Teknologi

7 Tren Teknologi Baru Saat Pandemi Corona Yang Menguntungkan

Kini berbagai tren teknologi baru saat pandemi bermunculuan. Mulai dari sektor kesehatan hingga pendidikan. Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) mengungkapkan bahwa setidaknya ada 10 kebiasaaan baru di dalam masyarakat kita dan 10 kebiasaan itu dijadikan teknologi baru. Teknologi tersebut sangat menguntungkan kita saat masa pandemi seperti ini namun juga bisa menjadi kerugian bagi beberapa orang.

Baca Juga : 7 Rekomendasi Ponsel Baterai Tahan Lama dan Murah!

10 teknologi baru tersebut ialah online shopping, pembayaran digital, teleworking (WFH), telemedicine, tele-education and training, hiburan daring, supply chain 4.0, 3D Printing, robot dan drone, teknologi 5G dan ICT. Mungkin anda masih asing dengan istilah – istilah seperti di atas. Jangan khawatir karena kami akan memberikan penjelasannya di bawah ini.

Berikut Ragam tren teknologi baru saat pandemi

Online Shopping

Tren teknologi baru saat pandemi

Tren teknologi baru saat pandemi yang satu ini memang sudah ada dan sudah beken sejak beberapa tahun silam. Jadi yang dimaksud online shopping kali ini ialah pada sektor makanan mentah seperti sayuran, buah-buahan, dan makanan siap masak yang lainnya. Sejak pandemi, banyak toko online yang menyediakan pesan antar sayuran segar. Dengan begitu perusahaan start-up juga mendukung program pemerintah untuk tetap di rumah.

Pembayaran Digital

Tren teknologi baru saat pandemi

Sama sepeti online shopping, virtual payment atau pembayaran digital sudah ada sejak lama. Di masa pandemi seperti ini,, virtual peyment akan semakin digemari karena kepraktisannya. Selain itu, pembayaran tipe ini bisa membantu kita dalam memutuskan rantai penyebaran Covid-19.

Teleworking (WFH)

Young beautiful girl working at home, young entrepreneur conceptual

Tren teknologi baru saat pandemi yang sempat membuat heboh bulan kemarin ialah WFH atau Work From Home dengan kata lain ialah teleworking. Teknologi ini memang bagus untuk diterakan, namun masih banyak beberapa aspek yang perlu ditinjau kembali. Lagi pula, teknologi ini juga tidak bisa diterapkann dibeberapa pekerjaan. Misalnya seperti kuli bangunan, kuli pasar, penjual pasar, dan lain sebagainya.

Telemedicine

Sebelum adanya corona atau covid-19, tren teknologi baru saat pandemi seperti telemedicine sudah diterapkan di negara kita. Misalnya seperti alodokter, go doc, dan aplikasi kesehatan lainnya. Dengan aplikasi tersebut, pasien bisa mendiagnosa penyakitnya tanpa harus pergi ke rumah sakit dan membuat janji dengan dokter yang bersangkutan.

Tele-education and training

Tele-education bisa kita pahami dengan belajar dari rumah. Semenjak ada PSBB, pembelajaraan bagi anak – anak dilakukan dari rumah. Baik bagi tenaga pengajar dan murid harus terkoneksi dengan internet dan melakukan panggilan videocall. Walaupun selangkah lebih maju, namun teknologi yang satu ini terasa belum cocok dilakukan karena tidak semua warga indonesia memiliki fasilitas yang memadai.

Hiburan Daring

Hiburan daring memang sudah ada sedari lama. Namun dengan adanya Covid-19, hiburan daring jadi semakin digemari oleh masyarakat. Misalnya seperti streaming film dan beberapa acara televisi. Untuk mereka yang bekerja di dunia hiburan, membuat konten juga salah satu usaha yang bisa dilakukan sebagai hiburan daring.

Teknologi 5G

Ada kabar burung bahwa saat ini, jaringan internet akan semakin cepat dengan adanya teknologi 5G. Namun di Indonesia sendiri memang belum ada teknologi ini. Di beberapa negara seperti Amerika Serikat dan China sudah menerapkan teknologi internet yang canggih ini. Sayang sekali, beberapa waktu lalu ada rumor palsu dari negeri Paman Sam bahwa sinyal 5G menyebabkan covid-19 hingga terjadi kerusuhan di sana.

Baca Juga : Cara Membuat Blog Bisnis Yang Mudah Untuk Pemula

7 tren teknologi baru saat pandemi seperti ini patut kita syukuri. Setidaknya negara kita menjadi lebih maju berkat adanya covid-19.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close