umum

6 Tren Ikan Hias Tercantik Dan Bernilai Ekonomi

Novriadi.com – Tren ikan hias saat ini menjadi hobi banyak orang, para pecinta koleksi ikan hias mencari jenis ikan yang selain cantik, unik dan memiliki nilai jual tinggi. Memelihara ikan hias tidak hanya bisa menyalurkan hobi, bergabung dengan komunitas juga memiliki peluang usaha yang menggiurkan.

Jenis ikan hias berikut ini tidak hanya indah juga bernilai rupiah yang cukup lumayan. Apabila mampu dijaga dan di ternak secara banyak tentu saja membuat hobi menjadi bisnis baru. Selain cantik dipandang, memelihara ikan hias ini juga bisa membuat suasana rumah menjadi lebih nyaman dan juga tenang.

Tentu saja memelihara hewan seperti ikan hias di rumah bisa jadi hal yang menyenangkan terutama di saat pandemi sedang berlangsung. Namun, sebelum memilih jenis ikan hias mana yang ingin kamu pilih. Berikut ini tren ikan hias tercantik dan bernilai ekonomi yang bisa kamu ketahui.

Rekomendasi Ikan Hias Tercantik

Berikut jenis ikan hias air tawar yang tidak hanya cantik, namun juga mudah dipelihara di rumah dan memiliki harga jual yang lumayan baik.

1. Ikan Mas Koki

Tren ikan hias tercantik dan bernilai tinggi pertama yaitu ikan mas koki. Jenis ikan hias air tawar ini menjadi kegemaran bagi para pecinta ikan air tawar. Selain memiliki warna cantik antara perpaduan warna putih dan oranye keemasan, ikan ini terbilang mudah dipelihara. Ikan dengan ciri khas seperti perut yang buncit, mata yang besar, dan ekor yang berumbai tentu akan memikat perhatian siapa saja yang melihatnya karena bentuknya yang cantik dan unik. Cocok menjadi referensi bagi kamu dan keluarga yang ingin memelihara ikan hias akuarium atau kolam ikan. Pastinya ikan ini memiliki daya tarik yang memikat.

2. Ikan Koi

Lalu ada ikan koi yang tidak kalah populer dikalangan para pecinta ikan hias. Ikan yang memiliki ciri khas pada perutnya yang besar dan warna cerah dan beragam membuat banyak orang tertarik untuk memelihara.  Harga anakan yang ditawarkan umumnya mulai dari Rp 10.000 per ekornya, tergantung jenis ikan yang dipilih. Namun jika sudah mencapai usia dewasa dan memiliki keunikan tentu harganya akan melebihi harga beli. Jenis ikan yang mudah dipelihara dan memiliki daya tarik kaena warnanya yang cantik. Ikan ini baik dipelihari di akuarium atau pun kolam khusus ikan yang dibuat di halaman rumah.

3. Ikan Komet

Satu lagi jenis ikan hias air tawar yang bisa cantik dan mudah dipelihara yaitu ikan komet, ikan ini bisa dipelihara di dalam satu akuarium atau kolam ikan. Ikan jenis ini memiliki ragam warna yang cantik dan juga memiliki gerak tubuh yang terbilang atraktif. Walau atraktif, ikan ini tetap menjadi ikan hias yang ramah dan jinak. Sehingga cukup aman jika akan menggabungkannya dengan ikan hias lain dengan satu kolam. Ikan ini juga dapat berdampingan dengan ikan lain, dan mudah beradaptasi dalam segala lingkungan.

4. Ikan Arwana Platinum

Selanjutnya tren ikan hias tercantik dan bernilai ekonomi diraih oleh ikan arwana platinum yang memiliki harga sangat fantastis bisa mencapai Rp 5,5 miliar. Harga ikan hias ini sangat tinggi karena jenis ikan Arwana Platinum merupakan jenis ikan hias air tawar langka dan sangat sulit ditemukan. Dan juga ikan Arwana Platinum memiliki chip khusus yang membedakannya dengan jenis ikan lainnya. Karena langkanya ikan ini membuat pecinta ikan hias berlomba untuk memilikinya dan terbilang cukup sulit perawatannya.

5. Ikan Cupang

Bagi pecinta ikan hias tentu saja sudah tidak asing dengan ikan yang satu ini, ikan ini adalah ikan cupang. Dengan tubuh yang mungil namun memiliki keunikan dalam warna dan juga sirip yang indah. Jenis ikan ini asli berasal dari Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Vietnam, dan Brunei Darussalam. Ikan yang cukup mudah dipelihara karena merupakan salah satu jenis ikan yang kuat dan bisa hidup tanpa adanya sirkulasi udara di dalam akuarium. Ikan cupang memiliki banyak jenis dengan pilihan warna sirip yang memikat hati. Harganya mulai beragam, yaitu mulai dari Rp 50.000 dan bisa mencapai Rp 20.000.000 rupiah perekornya.

6. Ikan Candy Basslet

Ikan hias yang berasal dari air asin ini bisa ditemukan di sepanjang Pantai Curacao di perairan Karibia. Jenis ikan langka ini termasuk dalam kelompok ikan hias yang memiliki ragam akan warna yang sangat indah, namun terbilang sulit ditemukan.  Memiliki kemampuan yang baik dan suka bersembunyi di antara celah karang sehingga membuat Candy Basslet hanya bisa ditemukan pada titik tertentu saja. Dan untuk mendapatkannya, dibutuhkan perjuangan yang ekstra untuk menyelam sampai ke bawah lautan. Namun saat ini ikan ini sudah mulai dibudidayakan banyak orang, karena begitu banyak peminta dan harga ekonomi yang terbilang mahal.

Dari sekian pilihan ikan hias cantik, jenis tersebut memang sangat indah dijadikan ikan hias di rumah. Membuat suasana menjadi lebih hidup, berwarna dan juga mempesona bagi yang memandangnya.

Demikian uraian mengenai 6 Tren Ikan Hias Tercantik Dan Bernilai Ekonomi, semoga bermanfaat.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close