Kesehatan

8 Hewan Pembawa Wabah Berbahaya Wajib Diketahui

Novriadi.com – Hewan pembawa wabah berbahaya yang saat ini berkembang menjadi covid 19 salah satunya disinyalir dari hewan kelelawar. Akibat virus yang terdapat dalam tubuh hewan ini, pandemi baru yang mengerikan menyebar cepat di dunia. Bahkan sampai saat ini vaksin dan obat untuk mencegah penularan belum ditemukan dan masih dalam tahap uji coba.

Namun, selain kelelawar masih ada hewan lain yang dianggap juga memiliki virus yang cukup berbahaya apabila sampai kontak secara langsung. Setelah menginfeksi manusia, hewan yang menjadi pembawa virus ini bisa menyebarkannya ke makhluk lain, salah satunya yaitu manusia. Sepanjang sejarah, sudah banyak penyakit akibat virus hewan mematikan yang terjadi.

Untuk mengetahui termasuk Hewan Pembawa Wabah Berbahaya mana yang patut kamu waspadai, berikut ini ulasan dan penjelasannya.

Daftar Hewan Pembawa Wabah Berbahaya

Hewan di bawah ini termasuk dalam kategori hewan yang memiliki virus cukup menular bagi manusia jika terkena air liur, feses atau sentuhan.

1. Anjing

Anjing memang menjadi hewan peliharaan dan juga penjaga bagi banyak orang. Namun siapa sangka anjing juga memiliki virus yang bisa berbahaya bagi kesehatan manusia atau pemiliknya jika kondisi anjing tidak sehat. Anjing menjadi penyebab utama dari penyakit rabies atau yang disebut sebagai penyakit anjing gila. Sebenarnya virus tersebut yaitu virus RABV yang dibawanya. Siapa pun yang tergigit oleh anjing dengan RABV pasti akan terinfeksi rabies. Tentu saja penyakit terbilang sangat mematikan karena virus menyerang sistem saraf pusat pada manusia yang tergigit.

Baca juga: perbedaan virus dan bakteri beserta bahayanya yang wajib diketahui

2. Kucing

Berikutnya ada hewan kucing, kucing memang hewan lucu meggemaskan. Siapa yang tidak menyukai hewan satu ini, namun dibalik kelucuannya ternyata ada virus yang cukup berbahaya juga bagi kesehatan manusia yaitu Toxoplasma gondii. Biasanya, penyakit yang disebarkan oleh kucing yaitu melalui kotoran kucing. Virus ini mampu menyerang otot, sistem saraf, jantung, paru-paru, dan mata. Wanita hamil menjadi kelompok yang paling rentan oleh virus ini. Dan dianjurkan untuk tidak bersentuhan langsung selama kucing dalam kondisi sakit. 

3. Unta

Lalu hewan pembawa wabah berbahaya berikutnya yaitu unta. Siapa yang menyangka hewan satu ini juga memiliki virus yang berbahaya, hewan yang terbilang cukup lucu juga sering dijadikan sebagai transportasi gurun. Unta dianggap membawa virus yaitu MERS yang mirip dengan virus corona saat ini. Efek yang ditimbulkan pada manusia akan sama, yaitu gangguan pada pernapasan. Orang yang melakukan seperti kontak langsung, memakan daging, atau meminum susu dari unta bisa terinfeksi.

Baca juga: teknologi canggih yang terinspirasi dari binatang

4. Kelelawar

Kelelawar di beberapa kota dan negara memang dijadikan sebagian santapan masakan yang cukup lezat rasanya. Namun, dibalik kenikmatan rasa tentu ada penyakit yang timbul akibat mengkonsumsi atau terkena langsung hewan ini. Kelelawar dianggap membawa virus seperti corona dan juga sars. Kelelawar juga menjadi salah satu hewan penyebar virus Ebola yang cukup mematikan. Sehingga perlu diwaspadai apabila masih ada orang yang suka mengkonsumsi hewan nokturnal ini.

5. Babi

Babi juga menjadi salah satu hewan yang dianggap membawa virus, beberapa tahun lalu dunia digemparkan dengan virus mematikan yaitu swine flu atau H1N1. Umumnya infeksi akibat virus ini akan menimbulkan gejala seperti demam, depresi, tidak nafsu makan, bersin, sampai tidak bisa mengkonsumsi makanan yang diberikan. Hal ini berlaku apabila virus sudah masuk pada tubuh manusia yang terinfeksi. Virus ini menjadi wabah kala itu yang ditakutkan banyak orang.

6. Monyet

Hewan pembawa wabah berbahaya lainnya adalah monyet. Monyet dianggap membawa jenis virus yang dinamakan Monkeypox virus (MPXV). Virus ini umumnya banyak menyebar dari hewan pada manusia. Selain disebarkan oleh monyet, virus jenis ini juga bisa ditemukan pada hewan seperti tikus liar, tupai, dan juga kelinci. Selain virus ini, virus lain yang ada pada monyet yaitu Rabies. Apabila monyet terinfeksi virus rabies dan menggigit manusia, maka manusia tersebut akan terinfeksi virus yang sama.

7. Nyamuk

Nyamuk dikenal sebagai hewan penghisap darah, akibat dari gigitan nyamuk inilah yang membawa kepada jenis virus yang cukup mematikan jika tidak segera diobati. Dalam dunia medis ada setidaknya puluhan penyakit yang disebarkan melalui gigitan nyamuk pada manusia. Beberapa di antaranya yaitu:

  • Zika yang disebabkan oleh Zika virus (ZIKV), penyakit yang bisa menyebabkan cacat lahir pada bayi dan pernah menjadi penyakit mematikan didunia.
  • Demam berdarah yang disebabkan oleh Dengue virus (DENV), sangat mudah menyebar dan mewabah, khususnya di daerah dengan itensitas hujan tinggi.
  • Virus west nile yang bisa menyebabkan komplikasi yang berbahaya, seperti meningitis.
  • Yellow fever yang disebabkan oleh flavivirus, dimana orang yang terinfeksi akan mengalami penguningan pada kulitnya.
  • Chikungunya dengan gejala demam dan sakit pada sendi yang disebabkan oleh nyamuk Chikungunya virus (CHIKV).

8. Unggas

Masih ingatkah dengan virus flu burung?, beberapa waktu lalu virus ini menjadi wabah yang menakutkan bagi sebagian orang. Virus ini dibawa oleh hewan unggas baik itu ayam dan juga burung. Penyakit yang disebabkan oleh virus H5N1 atau yang dikenal sebagai avian influenza. Orang yang melakukan kontak langsung, membersihkan kandang, dan mengkonsumsi dagingnya jika tidak dimasak dengan benar berisiko tinggi untuk terinfeksi virus ini. Saat virus masuk ke dalam tubuh manusia, virus akan bermutasi dan menyebabkan gejala flu. Dan fatal akibatnya jika tidak segera diobati dengan tepat.

Karena itu penting untuk tetap mewaspadai daftar hewan di atas jika ditemukan kondisi hewan tidak sehat atau jika tergigit atau bersentuhan. Dengan demikian semoga uraian mengenai 8 Hewan Pembawa Wabah Berbahaya Wajib Diketahui menjadi manfaat.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close