wisata

5 Wisata Budaya Indonesia yang Semakin Mendunia

Wisata budaya Indonesia sangat melimpah sekali. Mulai dari yang berkaitan dengan sejarah suatu daerah, hingga mengandung nilai-nilai moral pun tersebar di seluruh negara Indonesia. Terlebih jika kita mengingat betapa banyaknya kepulauan mulai dari yang kecil-kecil hingga besar seperti Jawa.

Keaneka ragaman inilah yang menjadikan negara Indonesia kaya akan budaya. Bahkan, saking banyaknya wisata budaya di Indonesia sampai menjadi sorot perhatian wisatawan asing. Di antara banyaknya wisata budaya tersebut, apa sajakah yang ada di Indonesia?

List Wisata Budaya Indonesia Ini Populer Dikunjungi Wisatawan Asing

Bali Punya Pura Tanah Lot

Wisata Budaya Indonesia

Bali selain dikenal dengan wisata panyai Kutanya yang begitu kerap dijadikan icon, ternyata terdapat wisata budaya Indonesia yang selalu ramai dikunjungi. Adalah Pura Tanah Lot, lokasi pemujaan dewa laut kepercayaan masyarakat beragama Hindu ini kerap jadi incaran wisatawan baik asing atau lokal.

Pura Tanah Lot yang memiliki destinasi keindahan alam tiada taran terdiri atas dua buah. Umumnya, wisatawan kesini memang untuk menimati keindahan ombak memecah pura ini. Terlebih saat senja tiba, panorama sunset selalu jadi incaran banyak lensa kamera.

Sleman Punya Candi Prambanan

Wisata budaya Indonesia berikutnya adalah Candi Prambanan. Siapa yang tidak kenal dengan warisan dunia Unesco ini? Diklaim sebagai candi Hindu terbesar, Candi Prambanan hingga zaman sekarang imi ternyata lebih mudah dijangkau. Lokasinya yang berada di pinggir jalan, memungkinkan anda sampai ke sana naik kendaraan umum.

Baca Juga : 5 Trik Penggunaan Keuangan di Era Pandemi Harus Anda Ikuti

Candi Prambanan selain dikenal dengan bentik bangunannya yang unik karena mengerucut ke atas inilah memiliki artefak-artefak pada bagian dindingnya. Ukiran tersebut membentuk gambar satu kesatuan yang memiliki makna sejarah. Untuk mengetahui hal ini, anda memang harus memperhatikanya secara saksama.

Bali Punya Kapal Karam

Wisata di Indonesia yang mengandung sejarah bukan hanya terletak pada bangunan-bangunan bersejarahnya saja. Melainkan, ternyata wisata kapal karam juga bisa anda jumpai di Bali. Wisata kapal laram akan kembali mengingatkan anda pada zaman peerangan dunia ke-II.

Di mana pada peristiwa perang dunia ke-II tahun 1942 tersebut, kapal karam sehingga saat ini ditumbuhi oleh bebatuan karang yang memiliki warna-warni. Tentu saja unik sekali, bukan? Hal ini menjadi menarik banyak perhatian wisatawan baik asing maupun lokal.

Wisata Candi Borobudur

Membahas tentang tujuh keajaiban dunia, siapa yang tidak kenal dengan Candi Borobudur? Candi Borobudur ini termasuk ke dalam salah satu wisata budaya yang da di Indonesia. Serupa dengan Candi Prambanan, pada bagian dinsing Candi Borobudur tersedia ukiran-ukiran menarik.

Ukiran menarik tersebut memiliki kisah tersendiri. Dan bangunan candi Borobudur yang berbentuk stupa ini ternyata memiliki aksen yang megah. Bukan lagi kepercayaan agama Hindu, melainkan Candi Borobudur ini khas umat beragam budha.

Medan Punya Istana Maimun

Jika anda berkunjung ke Medan, salah satu icon kota Medan ini pastinya tidak akan berhenti diperbincangkan. Istana Maimun adalah salah satu wisata budaya Indonesia yang terbilang sangat terkenal sekali. Istana Kesultanan Delitang ini sama seperti wisata lainnya, kerap menarik perhatian banyak wisatawan.

Baca Juga : Hindari Instalasi Aplikasi Google Play Store yang Berbahaya di Android Anda

Memiliki bangunan yang megah, Istana Maimun dibekali dengan 30 ruangan di dalamnya. Selain itu, dibagi pula ke dalam tiga kelompok. Adalah bagian sayap kiri, sayap kanan, serta induk. Istana Maimun juga dikenal dengan perpaduan budaya empat negara, yakni spanyol, Italia, Melayu dan India. Sehingga tixak heran disebut wisata budaya Indonesia.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close