Memiliki Uang

Untuk apa anda memiliki uang? Hal ini perlu ditanyakan ke dalam diri pribadi. Mungkin, memang terdengar sangat sepele sekali. Padahal, penggunaan uang tegantung dari tujuan anda memiliki uang itu sendiri. Jika anda tidk mengingat mana kala tujuan yang harus anda capai dengan pundi rupiah, bisa saja tabungan anda boros.

Baca Juga : 5 Aplikasi Streaming Musik dengan Lagu-Lagi Terasik

Berbeda halnya jika anda mengetahui untuk apa kepemilikan uang tersebut. Maka seingin apa pun anda dalam hal membeli sesuatu maka anda akan menahan dana tersebut sampai dirasa benar-benar butuh. Sehingga penggunaan keuangan di era pandemi ini memang dirasa sangat penting sekali.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close