Kesehatan

8 Cara Covid 19 Tidak Menular Di Kantor Yang Wajib Diketahui

Novriadi.com – Cara menghindari tertular Covid 19 di kantor sangat penting dijaga, hal ini dikarenakan sudah mulai di berlakukannya jam kantor di Jakarta. SPBB yang mulai dilonggarkan saat ini membuat tidak sedikit orang yang merasa kuatir akan tertular virus ini. Banyak sebab rasa ketakutan muncul, saat di perjalanan menuju kantor, kondisi kantor yang belum steril, bertemu banyak orang di jalan dan sebagainya.

Hal seperti inilah yang masih ditakuti, karena itu penting untuk tetap menjaga kebersihan dan mengikuti protokol kesehatan selama kamu dituntut untuk memulai aktivitas kantor. Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan tubuh dan jiwa dalam menghadapi virus ini. Dan untuk menghindarinya ada beberapa kiat yang bisa kamu jalankan.

Berikut ini simak beberapa ulasan mengenai cara Covid 19 tidak menular di kantor yang patut diketahui:

Cara Menghindari Tertular Covid 19

Berdasarkan berita dari WHO ( World Health Organization ), penyebaran virus corona di dunia saat ini belum bisa hilang sepenuhnya. Dan dari rilis WHO menyebutkan ada beberapa panduan untuk menghindari penyebaran virus corona di tempat kerja, walaupun sejauh ini belum ada yang terinfeksi di kantor tempat kamu bekerja.

1. Hindari Pekerja yang Terlihat Sakit Flu

Satu cara Covid 19 tidak menular di kantor pertama yaitu dengan kamu harus menghindar atau paling tidak menjauhi sementara rekan kerja yang terlihat kurang sehat. Dalam arti yang sedang flu berat dan batuk. Hal ini tentu untuk menjaga apabila kondisi tersebut bisa tidak menular. Jika kantor kamu menggunakan AC maka akan cepat virus berkembang dan menyebar karena udara yang lembab dan dingin.

Baca juga: aplikasi pedulilindungi cegah penyebaran covid 19

Selalu menjaga jarak aman pada saat kamu berkumpul atau melakukan interaksi dengan teman yang sedang sakit. Pastikan masker selalu kamu gunakan jika kondisi rekan kerja dalam kondisi tidak sehat.

2. Bersihkan Area Kerja Sebelum Memulai Pekerjaan

Sebelum kamu memulai aktivitas kantor, alangkah baiknya untuk kamu bisa membersihkan perlengkapan kerja. Seperti meja, kursi, alat tulis, PC dan sebagainya. Hal ini untuk mencegah berkembangbiaknya virus dalam lingkungan kantor kamu.

Dan yang penting jangan pernah menyimpan barang atau makanan yang sudah dalam kondisi lama dan terbuka. Hal ini bisa menjadi tempat hidupnya berbagai jenis virus, jadi pastikan semua fasilitas perlengkapan kerja kamu bersih dan steril.

3. Pastikan Masker, Tissue dan Handsanitizer Tersedia

Sesuai dengan anjuran pemerintah untuk selalu tetap menggunakan masker dan membersihkan tangan sebelum beraktivitas. Hal ini tentu untuk mencegah virus covid 19 langsung masuk ke dalam tubuh. Kamu juga bisa menyimpan stok masker dan handsanitizer di kantor.

Baca juga: perbedaan virus dan bakteri beserta bahayanya yang wajib diketahui

Tujuannya jika sewaktu – waktu stok perlengkapan kamu habis di kantor, kamu tidak bingung meminta atau membeli ke tempat yang jauh dari kantor. Dan biasakan juga untuk membawa stok lebih di tas kerja.

4. Menjadi Pengingat Bagi yang Lain

Selanjutnya cara Covid 19 tidak menular di kantor dengan kamu menjadi bagian pengingat bagi teman yang lain. Jangan sungkan untuk memberikan sekedar peringatan dan informasi apabila ditemukan rekan kerja yang tidak mengikuti protokol kesehatan di kantor.

Tentu saja hal ini bertujuan baik dan menghindari penyebaran virus ini kepada orang lain. Menjadi pengingat tidak hanya berupa himbauan verbal saja tapi bisa juga secara lisan melalui medsos, email kantor dan sebagainya yang bisa dibaca langsung oleh rekan kerja.

5. Istirahat di Rumah Jika Sakit

Tidak semua pekerja memiliki stamina yang baik, jika kamu merasakan kondisi tubuh sudah tidak nyaman atau lemah. Maka alangkah baiknya kamu untuk beristirahat di rumah selama kondisi belum fit.

baca juga: tips olahraga saat new normal agar bugar

Dikarenakan kondisi drop akan cepat sekali dimasuki virus apapun, tentu kamu tidak ingin hal buruk menimpa bukan?. Jadi pastikan cukup istirahat dan kondisikan tubuh secara optimal, agar aktivitas kantor bisa kamu lakukan esoknya lebih baik lagi.

6. Hindari Berpergian Jika Tidak Penting

Cara Covid 19 tidak menular di kantor bisa dengan menahan dahulu keinginan untuk berpergian kemanapun kamu mau. Penerapan SPBB mungkin saja dilonggarkan dalam waktu kedepan, namun perlu diingat jika virus ini belum hilang 100 persen. Jadi kemungkinan untuk tertular bisa saja terjadi.

Sebab itu jika kamu tidak memiliki kepentingan dan kebutuhan mendesak sebaiknya urungkan dahulu untuk pergi ke luar rumah. Demi menjaga kesehatan dan merugikan diri sendiri, jadi lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?.

7. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Menjaga kesehatan badan tidak hanya menjaganya saja, namun juga diperlukan asupan nutrisi yang sehat dalam tubuh. Pentingnya asupan makan seimbang kaya vitamin untuk menangkal tertularnya virus covid 19. Kamu bisa menambahkan menu makanan kaya akan sayuran, buah – buahan, vitami, atau ditambah dengan ramuan herbal buatan rumahan.

Baca juga: 7 kiat sehat di masa pandemi yang patut diketahui

Dengan mengkonsumsi ramuan herbal dan cukup nutrisi maka daya tahan tubuh akan terjaga. Tentunya bisa menangkal virus cepat masuk ke dalam tubuh. Dan pastikan juga kebutuhan air putih sehari lebih dari cukup.

8. Jika Sakit Konsultasikan ke Dokter

Hal yang patut untuk kamu ingat, jika kondisi tubuh sudah mulai tidak stabil maka baiknya konsultasi ke dokter. Apalagi jika didapati gejala serupa seperti covid 19 ini. Jangan pernah takut dan malu untuk pergi ke dokter ahli. Ada banyak tes yang bisa kamu tempuh di fasilitas kesehatan.

Apabila terdapat gejala positif, maka ikuti anjuran dokter dan jangan mudah putus asa. Lakukan tindakan yang tepat dan mematuhi protokol medis, perlu diingat semangat untuk berpikir positif jauh lebih membantu untuk tetap sehat.

Selain dari itu, kamu juga harus bisa tetap memantau konsisi di kantor. Apabila ada kemungkinan rekan kerja terinfeksi virus, alangkah baiknya untuk meminta kantor segera mensterilkan lingkungan dan meminta penderita beristirahat di kantor atau berobat ke rumah sakit rujukan.

Jangan lupa untuk tetap menjaga semua himbauan di atas, dan mengikuti saran ahli untuk mencegah penyakit ini menyebar di kantor kamu. Semoga artikel mengenai 8 cara Covid 19 tidak menular di Kantor yang wajib diketahui menjadi manfaat positif.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close