Kesehatan

8 Gejala Depresi Berlebih, Wajib Diketahui

Novriadi.com – Gejala depresi berlebihan yang patut diketahui setiap orang, dikarenakan gejala ini sangat berbahaya apabila terlampau dibiarkan terlalu lama. Penyebab depresi khususnya bagi orang di kota besar seperti Jakarta sangat sering dirasakan. Salah satu contoh akibat dari tekanan pekerjaan yang terlalu tinggi, tingkat kemacetan lalu lintas, tekanan ekonomi dan kurang harmonisnya hubungan keluarga.

Pemicu tersebut perlahan namun pasti bisa menimbulkan gejala awal depresi, bagi sebagian orang gejala depresi sering tidak pernah dirasakan. Bahkan menanggap gejala tersebut hanya sebagai gejala sakit biasa. Kurangnya pemahaman mengenai bahaya depresi dan tingkat kesehatan nasional yang belum menggaungkan depresi sebagai penyakit silent killer bagi masyarakat perkotaan.

Sangat penting untuk mengetahui apa saja Gejala Depresi Berlebihan, berikut ini penjelasan yang bisa kamu ketahui.

Gejala Depresi Yang Sering Timbul

Depresi adalah sebuah gangguan perasaan atau suasana hati seseorang yang menyebabkan perasaan sedih secara terus – menerus dan tidak kunjung menghilang.  Bahkan terkadang hilang dan akan muncul kembali di saat kondisi sedang lelah atau terlalu penat. Berikut contoh yang harus diwaspadai:

1. Muncul Perasaan Cemas dan Takut

Dari beberapa gejala depresi, yang pertama sering dirasakan yaitu muncul perasaan cemas, takut, gelisah dan takut. Perasaan ini sebetulnya gejala awal yang patut di waspadai, bagi penderita sakit lambung bisa saja gejala menjadi sama. Namun, gejala depresi ini sangat kuat dan tinggi apabila pemicunya dirasa akibat pikiran yang tertekan. Perasan ini akan hilang jika seseorang mampu mengontrol secara tepat, namun sebaliknya akan sulit jika tidak bisa terkontrol.

Baca juga: memahami konsep diri

2. Muncul Rasa Lelah Berlebih dan Nyeri Otot

Perasan lelah, letih dan capai tidak hanya bisa dirasakan secara fisik. Namun juga secara jiwa dan pikiran rasa itu bisa muncul. Gejala depresi yang sering terjadi yaitu adanya rasa lelah, letih dan nyeri otot yang dirasakan. Rasa sakit ini akan sering terjadi apabila gejala muncul secara bersamaan. Rentan gejala timbul pada setiap orang berbeda, namun jika seseorang merasa dirinya tertekan bahkan terlalu stress maka gejala tersebut bisa langsung muncul secara tiba – tiba. Bahkan rasa nyeri otot yang bisa membuat seseorang penderita akan dirasakan gemetar.

3. Timbul Rasa Sakit Kepala

Selain gejala di atas, gejala lain yang umum terjadi yaitu rasa sakit kepala. Sakit kepala pada penderita depresi tidak selalu mengganggu fungsi tubuh namun dirasakan akan cukup mengganggu. Dimana sakit kepala pada penderita depresi biasanya muncul seperti ada rasa sensasi berdenyut ringan, khususnya di area alis. Walau sudah diatasi dengan obat, namun sakit kepala tersebut akan kembali muncul secara teratur seiring perasaan lain datang. 

4. Timbul Rasa Sakit Pada Perut

Gejala depresi berlebihan berikutnya yaitu timbul sakit pada perut. Sakit perut bisa karena adanya perasaan cemas berlebih, banyak orang yang menganggapnya sebagai gas atau nyeri haid biasa. Rasa sakit yang memburuk, ketika stres muncul, menjadi tanda gejala depresi. Rasa tidak nyaman pada perut seperti kram, kembung, dan mual menjadi tanda kesehatan mental yang buruk. Hal ini dikarenakan depresi dapat menyebabkan sistem pencernaan meradang. Dimana, perut penuh dengan bakteri baik dan jika ada ketidakseimbangan bakteri baik terjadi, maka gejala kecemasan dan depresi bisa terjadi.

Baca juga: hipnoterapi

5. Gemetar Pada Tubuh

Pada sebagian penderita depresi muncul tanda gemetar pada tubuh akibat perasaan cemas berlebih. Apabila hal ini terjadi maka bisa menimbulkan gejala lain seperti keluar keringat dingin, kram pada sebagian tubuh sampai rasa lemas. Kondisi akan semakin parah jika penderita tidak segera beristirahat atau mengambil tindakan rileks sesaat. Karena itulah gejala depresi tidak bisa dianggap sepele mengingat gejala rasa sakit yang luar biasa mengganggu.

6. Penglihatan Kabur

Sebuah penelitian di Jerman yang menunjukkan jika gejala depresi sebenarnya bisa mempengaruhi penglihatan dari seseorang. Riset ini sudah meneliti 80 orang dan menemukan jika setiap individu yang mengalami depresi akan kesulitan melihat perbedaan antara warna hitam dan putih. Para peneliti juga menyebut hal ini sebagai bentuk perbedaan persepsi kontras yang menyebabkan pandangan terlihat kabur.

7. Timbul Masalah Pencernaan

Gejala depresi berlebihan lainnya dapat dirasakan dari munculnya masalah pada pencernaan. Beberapa kondisi seperti adanya sembelit dan muncul diare ternyata bisa disebabkan karena depresi. Emosi seperti rasa sedih, gelisah, dan lelah menjadi pemicu adanya gangguan pada jalur pencernaan. Penelitian menemukan adanya terjadi rasa nyeri lambung juga disebabkan karena rasa cemas berlebih dan juga depresi. Patut untuk dilakukan konsultasi ke dokter ahli jika kondisi ini semakin parah.

Baca juga: pengertian obsesi

8. Emosi dan Mudah Marah

Sudah dijelaskan efek dan juga pengaruhnya depresi bagi beberapa kesehatan tubuh. Perasaan emosi yang berlebih mengakibatkan organ tubuh lain akan merasakan ketidaknyamanan dan tentu saja bisa berdampak pada kesehatan yang lebih buruk apabila tidak ditangani segera. Emosi dan rasa marah yang tidak stabil akibat dari kalut dan rasa cemas berlebih, merasa tertekan dan bingung sehingga emosi kemarahan bisa terjadi pada penderita depresi.

Karena itu, jika kondisi gejala muncul disarankan untuk segera beristirahat dan rileks. Karena setiap orang gejalanya pasti berbeda, begitu juga dengan cara mengatasinya. Sebaiknya jika kondisi gejala sering muncul dalam setiap bulan segera berkunjung ke dokter atau psikiater untuk mendapat penanganan yang tepat.

Demikian uraian dan 8 Gejala Depresi Berlebihan, Wajib Diketahui, semoga menjadi perhatian dan manfaat.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close