Tutorial

6 Tips Atasi Hoax dan Cara Mengeceknya

Di era digitalisasi sekaligus membeludaknya informasi ini, tips atasi hoax menjadi hal yang sangat penting agar kita tidak menjadi korban berita bohong. Memang, media sosial menjadi gebrakan teknologi yang memungkinkan manusia dapat mengekpresikan dirinya dengan bebas. Namun, seringkali kebebasan berekspresi dan berpendapat itu disalahgunakan untuk menyebarkan informasi yang keliru.

BAca Juga : 3 Aplikasi untuk Belajar paling Bermanfaat

Informasi yang keliru tersebut, sayangnya dapat menimbulkan efek negatif yang besar, bahkan bisa menghilangkan nyawa seseorang. Dan karena kita tidak dapat mengontrol apapun yang dibagikan orang lain melalui internet dan media sosial, maka kita harus memiliki filter sendiri untuk menyaring kebenaran atau validitas dari informasi atau berita tersebut. Berikut ini adalah tips atasi hoax yang paling jitu:

1. Budayakan Membaca secara Lengkap dengan Teliti

tips atasi hoax

Tips pertama dan yang paling penting dalam mengatasi atau menghindari hoax adalah dengan membiasakan untuk membaca lengkap suatu berita hingga selesai dan teliti. Jangan terpengaruh oleh judul-judul berita yang provokatif, karena itu adalah trik si pembuat berita bohong agar siapapun yang membacanya terkejut dan langsung membagikannya ke orang lain.

Jangan juga hanya terpengaruh oleh foto atau gambar yang disertakan dalam sebuah berita, terutama foto-foto dengan lingkaran merah atau sejenisnya, yang memang ditujukan untuk menarik perhatian siapapun yang melihat berita tersebut.

2. Periksa Sumber Berita

Selain foto dan judul, Anda juga harus memeriksa alamat sumber berita yang menyebarkan berita tersebut. Jika situs tersebut menggunakan URL website yang tidak resmi selain .com, .org, atau yang lainnya, maka berita yang diterbitkan patut dipertanyakan kebenarannya. Selain itu, jika berita tersebut tidak mencantumkan sumber referensi yang terpercaya, maka jangan cepat mempercayainya.

3. Lihat Sumber Berita Lainnya

Tips atasi hoax yang selanjutnya adalah dengan mengecek apakah ada sumber berita lain yang memberitakan hal yang sama. Jika tidak ada, maka kemungkinan besar berita tersebut adalah berita bohong atau hoax semata.

4. Dapatkan Informasi dari Otoritas Resmi

http://www.toddwhite.org

Untuk mendapatkan berita yang bisa dipertanggungjawabkan kevalidannya, maka biasakan Anda melanggan kanal-kanal berita dari otoritas resmi sebagai tips atasi hoax. Misalnya, untuk informasi yang bisa dipercaya di bidang kesehatan, Anda bisa mendapatkannya dari WHO atau Kementrian Kesehatan Indonesia. Atau Kemdikbud untuk berita-berita di bidang pendidikan, dan sebagainya.

5. Jangan Sebarkan apabila Belum Yakin dengan Kebenarannya

Sebuah berita hoax menjadi viral adalah karena masing-masing orang yang membaca berita tersebut bersikap abai atau ignorant. Maka, dengan tidak menyebarkan berita yang provokatif namun belum pasti kebenarannya, Anda telah berperan dalam pencegahan tersebarnya berita hoax yang terkadang berbahaya itu. Berpikirlah dua kali sebelum menekan share, dan jangan hanya terdorong oleh ego.

6. Laporkan Berita Hoax

Ada banyak fitur yang dapat Anda gunakan untuk melaporkan sebuah hoax yang Anda temukan di media sosial. Misalnya di Twitter, Anda bisa menggunakan fitur report tweet, begitu juga dengan Instagram dengan fitur report-nya. Sama halnya dengan Twitter dan Instagram, Youtube pun tidak akan segan untuk menurunkan atau take down video penggunanya yang mengandung unsur berita bohong.

Baca Juga : Plus dan Minus Sistem Pendidikan Online

Nah, itu tadi adalah cara-cara atau tips atasi hoax di tengah ramainya informasi yang berlalu-lalang di media kita setiap harinya. Dengan kita menerapkan budaya literasi membaca dan memeriksa kevalidan sebuah informasi, maka kita juga telah melindungi orang-orang terdekat yang kita cintai dari berita-berita bohong yang pada akhirnya bersifat merugikan atau memberi dampak yang negatif. Semoga bermanfaat.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close