Kesehatan

6 Penerapan Protokol Kesehatan Baru di Era New Normal

Protokol kesehatan baru kini diterapkan pemerintah dalam rangka menyambut era New Normal. Manusia kini harus menyesuaikan diri dengan keadaan yang sedang melanda dunia, Karena pandemi ini tidak kenal bulu, siapapun bisa menjadi sasaran virus Covid – 19.

Adaptasi akan kebiasaan baru ini mengharuskan setiap masayarakat di semua kalangan untuk menerapkan protokol kesehatan baru yang diwajibkan oleh pemerintah untuk semua orang khususnya bagi masyarakat yang tetap harus keluar rumah untuk mencari nafkah ataupun memenuhi kebutuhan hidup.

Baca Juga : 4 Tanaman untuk pemula yang Mudah di Tanam

Berikut ini beberapa cara dalam menerapkan protokol kesehatan baru sesuai dengan aturan dari Gugus Percepatan Covid – 19 :

Menjaga Kebersihan Tangan

Mencuci tangan dengan menggunakan cairan pencuci tangan atau hand sanitizer, Hal ini berlaku ketika sudah menyentuh sesuatu apapun itu bahkan walaupun permukaan tangan tidak terlihat kotor. Cara mencucinya pun harus sesuai dengan standar mencuci tangan yang benar, yakni meliputi bagian dalam, punggung, sela-sela, dan ujung-ujung jari.

Tidak Diperbolehkan Menyentuh Wajah

protokol kesehatan baru

Dalam kondisi apapun apalagi jika tangan tidak bersih, sebisa mungkin hindari menyentuh area wajah, khususnya mata, hidung, dan mulut. Karena Tangan kita bisa jadi terdapat virus yang didapatkan dari aktivitas yang kita lakukan, jika tangan kotor ini digunakan untuk menyentuh wajah, khususnya di bagian yang sudah disebutkan sebelumnya, maka virus dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh.

Tips jika wajah merasa gatal maka gunakanlah tisu sebagai alas, agar tangan tidak menyentuh langsung ke wajah.

Menerapkan Etika Batuk Dan Bersin

Protokol kesehatan baru mengharuskan adanya etika ketika kita batuk atau bersin, Caranya, tutup mulut dan hidung menggunakan lengan atas yang bagian dalam. Selain dengan lengan, bisa juga menutup mulut dan hidung menggunakan kain tisu bersih yang setelahnya harus langsung dibuang ke tempat sampah.

Kewajiban Memakai Masker Kain Bagi Seluruh Masyarakat

Memakai masker kini menjadi kewajiban bagi semua orang, tanpa terekecuali. Baik bagi orang yang memiliki gejala gangguan pernapasan maupun tidak. Karena fungsi masker disini adalah untuk melindungi diri dari paparan virus Covid – 19 yang kini bisa menyebar di udara. Tips memilih masker kain adalah dengan memilih masker kain yang sudah 3 lapis, hal ini dirasa akan lebih aman ketika digunakan di luar ruangan.

Menerapkan Social Distancing

Penerapan jaga jarak ini untuk menghindari terjadinya paparan virus  Covid – 19 dari orang ke orang lain, kita harus senantiasa menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter.  

Penerapan jaga jarak ini juga kini sudah diterapkan saat berada di lampu merah, pihak kepolisian dan masing – masing daerah setempat sudah menerapkan hal ini dengan memberi tanda perhentian yang dikhususkan untuk pengendara motor khususnya, hal ini tentunya juga bertujuan untuk meminimalisir penyebaran virus Covid – 19.

Selalu Membersihkan Diri Setelah Bepergian

Hal ini merupakan suatu kewajiban bagi masyarakat khususnya yang setiap hari harus bekerja, apalagi jika pekerjaannya dilakukan di luar ruangan yang rentan terpapar virus Covid – 19. Bahaya virus ini juga bisa saja menempel pakaian yang dipakai saat keluar rumah, sehingga dianjurkan untuk langsung mandi dan juga mencuci baju yang telah dipakai dari luar tersebut.

Baca Juga : 4 Mainan Anak 2 Tahun Edukatif Apa Sajakah Itu?

Demikianlah beberapa protokol kesehatan baru yang kini di terapkan di Indonesia dalam rangka memerangi virus Covid – 19 yang semakin tinggi angka penyebarannya. Akan sangat lebih baik jika kita berdiam diri di rumah saja, jika tidak memiliki kepentingan lain.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close