umum

6 Oleh – Oleh Indonesia Yang Wajib Di Beli Untuk Cindremata

Novriadi.com – Oleh – oleh Indonesia yang wajib dibeli sebagai cindremata atau hadiah bagi keluarga, sahabat dan orang terkasih menjadi ciri khas yang tidak mungkin tidak dibeli. Beragam oleh – oleh yang bisa dibeli selama berlibur di Indonesia, dan keunikannya yang membuat banyak orang tertarik dan menjadikannya sebagai buah tangan yang wajib.

Tidak hanya disukai oleh wisatawan lokal saja, namun juga wisatawan mancanegara juga sangat tertarik membeli oleh – oleh khas Indonesia. Ada banyak jenis oleh – oleh yang bisa dibeli seperti pakaian, pernak – pernik, makanan, dan sebagainya. Semua barang tersebut tentu dihargai sesuai dengan kualitas bahan yang dipakai.

Berikut ini akan dijabarkan apa saja oleh – oleh Indonesia yang wajib di beli untuk cindremata, simak penjelasannya di bawah ini.

Ragam Oleh – oleh Khas Indonesia

Dengan aneka ragam daerah yang berbeda – beda, maka berbagai macam pula buah tangan yang bisa kamu temukan dan itu merupakan sesuatu yang khas dan cocok dijadikan sebagai oleh – oleh. Simak apa saja oleh – oleh tersebut:

1. Batik

Oleh – oleh Indonesia yang wajib di beli untuk cindremata pertama yaitu Batik. Batik menjadi kain khas Indonesia yang memiliki gambar dan corak yang indah juga unik. Kain batik yang dibuat dengan teknik khusus memerlukan keterampilan juga ketelitian yang biasa disebut membatik. Pembuatannya cukup sulit membutuhkan waktu yang lama supaya kain batik bisa selesai dengan sempurna.

Kain batik memiliki berbagai macam corak yang indah dan syarat makna. Batik yang merupakan warisan dari leluhur yang turun temurun sampai saat ini dan telah dicatat oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi di Indonesia.

Jenis batik beragam diantaranya seperti batik keraton, batik petani, batik mukti, batik jagad, batik kawung, dan masih banyak lagi. Batik ini sangat cocok dijadikan sebagai oleh – oleh karena memiliki nilai seni yang tinggi dan merupakan cindremata khas dari Indonesia.

Baca juga: lukisan alam wisata gunung indonesia super cantik

2. Kopi

Indonesia menjadi salah satu negara yang kaya akan sumber daya alam. Salah satunya yaitu tanaman kopi. Berbagai macam jenis kopi yang tidak bisa ditemukan di luar negeri namun bisa ditemukan hanya di Indonesia. Kopi khas Indonesia yang sangat populer sampai ke luar negeri diantaranya seperti kopi luwak, kopi gayo, kopi Toraja, dan kopi Wamena.

Kopi ini memiliki rasa khas yang nikmat diminum terutama oleh para pecinta kopi di berbagai belahan dunia. Ditambah dengan teknologi yang semakin maju sehingga kopi ini dapat dikemas sedemikian rupa dan sangat cocok dijadikan buah tangan yang pas.

3. Miniatur

Lalu ada souvenir berupa miniatur khas Indonesia yang juga bisa dijadikan sebagai buah tangan karena beberapa miniatur khas Indonesia memiliki keunikan tersendiri baik dari segi bentuk dan juga bahan pembuatannya. Souvenir ini dapat dijumpai di berbagai tempat wisata di Indonesia seperti di Monas, Jakarta dan pusat souvenir di daerah di Indonesia.

Miniatur ini dibuat menyerupai bangunan atau benda – benda khas Indonesia dalam ukuran mini baik berupa gantungan kunci dan juga pajangan 3 Dimensi lainnya. Selain unik, miniatur khas ini memiliki harga yang relatif murah sehingga menjadi keunggulan lebih bagi para wisatawan untuk membelinya sebagai oleh-oleh.

4. Olahan Makanan

Oleh – oleh Indonesia yang wajib di beli untuk cindremata yaitu olahan makanan khas daerah. Beragam olahan makanan khas yang lezat bisa ditemukan di Indonesia. Karena makanan yang paling lezat di dunia berasal dari Indonesia seperti rendang. Rendang merupakan makanan khas Padang yang berhasil menyandang gelar makanan terlezat di dunia dengan cita rasa yang sangat lezat dan gurih.

Masakan yang dibuat menggunakan rempah – rempah khas yang tentu saja menjadikan makanan ini sangat lezat dan disukai oleh banyak orang. Makanan olahan khas Indonesia lainnya yang juga bisa dijadikan oleh – oleh diantaranya seperti Bakpia, Telur asin, Bika Ambon, pempek, dan masih banyak lagi lainnya.

5. Kerajinan Kulit

Oleh – oleh seperti kerajinan berbahan kayu dengan berbagai macam tekniknya, Indonesia memiliki kerajinan kulit dengan kualitas yang sangat baik. Kerajinan kulit khas Indonesia yang sudah terkenal seperti Kerajinan kulit khas Jombang, Jawa Timur yang bisa bersaing dengan kerajinan kulit lain yang dijual di pasar Internasional.

Kerajinan kulit ini bisa berupa seperti tas, sepatu, sabuk, dan barang – barang lainnya. Selain kualitasnya yang sangat baik, kerajinan kulit ini juga memiliki keunikan tersendiri sehingga cocok dijadikan sebagai oleh – oleh dan cindremata.

Baca juga: tempat belanja di lampung

6. Pahatan Kayu

Kerajinan dengan teknik memahat juga dikembangkan di berbagai daerah di Indonesia dengan beberapa macam material. Teknik ini digunakan pada kayu dalam membuat ragam kerajinan seperti topeng, dan pajangan dinding.

Harga yang ditawarkan beragam tergantung pada kesulitan pembuatannya. Semakin sulit cara membuatnya, maka akan semakin mahal pula harga yang ditawarkan. Namun, harga tersebut sesuai dengan kualitasnya karena kayu khas Indonesia memiliki kualitas yang sangat baik sehingga tidak akan lekas rusak dan mengecewakan.

Semoga uraian di atas dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk mengetahui oleh – oleh Indonesia yang wajib di beli untuk cindremata.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close