Kesehatan

6 Tips Diet saat Puasa Pasti Berhasil

Bulan Ramadhan, bagi sebagian orang bisa menjadi kesempatan yang sempurna untuk sekaligus diet saat puasa. Namun hal tersebut tidak mudah dilakukan karena saat bulan puasa, kita justru tergoda untuk makan ragam makanan enak secara berlebihan, bukan? Bahkan mungkin banyak yang berpikir bahwa itu adalah reward setelah menahan lapar dan haus selama 13 jam dari fajar terbit hingga matahari terbenam.

diet saat puasa

Namun apabila Anda benar-benar ingin menjalankan diet saat puasa, berikut ini adalah tips mudah yang bisa dilakukan dan pasti bisa mengurangi berat badan Anda:

1. Diet saat Puasa Perbanyak Minum

Meskipun terdengar sepele, menjaga hidrasi tubuh adalah kunci untuk menurunkan berat badan selama puasa. Minum air putih yang cukup tidak hanya akan mencegah Anda mengalami dehidrasi selama berpuasa, namun juga mampu mengontrol keinginan untuk mengonsumsi gula (sugar craving) setelah berbuka puasa.

Baca Juga : Aplikasi PeduliLindungi: Cegah Penyebaran COVID-19

Lalu seberapa banyak yang harus Anda minum? Dua liter atau delapan gelas sehari akan mampu mencukupi kebutuhan air dalam tubuh, yang dapat dibagi menjadi seperti berikut:

  • Dua gelas saat berbuka
  • Empat gelas di antara buka dan sahur (tidak lebih dari satu gelas per jam)
  • Dua gelas saat sahur

Perhatikan bahwa minuman berkafein seperti kopi dan teh hitam tidak termasuk. Sebaiknya hindari minuman diuretik seperti ini secara total. Anda bisa mencoba teh herbal sebagai alternatif air putih yang baik untuk pencernaan Anda.

2. Berbuka dengan Porsi Cukup dan Seimbang

Selama berpuasa, metabolisme melambat dan energi kita cenderung lebih cepat berkurang. Namun bukan berarti Anda bisa menutupnya dengan makan berlebihan saat berbuka.

Berbukalah dengan kurma, mengingat bahwa kurma adalah sumber gula yang bisa dengan cepat memenuhi kebutuhan tubuh setelah berpuasa seharian. Satu buah kurma saja sudah cukup karena kandungan gulanya sudah tinggi. Lalu, lanjutkan dengan porsi kecil sup, dengan sayuran atau kacang-kacangan. Sebaiknya hindari santan.

Baca Juga : Begini Cara Olahraga saat Puasa yang Baik dan Benar

Kemudian Anda bisa makan salad yang ditambah dengan 1-2 sendok teh minyak zaitun. Jika Anda ingin diet saat puasa, hindari makanan yang mengandung karbohidrat sangat tinggi. Anda bisa mengonsumsi nasi secukupnya, ditambah lauk berprotein.

3. Jangan Lewatkan Sahur

Melewatkan sahur hanya akan membuat energi Anda habis, jauh sebelum berbuka, lalu semakin mendorong Anda untuk makan berlebihan saat buka tiba.

4. Batasi Konsumsi Garam saat Sahur

Membatasi garam dalam menu sahur bisa mencegah Anda untuk tidak kehausan saat berpuasa. Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti roti gandum utuh, ditambah dengan makanan berprotein seperti keju atau telur. Kombinasi ini membuat level glukosa dalam darah Anda stabil, sehingga Anda tidak mudah merasa lapar.

5. Tetap Aktif

Berpuasa tidak boleh menjadi alasan untuk tidur atau bermalas-malasan sepanjang hari, apalagi jika Anda berniat diet saat puasa. Anda bisa tetap melakukan aktivitas harian, namun hindari panas matahari pada saat puncaknya di siang hari. Anda bisa melakukan olahraga ringan dengan intensitas rendah hingga sedang selama 30 menit setelah berbuka atau setelah sahur.

Olahraga yang dianjurkan saat puasa diantaranya seperti jogging, jalan cepat atau treadmill ringan, yoga, dan bersepeda. Sebaiknya beri jeda kurang lebih 2 jam setelah makan untuk selanjutnya melakukan olahraga untuk menghindari kram.

6. Hindari Makanan yang Mengandung Gula yang Diproses

Ganti asupan gula Anda dengan gula alami seperti buah, manisan, atau madu.

Nah, demikian tadi adalah tips-tips mudah agar diet saat puasa Anda benar-benar berhasil. Selamat mencoba!

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close