Kesehatan

7 Kiat Sehat Di Masa Pandemi Yang Patut Diketahui

Novriadi.com – Kiat sehat di masa pandemi sangat penting diketahui oleh banyak orang, hal ini berguna untuk mencegah virus datang menyerang kekebalan dan imun tubuh. Disaat seperti sekarang ini, wabah yang berasal dari virus dan kuman sangat cepat bermutasi, bahkan pasien yang terkena jika memiliki riwayat penyakit lain bisa berakibat pada kematian.

Tentu saja hal ini sangat mengerikan, seperti kondisi sekarang ini yang mewabah virus covid 19 dimana jumlah korban di Indonesia sendiri sudah sangat meningkat. Walau kondisi sudah mulai akan diberlakukan new normal, namun kewaspadaan tetap harus dilakukan.

Untuk itulah pentingnya selalu menjaga kesehatan sedini mungkin, dengan melakukan beberapa kiat dan tips seperti ulasan berikut mengenai kiat sehat di masa pandemi yang patut diketahui.

Kiat Sehat Di Masa Pandemi

Menjaga kesehatan di masa pandemi memang sangat penting, namun jangan asal menjaga kesehatan. Karena faktor kebersihan juga menjadi salah satu faktor dalam menjaga diri dan imun agar tetap terjaga. Simak kiat di bawah dalam menjaga ketahanan tubuh lebih tangguh:

1. Berolahraga Ringan

Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, demikian pepatah lama yang sering didengungkan untuk menjaga tubuh tetap bugar. Dalam masa pandemi sekarang ini memiliki tubuh yang sehat saja tidaklah cukup, harus diimbangi dengan pikiran yang sehat pula. Untuk membentuk itu semua tentu saja tidaklah sulit, cukup rutin berolahraga ringan selama di rumah.

Baca juga: tips olahraga saat new normal agar bugar

Ada banyak pilihan olahraga yang bisa kamu lakukan seperti yoga, senam ringan, olahraga barbel dan sebagainya. Kamu bisa menyesuaikan jenis olahraga sesuai dengan kebutuhan. Olahraga juga tidak mesti yang berat karena dengan olahraga ringan dan keringat keluar sudah cukup untuk melatih organ tubuh bergerak dan tubuh lebih bugar.

2. Menjaga Asupan Makan

Berikutnya kiat sehat di masa pandemi yaitu dengan menjaga pola makan, mulai dari menjaga asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Pentingnya mengkonsumsi makanan jenis sayuran, buah – buahan, ikan untuk menjaga kondisi tubuh lebih bugar dan meningkatkan imun.

Ada beberapa jenis makanan yang bisa kamu konsumsi karena kaya vitamin, nutrisi, serat dan sebagainya. Untuk sayuran dan buah pilih yang kaya serat seperti sayuran hijau, pepaya, jeruk, tomat, alpukat, jambu merah dan jenis ikan ada salmon, tuna, tongkol, kakap dan sebagainya. Selain memilih asupan yang sehat jangan lupa menjaga agar makanan tetap higienis.

3. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Pentingnya menjaga asupan air putih sebagai nutrisi bagi tubuh disaat dehidrasi. Air putih yang memiliki peranan penting bagi tubuh berpengaruh pada stabilitas imun. Virus yang masuk ke dalam tubuh dapat diatasi oleh air putih untuk membuang melalui urine dan feses.

Baca juga: manfaat strawberry untuk kesehatan jantung

Disarankan meminum air putih hangat, lebih baik lagi ditambah dengan irisan buah seperti jeruk, kurma, timun dan sebagainya. Selain air putih bisa menyehatkan ternyata fungsi lain air putih juga bisa menjaga ketahanan pencernaan dari rasa lapar. Karena itu jangan anggap sepele air putih, setelah kamu tahu manfaatnya tentu akan berguna bagi kesehatan tubuh di masa pandemi ini.

4. Membuat Ramuan Herbal Menyehatkan

Jika tidak ingin mengkonsumsi obat – obatan kimia yang bisa berdampak pada kesehatan, tidak salah kamu mencoba membuat beberapa ramuan herbal sendiri di rumah. Sebagai contoh ramuan seperti kunyit, temulawak, jahe, sereh, jeruk nipis dan ditambah dengan madu. Ramuan herbal ini apabila dikonsumsi secara rutin atau setiap hari bisa menambah daya tahan tubuh lebih baik.

Salah satu ramuan untuk mencegah virus covid 19 ini yaitu dengan beberapa ramuan herbal yang disebutkan diatas. Harganya cukup terjangkau dan mudah untuk dibuat di rumah. Jika kamu tidak memiliki waktu untuk membuat, kamu bisa memesan ramuan tersebut secara online atau melalui tukang jamu yang ada di sekitar rumah kamu.

5. Berjemur di Pagi Hari

Selanjutnya kiat sehat di masa pandemi yaitu dengan rajin berjemur di bawah sinar matahari pagi. Gunanya sangat banyak, salah satunya menjaga ketahanan tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Cahaya sinar matahari dibawah jam 11 pagi disarankan untuk kamu, selain berjemur kamu juga bisa melakukan kegiatan lagi seperti olahraga ringan.

Baca juga: manfaat buah naga

Selain itu paparan sinar matahari saat kamu berjemur di pagi hari dapat membantu penyembuhan penyakit seperti gangguan kulit seperti jerawat, psoriasis, eksim, penyakit kuning, dan infeksi jamur pada kulit dan yang lainnya. Disaat kuman atau virus masuk ke dalam tubuh yang pertama kali melawan adalah sel – sel dalam sistem imun. Dengan adanya Vitamin D dari sinar matahari, maka fungsi sel imun akan meningkat, sehingga virus dapat mudah ditangkap dan dimatikan olehnya.

6. Istirahat Cukup

Tidak sedikit orang yang beranggapan istirahat sebagai hal yang sepele, padahal dibaliknya sangat banyak manfaat istirahat cukup bagi kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu dapat meningkatkan imun sehingga mampu menangkal masuknya virus dan bakteri ke dalam tubuh kita. Selain itu juga istirahat cukup sangat disarankan dalam dunia kesehatan dan juga anjuran agama.

Dimana jam tidur yang kurang dapat meningkatkan risiko adanya penyakit berat seperti ginjal, jantung, stroke, tekanan darah tinggi, detak jantung tidak teratur, hormon stres naik, dan juga diabetes. Tahukah kamu jika istirahat dan tidur yang cukup juga bisa mempengaruhi reaksi tubuh terhadap adanya zat insulin, yaitu hormon yang mengontrol tingkat gula darah yang berpengaruh kepada penyakit diabetes.

7. Konsultasi ke Dokter

Dengan tidak lupa untuk melakukan medical check up jika ditemukan kondisi sudah mulai tidak sehat. Hal ini agar kondisi tidak semakin mem buruk, dikarenakan virus yang ada saat ini sangat berbahaya. Sehingga butuh penanganan luar biasa untuk menyembuhkan.

Baca juga: perusahaan asuransi kesehatan

Tentunya dengan petunjuk dokter dan mematuhi anjuran yang disampaikan. Dengan menjaga itu semua tentunya kondisi tubuh akan terjaga dan jauh lebih terlihat bugar. Lebih baik mencegah daripada mengobati, itulah semboyan yang tepat di saat pandemi sekarang ini.

Selain dari penjelasan di atas, tentu ada beberapa tips lain yang bisa kamu lakukan seperti menjaga pola pikir dan kesehatan jasmani. Karena jika tubuh terlihat sehat namun jiwa dan pikiran tidak sehat maka akan berdampak juga kepada daya tahan tubuh.

Kamu tentu dapat mempraktikkan berbagai kiat dalam menjaga kesehatan tubuh di atas. Dan sekian ulasan mengenai 7 kiat sehat di masa pandemi yang patut diketahui. Semoga bermanfaat.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close